1/12/2016

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Serta Bahayanya

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Serta Bahayanya


Firdaus45.com - Buah Stroberi memang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena jumlah kandungan gizi buah  stroberi yang sangat melimpah. Selain bermanfaat bagi kecantikan, buah stroberi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Namun tidak semua orang mengetahui akan manfaat yang didapatkan dari buah strobery tersebut.

Sejak zaman Romawi kuno buah stroberi ini telah populer dan dimanfaatkan untuk berbagai tujuan pengobatan alternatif seperti mengurangi maupun mencegah peradangan, demam, batu ginjal, bau mulut, asam urat dan beberapa jenis penyakit lainnya.



Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari buah strawberry diantaranya yaitu:

1. Mencegah timbulnya penyakit hipertensi

Selain manfaat buah pisang, buah stroberi juga dikenal banyak mengandung senyawa kalium dalam jumlah yang berlimpah. Sehingga buah strawberry tersebut sangat cocok untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Kalium dapat berperan untuk  menormalkan kadar natrium dalam organ tubuh. Kekurangan jumlah asupan kadar kalium dapat mengakibatkan  resiko serangan tekanan darah tinggi. Seperti yang telah direkomendasikan jumlah asupan kalium terhadap kebutuhan harian orang dewasa sebanyak  4700 miligram.

Baca juga: Pencegahan hipertensi

2. Mengatasi masalah alergi dan penyakit asma

Mengkonsumsi buah strobery secara rutin dan teratur mampu memberikan efek anti inflamasi serta masalah penyakit asma. Hal ini merupakan peran dari senyawa quercetin dan kandungan vitamin C pada buah yang memiliki warna merah merona tersebut. Selain itu, buah stroberi juga dapat berperan untuk membantu meringankan gejala alergi termasuk hidung meler, mata berair dan gatal-gatal diseluruh badan.

3. Mengontrol kadar gula dalam darah 

Indeks glikemik yang terdapat dalam buah stroberi terbilang sangat rendah serta memiliki serat tinggi. Zat-zat tersebut dapat bermanfaat untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Sehingga kadar gula darah tidak akan mengalami peningkatan atau penurunan secara ekstrim.

Seperti hasil dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli  menyatakan bahwa, memakan buah stroberi sebanyak sekitar 37 buah dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi masalah komplikasi penyakit diabetes seperti penyakit gagal ginjal dan neuropati. Hasil dari sebuah penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid mampu mendukung kelangsungan hidup neuron tumbuh, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Buah stroberi kaya akan jumlah kandungan air dan tinggi serat seperti yang terdapat pada buah anggur, buah semangka dan buah melon. Jenis buah yang kaya serat dan jumlah air dapat berperan untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan zat sisa makanan yang dalam sistem pencernaan. Selain itu, kandungan serat alami buah stroberry juga dapat meminimalisir masalah penyakit sembelit.

5. Mencegah penyakit stroke

Kandungan zat antioksidan yang berupa quercetin, kaempferol, dan antosianin dalam buah stroberi telah terbukti mampu mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan masalah penyakit stroke. Selain itu zat kalium yang terkandung dalam buah stroberi juga dapat berperan untuk mencegah timbulnya resiko penyakit stroke.

6. Mencegah penyakit kanker

Mengkonsumsi buah stroberi mampu memberikan manfaat yang positi bagi kesehatan tubuh. Seperti yang telah disebutkan di atas, buah stroberi kaya akan zat antioksidan, yang mampu bekerja untuk melawan serangan radikal bebas dalam tubuh. Terjadinya penumpukan radikal bebas yang tidak dikendalikan sejak dini dapat mengakibatkan pertumbuhan sel kaker serta jenis-jenis penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat Buah Strowberry untuk Gigi




Strowberry memiliki beberapa zat yang sangat bagus untuk kesehatan gigi, salah satunya adalah dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Memutihkan gigi dengan strowberry sangat mudah dilakukan, cukup dengan memakannya saja atau dengan mengoleskan atau menggosokkan buah strowberry pada area gigi yang ingin dibuat putih.

Selain itu, beberapa manfaat buah strowberry untuk kesehatan gigi diantaranya yaitu:

1. Mencegah Flourosis Email
Flourosis email adalah kerusakan yang terjadi pada email gigi. Kerusakan ini disebabkan karena adanya peningkatakan konsentrasi flour yang terlalu tinggi pada sekitar ameloblast yang terjadinya selama pembentukan email gigi.

Beberapa hal yang menandai terjadinya kerusakan pada email gigi atau flourosis email adalah warna gigi yang tidak lagi berwarna putih. Warna putih pada gigi menunjukkan bahwa gigi masih dalam kondisi sehat.

2. Mencegah terjadinya Karies pada Gigi
Apakah Anda pernah mendengar istilah karies gigi? Karies gigi merupakan kerusakan yang terjadi pada tulang gigi atau gigi. Karies disebabkan karena adanya aktivitas bakteri pada gigi yang berinteraksi dengan gigi atau daerah gigi yang kurang sehat.

Karies pada gigi dapat diatasi dengan menghambat laju pertumbuhan bakteri yang terdapat pada daerah gigi. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk selalu memilih pasti gigi yang mengandung anti bakteri sebagai langkah pencegahan karies pada gigi.

Buah strowberry juga dapat Anda manfaatkan sebagai anti bakteri untuk mencegah terjadinya karies pada gigi. Kandungan Katekin yang terdapat di dalam buah strowberry inilah yang dijadikan sebagai anti bakterial alami. Katekin memiliki sifat bakterisid atau suatu zat yang mampu membunuh dan juga menghancurkan bakteri yang terdapat pada gigi.

Selain itu, Katekin juga bersifat bakteriostatik atau suatu zat yang mampu menahan laju pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, buah strowberry sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan terhindar dari karies.

Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil




Buah strawberry merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan juga kesehatan janin agar tetap terjaga sampai proses persalinan tiba.

Selain itu, beberap manfaat strawberry untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Memiliki kandungan asam folat yang banyak
Seperti kita ketahui bahwa asam folat merupakan salah satu vitamin penting yang harus dipenuhi oleh ibu hamil selama masa kehamilan.

Setidaknya 8 buah strawberry pada pagi hari sudah setara dengan 7,5% kebutuhan asam folat harian dari total 400 mikrogram.

Beberapa manfaat asam folat bagi ibu hamil yaitu:
  1.  Membantu pembentukan sel darah merah bagi perkembangan janin.
  2. Membantu perkembangan sistem syaraf
  3. Membantu bayi agar terhindar dari lahir cacat
  4. Menghindarkan bayi terlahir dengan cacat tabung syaraf

Dari hasil penelitian, banyak dijumpai bayi terlahir cacat atau memiliki kekurangan tertentu akibat dari kekurangan asam folat.

Jadi sudah sepantasnya bagi ibu hamil untuk terus memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan, salah satunya yaitu pemenuhan asam folat.

Tidak hanya buah strawberry saja mengandung asam folat tinggi. Beberapa buah dan sayur lain juga memiliki kandungan asam folat yang sangat baik bila dikonsumsi selama kehamilan. Seperti bayam, brokoli, selada, pisang, melon, kacang polong dan banyak lagi.Selengkapnya baca pada artikel makanan yang mengandung asam folat

2. Membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit
Selama masa kehamilan tentu anda harus berhati-hati supaya terhindar dari gangguan kehamilan. Beragam penyakit bisa datang darimana saja termasuk dari radikal bebas. Radikal bebas bukan hanya menjadi penyebab datangnya penyakit ringan semata melainkan juga jenis penyakit yang berat hingga penyakit penyebab kematian layaknya kanker. Buah strawberry mengandung antioksidan tinggi yang membantu menjaga kesehatan ibu serta janin yang dikandung dari serangan radikal bebas.

3. Mencegah berat badan berlebih pada janin
Buah strawberry mampu menjaga kestabilan berat badan tubuh. Buah yang satu ini cocok bagi yang tengah berdiet atau bagi anda yang ingin meningkatkan nafsu makan. Buah strawberry bagus untuk mencegah berat badan yang berlebih bagi perkembangan bayi yang sedang dikandung.

4. Mencegah anemia pada ibu hamil
Buah strawberry memiliki peran pula terhadap pencegahan anemia.

Buah strawberry memiliki kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil, yang mampu membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Anemia atau kekurangan darah merah umumnya menjadi alasan kenapa seorang ibu hamil mudah merasa capek dan pusing.

5. Mengatasi gangguan morning sickness
Pada masa kehamilan, ibu hamil akan sering merasakan yang namanya mual hingga muntah di pagi hari. Mual dan muntah ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh sang ibu karena adanya pertumbuhan baru di rahimnya. Buah strawberry dapat mengurangi dampak morning sickness juga mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tangan serta kaki wanita hamil.

Dalam mengatasi morning sickness, anda juga bisa mengkonsumsi buah semangka atau minum air rebusan jahe. Cara lain dalam mengatasi kebiasaan mual hingga muntah adalah dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain itu, ada baiknya jika anda menghindari makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi, nangka, kol dan durian. Makanan yang banyak mengandung gas membuat perut terasa mudah penuh dan menyebabkan mual.

Pentingnya mengatur pola makan dan gizi ibu hamil, ternyata berpengaruh juga dalam menghindarkan ibu hamil dari mual dan muntah. Makan sedikit namun sering sangat dianjurkan dibandingkan dengan cara makan yang banyak dan dalam sekali waktu.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Strawberry Yang Berlebihan

Buah strawberry, walaupun memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebian justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Apapun yangg dilakukan secara berlebihan hasilnya memang berdampak buruk.

Saat ,mengkonsumsi obat beta blocker tidak disarankan bersamaan mengkonsumsi buah stroberi yang berlebihan. Beta blocker merupakan jenis obat yang paling sering diresepkan bagi penderita penyakit jantung, yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kalium dalam darah.

Jenis-jenis makanan yang banyak mengandung kalium tinggi  tidak boleh dikonsumsi saat sedang menggunakan obat beta blocker. Hal tersebut akan membahayakan kesehatan yang lebih serius.

Mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu banyak mengandung  kalium secara berlebihan,dapat membahayakan gangguan fungsi ginjal. Apabila organ ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dalam darah, akan menjadi penyebab timbulnya penyakit berbahaya.

Demikian manfaat dan bahayanya buah stroberi bagi kehidupan manusia. Semoga dapat bermanfaat. Pada intinya mengkonsumsi jenis buah-buahan jika dilakukan secara teratur akan memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh