1/19/2016

Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh

Inilah Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh Yang Wajib Diketahui

Khasiat Belimbing Wuluh - Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari maluku. Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan benar.

Namun manfaat dari buah belimbing wuluh, belum semua orang mengetahuinya. Sebagian besar, kaum ibu-ibu memanfaatkan buah belimbingg wuluh sebagai bumbu masakan. Jenis masakan dapur yang menggunakan bumbu pelengkap dengan buah belimbing wuluh tersebut diantaranya adalah sayur asem.
 


Kandungan Gizi Belimbing Wuluh
Buah belimbing wuluh memiliki beberapa kandungan nutrisi diantaranya adalah tanin, kalsium oksalat, asam format, saponin dan perosidase. Selain itu juga diketahui mengandung protein, serat, fosfor, zat besi, tiamin, niacin, vitamin C dan masih banyak lainnya.

Dalam 100 g belimbing wuluh mengandung

  • Energi : 32 kal
  • Karbohidrat : 7 g
  • Protein : 0.4 g
  • Vitamin C : 52 mg
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 10 mg
  • Zat Besi : 1.0 mg


Buah belimbing wuluh memiliki sifat antiseptik, kandungan jumlah vitamin C yang terdapat dalam buah yang memiliki rasa khas yang asam terbilangg cukup berlimpah. Tak heran banyak nenek moyangg kita telah memanfaatkan jenis buah belimbing sebagai obat tradisional.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah, buah belimbing wuluh banyak mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa jenis mineral yang terkandung dalam buah belimbing wuluh antara lain kalsium oksalat, sulfur, kalium sitrat, glukosid, tanin, peroksida, dan senyawa saponin,.

Dilihat dari jenis zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh, tentu saja  tanaman tersebut baik untuk kesehatan. Seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya semua dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Beberapa jenis  penyakit   yang dapat disembuhkan oleh buah belimbing wuluh tersebut yakni penyakit batuk, sakit gigi, gejala penyakit diabetes dan lain-lain.

Berikut ini beberapa manfaat dan cara penggunaannya buah belimbing wuluh untuk mengatasi masalah kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mengobati penyakit batuk

Buah belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang dapat berperan untuk mengatasi penyakit batuk.  Penyakit batuk sering menyerang kaum anak-anak bahkan kaum dewasa. Namun yang paling rentan terkena penyakit batuk adalah masa anak-anak.  Berikut ini cara mengatasi batuk dengan menggunakan ramuan dari buah belimbing wuluh.

Caranya : Siapkan buah belimbing wuluh sebanyak 3 buah, adas, gula secukupnya dan satu cangkir air bersih. Rebus semua bahan tersebut sampai  mendidih. Setelah dingin saring untuk diambil airnya dan diminum  sehari dua kali, pagi dan malam saat keadaan perut masih kosong.

Khusus untuk mengobati batuk rejan – Caranya : Gunakan sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci sampai bersih, kemudian dihaluskan dan tambahkan dua sendok air garam. Lalu saring airnya dan minum dua kali sehari.

2. Mengobati penyakit diabetes melitus / kencing manis

Zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan masalah penyakit diabetes pada tubuh. Cara mengatasi penyakit kencing manis / diabetes cukup menggunakan 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan kemudian direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring airnya dan diminum dua kali sehari secara teratur dan rutin

3. Efektif untuk mengobati sakit gigi

Senyawa antiseptik yang terkandung dalam buah belimbing wuluh dapat bermanfaat untuk membantu meredakan sakit gigi. Walaupun rasanya sangat asam namun khasiatnya sangat ampuh. Cara mengunakannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk buah belimbing dan meletakkannya pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

4. Menyembuhkan jerawat

Munculnya jerawat memang membuat seseoarang merasa tidak nyaman. Karena adanya jerawat yang menempel dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama bagi kaum wanita. Dengan demikian buah belimbing wuluh dapat dimanfaatkan untuk mengusir dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel.  zat asam yang terdapat pada buah belimbing sementara akan memberikan efek sedikit rasa perih dan sakit pada daerah kulit yang berjerawat. Namun efek dari zat antioksidan dalam buah belimbing mampu membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Mengatasi Panu

Sifat anti jamur yang dimiliki oleh buah belimbing wuluh mampu membasmi penyakit panu pada bagian tubuh. Hal ini dikarenakan penyakit panu disebabkan oleh serangan jamur yang berkembang biak pada lapisan sel kulit, Menyembuhkan panu dengan menggunakan belimbing wuluh juga tidak beitu sulit. Hanya dengan menempelkan parutan buah belimbing wuluh pada bagian kulit yang berpanu. Namun sambil sedikit digosok-gosok agar nutrisi yang terkandung didalamnya dapat meresap dengan sempurna.

6. Mencegah penyakit hipertensi

Sejak jaman dahulu atau pada jaman nenek moyang, buah belimbing wuluh dipercaya sebagai bahan obat tradisional untuk membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah, hanya dengan cara merebus 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong sebelumnya, dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih  dan tersisa menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1 kali secara ruitn dan teratur hingga tekanan darah tinggi berkurang.

Baca juga: Pencegahan hipertensi

7. Menyembuhkan penyakit sariawan

Yang terakhir manfaat yang didapatkan dari belimbing wulu adalah untuk mengobati penyakit sariawan / panas dalam. Namun mengatasi sariawan dengan menggunakan buah belimbing wuluh. Terlihat cukup ekstrim  karena rasanya cukup perih saat sariawan dioles dengan buah tersebut. Walaupun cukup perih saat proses pengobatan, tetapi hasilnya dapat sembuh cukup cepat.

Demikian beberapa manfaat yang harus diketaui dari buah belimbing wuluh, semoga dapat bermanfaat.