1/17/2016

Sering Mandi Malam? Inilah Kemungkinan Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sering Mandi Malam? Inilah Kemungkinan Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Firdaus45.com - Mandi kalau tidak menyesuaikan waktunya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu mandi yang sering terjadi ini adalah mandi pada malam hari. Tidak semua orang menyadari akan hal ini, terkadang banyak semua orang yang tidak menghiraukan penyebab yang akan ditimbulkannya.


Mandi malam hari memang membuat tubuh meraasa segar pada saat itu juga. Namun secara jangka panjang hal semacam ini dapat membuat kesehatan mengalami berbagai macam masalah.

Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan
Beberapa masalah kesehatan yang timbul ketika sering melakukan mandi malam hari adalah sebagai berikut.

1. Mandi malam dapat menyebabkan penyakit rematik

Kebiasaan mandi pada malam hari dapat mengakibatkan serangan penyakit rematik. Penyakit reumatik termasuk jenis penyakit autoimun, yakni suatu penyakit yang kerap terjadi pada peradangan persendian. sehingga seseorang yang terserang penyakit rematik akan mengalami rasa nyeri pada tiap-tiap persendian.

Gejala yang ditimbulkan ketika terserang penyakit rematik antara lain adalah Nyeri pada persendian,
mengalami perubahan warna memerah pada sekitar persendian, timbulnya rasa panas pada  persendian, ketika pagi hari perendian terasa kaku, Melemahnya fungsi persendian.

2. Mandi malam hari dapat menyebabkan penuaan dini

Kebiasaan mandi malam dapat menimbulkan masalah penuaan dini. Karena organ tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. Jika memang terpaksa mandi pada malam hari setidaknya dicampur dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar sistem  metabolisme tubuh dapat berjalan maksimal.

3. Mandi Malam hari dapat menimbulkan penyakit paru-paru basah

Penyakit paru-paru basah dapat timbul ketika sering mandi pada malam hari. Namun secara ilmiah masalah timbulnya penyakit paru-paru basah akibat mandi belum dibuktikan. Secara biologis penyakit paru-paru basah disebabkan oleh serangan infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Gejala yang ditimbulkan bagi penderita penyakit paru-paru basah adalah telapak tangan sering berkeringat basah walaupun keadaan dingin, mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, badan sering menggigil kedinginan, mudah lelah, perut mual disertai muntah, diare, dan pusing.

4. Mandi malam hari dapat menimbulkan penyakit asam urat lebihh parah

Serangan penyakit asam urat juga dapat terjadi lebih parah akibat mandi pada malam hari. Terutama mandi pada malam hari dengan mengunakan air yang sangat dingin. Penyakit asam urat sebenarnya terjadi karena banyaknya mengkonsumsi jenis makanan yangg banyak mengandung zat purin yang berlebihan. Sehingga zat tersebut sulit untuk diuraikan oleh organ ginjal dan mengalami penumpukan kadar asam urat dalam tubuh.

Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit asam urat anatara lain adalah timbulnya rasa ngilu pada persendian, pembengkakan kulit daerah sendi dan kulit berwarna kemerahan terasa panas. Persendian yang sering terserang oleh penyakit asam urat ini anatara lain sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, serta pergelangan tangan.

5. Mandi malam hari dapat menyebabkan masuk angin

Masuk angin dapat timbul ketika sering mandi pada malam hari, terutama pada saat  suhu tubuh meningkat tinggi dan panas. Jika sedang mengalami peningkatan suhu tubuh sebaiknya tidak mandi pada malam hari.

6. Mandi malam hari dapat menimbulkan penyakit demam

Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya tidak melakukan kebiasaan mandi malam. Hal tersebut  ketika tubuh mengalami peningkatan suhu panas  jika terkena siraman air dingin pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan membuat badan terasa panas dan dingin seperti demam.

7. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot

Kebiasaan mandi pada malam hari dapat menimbulkan rasa nyeri otot. Masalah nyeri otot kerap terjadi pada orang-orang yang sering melakukan kebiasaan mandi malam. Terutama dalam jangka panjang.

Demikian beberapa dampak buruk yang terjadi ketika sering melakukan kebiasaan mandi pada malam hari. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan temukan artikel menarik lainnya.