1/03/2016

Indahnya Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang Penuh dengan Misteri

Firdaus45 - Traveling. Pantai Pulau Merah merupakan kawasan wisata pantai yang ada di kota Banyuwangi. Pantai pulau merah banyuwangi ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Pantai Pulau Merah ini juga merupakan tempat tujuan untuk berselacar para wisatawan petualang. Namun ombak yang ada dipantai ini tidak sehebat dengan pantai plengkung banyuwangi. Pengelola kawasan wisata Pantai Pulau Merah pada saat ini adalah Perum Perhutani II Jawa Timur.

Pantai Pulau Merah, sering disebut oleh masyarakat lokal  sebagai Pulo Merah. Dikatakan dengan pantai pulau merah ini dikarenakan pasir yang berada disepanjang pantai saat musim kemarau terlihat agak kemerahan. Namun saat musim penghujan hamparan pasir berwarna putih agak kecoklatan

Keunikan dari pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah adanya pemandangan sebuah bukit kecil yang terletak idak begitu jauh dari bibir pantai. Ketinggian bukit tersebut sekitar 200 meter, banyak pemandangan tumbuhan hijau yang menyelimuti Bukit tersebut sehingga menimbulkan panorama yang alami.


Saat air laut sedang surut, pengunjung dapat menaiki bukit tersebut untuk berfoto ria sambil melihat luasnya air laut, serta menikmati keindahan bebatuan karang yang ada di sekitar bukit kecil ini. Selain itu, tempat ibadah umat Hindu juga ikut meramaikan suasana sekitar pantai. Tempat ibadah umat Hindu ini biasa digunakan untuk upacara ritual Mekiyis.

Dikawasan wisata pantai pulau merah ini banyak menyimpan sebuah kisah misteri. Banyak kisah mistis dan mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Sebuah misteri yang masih menjadi sebuah teka-teki bukit kecil tersebut mengeluarkan pancaran cahaya yang berwarna merah, sehingga  pantai tersebut sampai saat ini dinamakan sebagai Pantai Pulau Merah.

Menurut keyakinan banyak pihak, Pantai Pulau Merah terdapat kandungan emas. Menurut mitos yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat setempat, disekitar lokasi panatai pulau merah terdapat sebuah paku bumi yang dapat ditemukan dalam gunung yang terletak di seberang pantai tersebut.

Menurut sebuah kisah mitos lainnya adalah jika para pengunjung yang memasuki sebuah goa yang berada di Pulau Merah, dipercaya akan memperoleh rezeki yang berlimpah.(katanya, ini hanya sebuah mitos)

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi ini sangat cocok dijadikan sebuah tujuan wisata bersama keluarga mau[uij sahabat. Pantai Pulau Merah ini juga cukup terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur. Keindahan panorama pantai pulau merah sangat khas. Pengunjung dapat menikmati indahnya matahari terbenam dan semilirnya angin pantai serta mengabadikan momen dengan berfoto ria, bermain pasir dan lain sebagainya.

Harga tiket untuk memasuki kawasan wisata pantai pulau merah ini sangat murah meriah, setiap orang hanya dikenakan tarif sebesar Rp 2.500. Tentunya dengan harga yang sangat murah meriah membuat para pengunjung tidak akan merasa bosan.

Pengunjung kawasan wisata pantai pulau merah bukan hanya wisatawan domestik, melainkan banyak wisatawan mancanegara yang ingin menikmati susana pantai. Selain itu, pantai pulau merah juga menjadi tujuan untuk berselancar selain pantai plengkung. Namun ombak yang ada di pantai pulau merah tidak kalah dengan pantai plengkung.


Tingginya gulungan ombak laut ini dapat ditemui pada bulan April – Mei hingga September – Desember.  Ketinggian ombak laut pantai pulau merah berkisar 4 hingga 5 meter.

Hotel Disekitar Kawasan Wisata Pantai Pulau Merah

Kawasan wisata pantai merah saat ini sudah didukung oleh beberapa hotel untuk penginapan para wisatawan. Biaya penginapan pada sejumlah hotel dekat Pantai Pulau Merah terbilang sangat terjangkau. Selain hotel, masih banyak pendukung lainnya berupa guest house ataupun  homestay yang dapat dijadikan pilihan oleh para wisatawan.

Rute Perjalanan ke Pantai Pulau Merah

Jarak tempuh dari kota Banyuwangi untuk menuju Kawasan Wisata Pantai Pulau Merah sekitar 80 km. Waktu tempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, selama hingga sampai 2,5 jam. Para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi juga akan terbantu dengan adanya rambu-rambu penunjuk arah menuju pantai pulau merah di sepanjang perjalanan.

Pantai Pulau merah terletak didaerah Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.
Dengan titik Koordinat GPS: -8.596576,114.027416
Peta Lokasi :



Loading...

Artikel Menarik Lainnya