1/02/2016

Indahnya Pantai Plengkung Banyuwangi, Surganya Para Petualang Dunia

Firdaus45 - Traveling. Pantai plengkung merupakan salah satu kawasan wisata laut yang menjadi surganya para selancar dunia. Pantai plengkung termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi pantai plengkung terletak tepat di sebelah tenggara Pulau Jawa, yang berhadapan secara langsung dengan Samudera Hindia.
Pantai yang menjadi tujuan wisata para peselancar ini dikenal dengan nama G-land. Arti penamaan huruf G dari kata G-land ini merupakan GRAJAGAN. Grajagan ini merupakan sebuah nama teluk yang terletak persis di sebelah barat pantai plengkung tersebut.

Topografi wilayah Pantai Plengkung tersebut dikelilingi oleh hutan tropis sehingga  menimbulkan keindahan yang alami. Para wisatawan domestik maupun mancanegara selain menikmati indahnya pantai plengkung, juga dapat mengunjungi Pantai Pulau Merah. Pantai pulau merah juga termasuk salah satu pantai terkenal yang ada di Banyuwangi.


Pantai plengkung memiliki gulungan ombak yang sangat memukau. Ombak yang ada di pantai plengkung termasuk salah satu  ombak terbesar di dunia. Dengan kondisi ombak yang sangat tinggi, besar, dan memanjang itulah yang menjadikan surga para petualang selancar dunia.

Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi yang sangat dahsyat termasuk dalam jajaran “The Seven Giant Waves Wonder”, yang merupakan salah satu ombak laut terbesar di dunia. Ombak pantai plengkung dapat mencapai Ketinggian hingga 4-6 meter dengan formasi gelombang tersusun 7 gulungan.


Formasi gulungan ombak ini dapat mencapai panjang sejauh hingga 2 kilometer. Sehingga membuat para peselancar profesional memiliki ketertarikan yang sangat tinggi untuk menerjang dahsyatnya ombak Pantai Plengkung.

Di sepanjang tahun.Pantai Plengkung selalu memiliki ombak yang terus-menerus tanpa berhenti  Puncak tertinggi ombak laut terjadi pada bulan Juni, Juli, dan November. Beasarnya ombak pantai plengkung ini dapat mencapai ketinggian hingga 6 meter. Sudah lima kali Pantai Plengkung  ini dijadikan ajang untuk kegiatan surfing berskala Internasional.


Ombak laut yang ada di Pantai Plengkung terdiri dari empat tipe yakni chickens,speedies, monkey trees dan kongs. Chickens merupakan sebutan ombak yang paling kecil, sedangkan kongs merupakan sebutan dari ombak laut yang terbesar

Tempat selancar di Negara Indonesia yang paling menantang salain pantai plengkung, juga masih ada tempat lainnya yaitu Pantai Cimaja di Sukabumi, Bangko-Bangko di Lombok, dan Nias di Sumatera Utara.

Para wisatawan yang berkunjung kekawasan wisata pantai dapat menikmati indahnya panorama pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat luas, serta birunya gelombang air laut yang sangat dahsyat.

Selain itu banyak wisatawan yang berbondong-bondong dari bali melaui jalur laut untuk berselancar menaklukan dahsyatnya ombak laut. Para wisatawan ini sebagian besar berasal dari pantai Kuta Bali, untuk menuju pantai plengkung hanya menggunakan speed boat.

Lebih menariknya lagi, para pengunjung yang tidak bisa berselancar disediakan sebuah rumah panggung untuk menonton aksi yang menantang dari hebatnya para surfer yang berusaha menjinakkan dahsyatnya ombak Plengkung.

Disekitar kawasan pantai plengkung juga disediakan tempat penginapan bukan hotel, melainkan sejumlah surf camp terpopuler yaitu G-Land Surf & Resort, Joyo surf camp, dan Bobby’s surf camp. Ketiga tempat yang digunakan untuk menginap ttersebut berkonsep “back to nature” dengan standar fasilitas berskala internasional. Biaya sewa tempat penginapan tersebut terbilang sangat terjangkau.

Pertama kali berdirinya sebuah surf camp di Plengkung dibantu oleh seorang peselancar bernama Mike Boyum. Kemudian pada akhir dekade '70-an diambil alih oleh seorang peselancar asal Bali bernama Bobby Radiasa yang berdiri hingga saat ini. Seiring bertambahnya waktu kawasan wisata pantai plengkung semakin populer, G-Land Bobby's banyak menginspirasikan beridirnya surf camp yang lainnya antara lain Joyo's Surf Camp dan G-Land Surf Camp.

Rute Perjalanan ke Pantai Plengkung

Pantai Plengkung dapat ditempuh dengan transporasi darat maupun udara.  Untuk mempersingkat perjalanan akan lebih mudah menggunakan moda transportasi udara, dengan tujuan landas di Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Perjalanan selanjutnya mengambil rute menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Perjalanan dari Banyuwangi menuju kawasan wisata pantai Plengkung memerlukan waktu 1,5 – 2 jam. Untuk menuju lokasi pantai Plengkung dapat ditempuh melalui dua rute. Pengunjung tinggal memiih jalur mana yang lebih nyaman.

Rute pertama, Pengunjung melewati rute Banyuwangi – Kalipahit – Pasar Anyar – Pancur. Sesampainya di salah satu Pos Pancur, karena kondisi jalan yang tidak mulus pengunjung harus menaiki kendaraan 4-wheels drive sampai tepi pantai.

Rute Kedua, Pengunjung yang hobby berpetualang dapat menggunakan jalur darat dan laut melalui Benculuk. Jarak tempuh dari Banyuwangi menuju Benculuk sekitar 35 kilometer. Sampai di Benculuk, kemudian menuju Grajagan dan selanjutnya pengunjung harus menyewa speed boat  untuk menuju lokasi Pantai Plengkung.

Alamat Pantai Plengkung : Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Koordinat GPS berada pada titik: -8.7253683,114.3626556
Peta Lokasi :

Artikel Menarik Lainnya