1/01/2016

Mau tahu? Indahnya Pesona Pantai Indonesia Serasa di Negara Mesir

Indonesia memliki bermacam-macam pantai yang sangat luas. Setiap pantai memilki pesona keindahan dan keunikan tersendiri, salah satunya adalah pantai klayar yang ada di Pacitan. Keindahan wisata alam pantai klayar sangat mengagumkan para wisatawan.



Saat berkunjung di kawasan wisata pantai klayar bagaikan berada di negara mesir. Ditepi pantai klayar terdapat karang raksasa bagaikan patung Sphinx yang ada di Mesir.

Selain itu, hamparan pasir putih yang sangat luas, adanya air mancur alami yang menyembur hingga ketinggian 10 meter, serta batu karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera yang sangat menawan menjadi keunikan pantai ini.



Pantai ini sangat cocok menjadi tujuan wisata bersama keluarga maupun teman-teman. Backgraound yang ada disekitar pantai klayar sangat bagus untuk diabadikan.

Pantai Klayar merupakan salah satu jenis kawasan wisata pantai di Jawa Timur yang sangat menyejukkan para pengunjung. Popularitas kawasaan wisata pantai pantai klayar juga tidak kalah dengan Goa Gong di Pacitan atau Pantai Teleng Ria. Secara umum  kalangan masyarakat Jawa Timur sudah banyak yang mengenalnya dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang sangat menarik.



Keindahan pesona panorama pantai Klayar yang sangat mengagumkan ini, dapat dijadikan daftar referensi kunjungan wisata. Pengunjung pantai yang satu ini tidak hanya dari kalangan domestik, melainkan banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong untuk menikmati indahnya pemandangan pantai tersebut.



Perjalanan untuk menuju kawasan wisata pantai klayar terbilang sangat menantang. Dimana jalan yang dilalui untuk mencapai kawasan pantai tersebut berkelok naik-turun. Jadi pengunung yang menggunakan sepeda motor diharap berhati-hati.

Pantai yang memilki keindahan yang sangat luar biasa ini merupakan kawasan wisata tervavorit penduduk setempat. Seiring berjalannya waktu kawasan wisata pantai klayar semakin ngetrend.



Selain mirip kawasan wisata yang ada di negara mesir, bentuk karang yang ada disetiap tepi pantai klayar  juga menyerupai tempat wisata Tanah Lot di Bali. Keindahan karang raksasa serta semburan air dari dalam lapisan bebatuan sangat menawan yang memiliki ketinggian hingga 10 meter.

Keunikan lainnya yang dapat dijumpai oleh setiap pengunjung kawasan pantai Klayar  berupa seruling samudra. Fenomena seruling samudera ini merupakan bunyi mirip seruling hasil dari semburan air laut yang terdapat dicekungan pada bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai.

Para wisatawan saat berada ditepi pantai Klayar harus lebih berhati-hati. Karena terjangan ombak pantai klayar terbilang sangat besar serta memiliki banyak tebing. Tebing-tebing tersebut sangat besar dan menjulang dengan ketinggian hingga mencapai  50 meter.



Tebing karang tersebut merupakan salah satu gugusan karang yang ada di kawasan wisata pantai Klayar Pacitan yang memiliki panorama sangat eksotis.

Sambil menunggu indahnya panorama matahari terbenam, pengunjung juga dapat menikmati minuman es legen yang ada disekitar kawasan wisata pantai klayar. Keindahan pantai klayar memang sangat memukau.



Namun, untuk mencapai kawasan wisata pantai klayar pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor maupun mobil atau menyewa dari agen travel. Karena saat ini, belum tersedia jenis angkutan umum yang jadikan alat transportasi untuk menuju kawasan wisata pantai klayar.



Secara administratif, letak kawasan wisata pantai Klayar berada didaerah Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Pacitan sekitar 40 km,  waktu perjalanan  yang dapat ditempuh selama sekitar 1 jam. Hal yang paling menarik, lokasi wisata pantai Klayar sangat dekat dengan lokasi wisata Goa Gong. Jarak antara kedua tempat wisata tersebut sekitar 12 km

Rute Perjalanan Menuju Kawasan Wisata Pantai Klayar Pacitan

- Perjalanan dari arah Jogjakarta, untuk menuju pantai Klayar dapat melalui rute alernatif daerah Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang akan dilalui adalah Pathuk – kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur – Punung – Pantai Klayar.

- Perjalanan dari arah Solo, untuk menuju pantai Klayar dapat melalui rute alernatif daerah Kecamatan Pracimantoro, lalu setelah tiba didaerah pertigaan Giribelah, berbelok menuju kearah kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, untuk menuju Pantai Klayar tinggal meneruskan perjalanan selama kurang-lebih sekitar 1 jam.

Untuk lebih jelasnya untuk menemukan Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur  Dapat diakses pada titik Koordinat GPS: -8.223808,110.947473.

Peta Lokasi Pantai Klayar :

Artikel Menarik Lainnya