1/05/2016

Kawasan Wisata Alam Kawah Ijen Yang Penuh Eksotis

Wisatawan yang memiliki nyali berpetualang, tentunya tidak ingin meninggalkan keindahannya pesona kawah ijen ini. Kawasan wisata kawah ijen terbilang sangat cocok untuk dijadikan tujuan utama para petualang dunia.

Keindahan pesona alam kawah ijen sangat mempesona terutama pemandangan dari blue fire-nya. Pada saat malam hari lokasi wisata alam ini bagaikan surganya para wisatawan. Keindahan alam yang sangat indah mempesona ini juga dapat diabadikan oleh para fotografer.

Kawah Ijen atau Gunung Ijen merupakan tergolong dari salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Ketinggian Gunung ijen ini hingga mencapai 2.443 m dari atas permukaan laut (dpl). Serta diselimuti dinding kaldera setinggi 300-500 m.

Gunung Ijen pernah terjadi ledakan telah sebanyak 4 kali pada tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Namun sampai sekarang kawah ijen ini masih aktif. yang menjadikan daya tarik para pengunjung.


Kawasan Gunung Ijen ini merupakan satu komplek gunung berapi yang terletak di tiga kabupaten yang berbeda yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Di kawasan gunung berapi ini, hingga saat ini  dijadikan tempat pertambangan belerang. Adanya belerang pada gunung ijen tersebut, mengindikasikan gunung ijen tersebut masih aktif dan beraktifitas. Para wisatawan saat berada di kawasan kawah Ijen dapat menyaksikan para penambang yang mondar mandir dengan sebongkah belerang.


Namun pengunjung saat berada dilokasi kawah ijen harus lebih berhati-hati, karena jalanan yang curam banyak dipenuhi oleh gas beracun yang dapat membahayakan sistem pernapasan. Apalagi saat gas belereng tersebut sangat pekat.

Pusat danau kawah yang terbesar di dunia ada pada Gunung Ijen tersebut. Gunung ijen mampu memproduksi 36 juta meter kubik hidrogen klorida dan belerang dengan luas wilayah sekitar 5.466 hektar serta memiliki kedalaman danau belerang hingga 200 meter.

Keindahan danau belerang yang sangat luar biasa memilki tingkat bahaya yang tinggi, sehingga para pengunjung disarankan penuh berhati-hati. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian bahkan jari manusia.

Rute Perjalan Untuk Menuju Kawasan Wisata Gunung Ijen

Kawasan wisata Kawah Ijen dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu dari arah selatan dan arah utara. Sehingga para petualang tinggal memilih jalur mana yang menjadi pilihan tepat untuk mencapai puncak gunung tersebut.

Dari arah selatan, Jalur yang dilalui melewati Banyuwangi menuju Licin dengan jarak tempuh sekitar 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan mobil Jeep atau mobil berat lainnya dengan jarak 6 Km.  Namun jalan untuk menuju kawasan kawa ijen jalannya cukup menantang yakni menanjak dan berkelok.

Sedangkan untuk menempuh  kawasan kawah ijen dari jalur utara, melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jarak tempuh dari Situbondo menuju Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditempuh dengan membutuhkan waktu selama sekitar 2,5 jam perjalanan.

Untuk lebih jelasnya para wisatawan dapat ,memanfaatkan aplikasi google maps. Kawasan kawah ijen sudah tercantum dalam google maps yang disertai nama-nama jalan yang dilaluinya.

Peta Lokasi Gunung Ijen

Artikel Menarik Lainnya