1/25/2016

Wajib Coba! Ternyata Tape Ketan Menfaat untuk Kesehatan Anda dan Juga Dapat Menurunkan Kolesterol

Firdaus45.com – Manfaat Tape Ketan untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Dicoba. Ketan dapat dijadikan keanekaragaman jenis-jenis makanan olahan. Salah satu jenis makanan yang terbuat dari ketan yang banyak disukai oleh masyarakat adalah tape ketan.

Pasti sudah banyak masyarakat yang menggenal tape yang terbuat dari ketan tersebut. Manfaat dari tape ketan teradap kesehatan tubuh memang sangat luar biasa.

Siapa Sangka Ternyata Tape Ketan Memiliki Manfaat Turunkan Kolesterol Tinggi. Wajib Coba!!!
Sejak jaman dahulu tape ketan banyak dimanfaatkan oleh nenek moyang kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tape ketan juga sangat berlimpah dan banyak dibutuhkanoleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Beberapa zat penting yang terkandung dalam tape ketan antara lain zat besi, asam laktat dan kandungan serat alami yang jumlahnya cukup berlimpah. Dilaihat dari jumlah nutrisi yang terkandung didalamnya, sudah tentu sangat baik bagi kesehtan tubuh.

Namun dalam mengkonsumsi makanan dari tape ketan juga tidak bole secara berlebihan. Apabila melebihan dari batas kebutuhan nutrisi harian akan berdampak tidak menyehatkan tubuh.

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan Tubuh


Ada yang perlu diketahui beberapa manfaat yang sangat berlimpah ruah dari tape ketan terhahdap kesehatan tubuh adalah sebagai berikut ini.

1. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Makana yang terbuat dari bahan dasar ketan ini banyak memiliki zat penting bagi sistem metabolisme tubuh. Salah satu dari sekian banyak senyawa tersebut adalah asam laktat. Senyawa asam laktat yang terkandung dalam tape ketan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau menambah sistem kekebalan tubuh. Sehingga berbagai macam sumber penyakit yang berupaya menyerang anggota tubuh akan terusir lebi mudah.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh


Manfaat kedua dari tape ketan selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peran dari  asam laktat yang terdapat pada tape ketan yang tidak kalah penting adalah mampu menurunkankadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Sehingga tubuh tidak akan terkena dampak dari ganguan penyakit kolesterol dan organ tubuh akan terasa lebih sehat. (Baca: Kolesterol Tinggi, Tapi Hobi Ngemil? Inilah Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Kolesterol Tetap Stabil)

3. Untuk mencegah timbulnya penyakit kanker


Asam laktat yang terdapat dalam tape ketan manfaat yang didapatkan memang sangat banyak. Selain meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi penyakit kolesterol, asam laktat yang simpan dalam tape ketan, juga mampu mencegah penyebab terbentuknya sel kanker. Baik kanker serviks, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, dan lain sebagainya. Perkembangan penyakit kanker dalam tubuh memang sanga menakutkan. Saat ini jenis penyakit kanker bnayk mewabah pada kaum wanita maupun perempuan. Namun dari banyak kasus yang sering terjadi adalah pada kaum wanita. Untuk itu agar terhindar dari serangan penyakit kanker ada baiknya menbgkonsumsi tape ketan secara teratur.

4. Dapat menyembuhkan penyakit anemia


Penyakit anemia juga sering terjadi menyerang kaum wanita terutama saat masih remaja. Hal ini ada kaitannya dengan masa menstruasi yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah anemia tersebut dapat memanfaatkan tape ketan. Tape ketan dikenal banyak mengandung zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah (eritrosit). Sehingga kebutuhan sel darah merah (eritrosit) dalam tubuh tercukupi dan terhindar dari kekurangan sel darah merah penyebab penyakit anemia.

5. Untuk melancarkan sistem pencernaan


Tape ketan juga dapat bermanfaa untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena tape ketan banyak mengandung tinggi serat. Kandungan serat inilah yang memiliki peran untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga akan memberikan efek untuk mengindari terjadinya masalah sembelit.

6. Untuk mencegah penyakit ambeien


Menurut hasil dari sebuah penelitian literatur menyebutkan bahwa  tape baik yang terbuat dari bahan ketan putih maupun ketan hitam dapat berperan untuk mengobati gejala ambeien. Walaupun dalam kondisi yang sudah akut juga dapat disembuhkan. Selain itu kandungan ragi yang ada di dalam tape dapat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Untuk mengobati penyakit ambeien tersebut anya dengan cara mengonsumsi tape ketan yang sudah benar- benar masak (sangat lembek) secara rutin dan teratur, dalam sehari 3 kali.

7. Mampu menjaga kesehatan kulit


Lebih hebatnya lagi kandungan nutrisi pada tape ketan ini mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dengan mengkonsumsi tape ketan secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda akan tampak lebih cantik.

8. Manfaat Tape Ketan untuk Ibu hamil dan Ibu Menyusui

Tape ketan adalah makanan yang diproses dengan cara difermentasi. Baik ketan hitam, ketan putih ataupun ketan merah, bila dibuat tape prosesnya juga akan sama saja, melalui fermentasi. Nah, dari hasil kata kunci pencarian di internet, tidak jarang orang bertanya adakah manfaat tape ketan untuk ibu menyusui?

Dari hasil penelusuran firdaus45.com mengenai adakah manfaat tape ketan untuk ibu menyusui, mengarah pada mitos belaka. Belum ada kajian ilmiah yang membahas mengenai manfaat tape ketan untuk ibu menyusui.

Jika melihat dari proses pembuatannya, dan kita juga sering mendengar bahwa tape ketan ataupun tape singkong dijadikan sebagai bahan pembuatan alkohol. Jadi sudah barang tentu tape yang sudah dibuat cukup lama juga akan mengandung kandungan alkohol, meskipun tidak terlalu banyak.

Nah, bila ibu hamil yang mengkonsumsi tape ketan, justru akan menimbulkan beberapa masalah kehamilan seperti diantaranya:
  1. Feotal Alcohol Spectrum Disorder (FAS)
  2. Attention Defecit Hyperactive (ADH) Disorder
  3. Meningkatkan Resiko Penyakit Kuning Pada Janin
Dari beberapa sumber juga mengatakan bahwa kandungan alkohol yang ada di dalam tape ketan bila dikonsumsi akan terserap ke dalam darah dan secara otomatis juga akan masuk ke jaringan pembentukan asi. Meskipun jumlahnya kecil, akan tetapi hati bayi belum bisa mencerna alkohol seperti orang dewasa pada umumnya.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak boleh dikonsumsi. Asal dengan jumlah yang wajar atau sesekali sebagai cemilan tidak masalah.

Sekedar tips, bila ingin mengkonsumsi tape ketan, konsumsilah 2 jam sebelum ingin menyusui bayi Anda. Hal ini disebabkan karena kadar alkohol yang masuk dalam darah umumnya paling tinggi pada 30 sampai 90 menit setelah mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan alkohol.

Artikel Menarik Lainnya