1/07/2016

Inilah Cara Mengatasi Gusi Bengkak Yang Patut Dicoba

Cara Mengatasi Gusi Bengkak


Firdaus45 -Tips Kesehatan. Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi gigi bengkak yang bisa dilakukan dengan mudahGusi bengkak merupakan kejadian yang paling umum sering terjadi pada kalangan anak-anak maupun dewasa. Hampir semua orang pernah merasakan gusi bengkak dan banyak yang mengeluhkan ketika terkena gusi bengkak.

Rasa sakit yang muncul membuat tidak bisa merasakan masakan yang enak. Tidak hanya itu, saat gusi bengkak juga akan muncul beberapa masalah ketika penderita gusi bengkak melakukan ciuman. Beberapa penyakit menular dapat berpindah ke orang lain akibat dari aktivitas ciuman disaat gusi sedang bermasalah atau bengkak.

Secara umum, pembengkakan gusi terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Gigi yang jarang dibersihkan akan terdapat banyak kotoran dari hasil sisa-sisa makanan disela-sela gigi. Gigi geraham yang tumbuh tidak sempurna juga dapat menyebabkan pembengkakan gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Penyebab lainnya yang dapat membuat gusi bengkak diantaranya:

Penumpukan Plak 
Plak gigi akan bertumbuk ketika orang tersebut jarang membersihkan gigi. sisa-sisa makanan yang menumpuk akan menghasilkan bakteri jahat yang terkumpul pada permukaan gigi. Jika hal ini dibiarkan, akan mengakibatkan iritasi pada gusi karena terdapat banyak bakteri di dalam gusi yang tertumpuk sisa-sisa makanan.

Kondisi semacam ini dalam dunia medis sering disebut dengan istilah gingivitis atau sebuah penyakit periodontal. Pembekakan pada gusi sendiri terjadi dikarenakan kegiatan sel darah putih yang berusaha melawan bakteri sehingga muncul cairan sisa perlawanan sel darah putih karena pada dasarnya tubuh memiliki sistem kekebalan sendiri.

Defisiensi/Kurang Vitamin C 
Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat mengakibatkan sariawan dan gusi bengkak. Gusi berdarah dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin B, asam folat, dan kalsium juga dapat menyebabkan gusi bengkak. Malnutrisi juga dapat menyebabkan gusi bengkak, jadi sangat penting untuk makan makanan sehat dan seimbang.

Virus Herpes 
Berciuman dengan pasangan yang membawa virus herpes dapat membuat Anda tertular, yang kemudian dapat menyebabkan gusi  mengalami pembengkakan. Lepuh juga muncul pada gusi dan lidah. Gusi bengkak akibat virus herpes bisa sangat menyakitkan.

Partikel Makanan Tersangkut 
Kadang-kadang partikel makanan bisa tersangkut antara gusi dan gigi, sehingga dapat menyebabkan pembengkakan di daerah tersebut. Jika partikel ini cepat disingkirkan, pembengkakan akan mereda, namun jika infeksi telah dimulai, maka perlu dirawat untuk mengurangi pembengkakan.

Penggunaan Pasta Gigi Terlalu Kuat 
Kadang-kadang pasta gigi dan obat kumur berbasis alkohol yang kuat dapat menyebabkan gusi membengkak.

Gigi Palsu Tidak Pas Pada Gusi 
Karena gigi palsu kurang pas gusi bisa membengkak. Dalam kasus seperti ini, masalah perlu dikonsultasikan dengan dokter gigi Anda. Selain itu, orang dengan tambalan gigi dan kawat gigi yang kurang baik, sering menyebabkan partikel makanan terjebak di antara gigi dan dapat mengakibatkan bakteri tumbuh.

Kehamilan 
Selama kehamilan, sirkulasi darah pada gusi meningkat, karena tingginya tingkat progesteron dan estrogen dalam darah. Hal ini menyebabkan gusi menjadi sensitif, bengkak, dan merah. Hal seperti ini juga sering terjadi selama masa pubertas.

Selain daftar penyebab di atas, ada beberapa penyebab lain seperti infeksi oleh virus atau jamur, efek samping dari obat seperti dilantin atau fenobarbital, amandel bengkak, leukemia, pertumbuhan abnormal, tumor, atau penyakit gusi yang serius lainnya.

Untuk mengobati permasalahan yang terjadi pada gusi, anda dapat melakukan beberapa hal seperti dibawah ini,

Bilas mulut dengan larutan air garam
Tambahkan satu sendok makan garam halus dalam segelas air hangat, aduk sampai tercampur rata. Kumur memakai air garam hangat ini selama beberapa menit (5 menit). Ulangi proses tradisional ini hingga beberapa kali dalam sehari sampai gusi bengkak terasa ringan.

Kumur dengan air perasan jeruk lemon
Caranya sangat mudah yaitu peras satu buah jeruk lemon ukuran jumbo ke dalam segelas air hangat, aduk rata. Anda dapat berkumur dengan larutan ini selama kurang lebih 5 menit dalam hitungan 2-3 kali sehari secara rutin hingga gusi sehat.

Membersihkan gigi dengan benang gigi
Caranya adalah gunakan benang gigi yang berfungsi membersihkan sisa makanan dari sela gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan segera akan menimbulkan gingivitis atau salah satu jenis penyakit sebagai akibat adanya gusi bengkak dan berdarah.

Mengonsumsi vitamin setiap hari
Gusi bengkak juga sering terjadi karena kekurangan asupan vitamin C, asam folat atau zat besi dimana konsumsi multivitamin ini banyak membantu tubuh Anda dalam penyediaan vitamin dan mineral yang penting sebagai penjaga kesehatan tubuh.

Memijat gusi
Cara lain untuk menyembuhkan pembengkakan gusi adalah dengan memijat lembut bagian gusi yang sakit memakai cotton buds. Lakukan pemijatan ini minimal 5 menit dalam sehari satu kali.

Pijatan juga berfungsi bagus sebagai peningkat aliran darah ke gusi, sehingga dengan lancarnya aliran darah yang masuk ke gusi dapat dapat berperan untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak tersebut.

Propolis
Caranya yaitu teteskan ekstrak propolis ke dalam mulut terutama gusi yang bengkak. Biarkan beberapa menit lalu bilas atau kumur dengan air hangat. Rutin satu kali dalam sehari selama gusi sakit.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya