1/06/2016

15 Manfaat Air Tajin Beras Merah dan Beras Putih Yang Belum Diketahui


Manfaat Air Tajin Beras Merah dan Beras Putih Yang Belum Diketahui

Firdaus45.com - Manfaat Air Tajin Beras Merah - Manfaat air tajin beras beras merah dan beras putih yang sebenarnya memiliki manfaat berlimpah ruah. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya. Walupun sama-sama berasal dari air beras, namun beras merah dan beras putih memiliki peranan yang berbeda bagi kesehatan tubuh.


Air tajin beras merah maupun beras putih sejak jaman dahulu sudah dipercaya sebagai obat penambah energi. Tidak jarang nenek moyang kita memanfaatkan air rebusan beras tersebut sebagai minuman rutin setip harinya.

Untuk itu, sebelum dibuang sia-sia alangkah baiknya kita cari tahu manfaat yang diperoleh dari air rebusan beras tersebut.  Dalam artikel ini akan membahas manfaatnya air tajin dari beras merah dan beras puti bagi kesehatan tubuh

Manfaat Air Tajin Beras Putih

1. Meningkatkan energi dalam tubuh

Air tajin beras putih memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Air rebusan beras ini dapat dijadikan untuk minuman penambah energi yang alamiah. Tidak hanya untuk kebutuhan anak-anak, namun air tajin ini dapat dijadikan minuman alternatif penambah energi bagi orang dewasa. Sehingga kalangan dewasa yang memerlukan kebutuhan energi tidak harus memilih minuman penambah energi yang ada di pasaran.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan nutrisi air tajin mampu mengatasi masalah sitem pencernaan yaitu gastroentritis dan sembelit. Gastroentritis merupakan sejenis maslah penyakit asam lambung yang berlebih atau sejenis penyakit maag. Peran dari air tajin ini dapat menormalkan atau menetralkan asam lambung yang berlebihan tersebut.

Selain itu, air tajin juga dapat mengatasi masalah sembelit yang menimpa sistem pencernaan. Masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh karena jika dibiarkan terlalu lama akan membuat tubuh semakin muda terserang berbagai macam masalah. Dengan demikian, meminum air tajin yang kental dan selagi masih hangat secara rutin dan teratur, mampu meminimalisir masalah pencernaan tersebut.

3. Mencegah timbulnya penyakit kanker

Sari beras yang terdapat dalam air tajin memiliki peran penting yang dapat mencegah munculnya kanker dalam organ tubuh. Jadi selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dapat disertai dengan tambahan  minuman dari air tajin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Baca: Terapi pencegahan dan pengobatan kanker)

4. Mencegah pikun atau alzheimer

Kesehatan otak dan syaraf-syarafnya dapat dijaga dengan memberikan nutrisi air tajin beras. Air tajin tersebut dapat dijadikan minuman alternatif bagi kalangan orang lanjut usia. Untuk meminum air tajin tersebut sebaiknya setiap pagi hari agar masalah pikun atau alzheimer dapat dihindari . Selain itu melatih aktifitas otak juga perlu dilakukan secara seimbang sehingga tidak mudah pikun. (Baca: Tanda-tanda penyakit alzheimer)

5. Mengobati penyakit panas dalam

Air tajin beras dapat berperan untuk mengobati panas dalam. Sejak jaman nenek moyang kita Air rebusan beras digunakan untuk berbagai masalah yang ditimbulkan pada saat panas dalam. jika diminum secara teratur dan rutin hasilnya akan terlihat optimal.

6. Menyembuhkan penyakit sariawan

Penyakit sariawan juga merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan  masalah panas dalam. Sudah barang tentu air tajin beras mampu meringankan penyakit sariawan. Penyakit sariawan walaupun bukan temasuk dalam jenis penyakit mematikan juga dapat mengganggu si penderita. Untuk itu sebaiknya dicegah sejak dini.

7. Meringankan sakit tenggorokan

Air tajin beras juga berkhasiat untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan merupakan jenis penyakit yang membuat seseorang kesusahan untuk menelan makanan. Terlebi makanan yang bersifat pedas.

8. Pelengkap nutrisi bayi

Air tajin beras putih dapat digunakan sebagai pengganti susu formula bayi. Pada zaman dahulu masih banyak anak-anak suku pedalaman yang diberi air tajin sebagai pelengkap nutrisi.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Selain tajin, air cucian beras juga sangat efektif untuk melembutkan dan membersihkan kulit dari berbagai kotoran, serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati sehingga mencegah penuaan dini.

Manfaat Air Tajin Beras Merah

Manfaat air tajin beras merah manfaatnya juga tidak kalah penting dari air tajin beras putih. Bahkan manfaat air tajin beras merah lebih dahsyat daripada air tajin beras putih. Nutrisi yan terdapat dalam air tajin beras merah mampu mengatasi berbagai macam maslah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari air tajin beras merah yang perlu diketahui.

1. Menghaluskan kulit wajah

Air tajin beras merah dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah unuk membuat kulit waja tampak lebihh halus dan cerah. Cara menggunakan air tajin tersebut dengan cara menambahkan campuran madu murni. Namun sebelumnya harus membersihkan wajah terlebih dahulu kemudian mengoleskan ramuan masker tersebut.

Selain itu bubuk beras jua dapat digunakan sebagai masker wajah. Hasil dari masker wjah menggunakan air tajin juga tidak jauh beda.  Zat oryzanol yang terkandung pada beras  dapat berfungsi untuk memperbarui pigmen melamin kulit serta tabir surya. Selain itu, kandungan nutrisi beras memang dapat membantu meregenerasi sel kulit yang rusak dan mati.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Air tajin juga dikenal mampu menangkal paparan sinar matahari yang terlalu terik sehingga mengurangi kerusakan akibat radiasi panas matahari. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membakar jenis kulit sensitif. Air tajin atau air cucian beras merah ternyata mampu untuk membantu mengobati kulit yang terbakar tersebut. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan mengoleskan air tajin dingin pada kulit yang terbakar. namun cara melakukan ramuan ini harus secara rutin dan teratur agar kulit bisa dapat segera sembuh.

3. Mampu Mencerahkan bibir

Memiliki bibir yang cerah  tentujnya menjadi dambaan oleh setiap wanita. Bibir yang gelap disebabkan oleh banyak faktor terntentu, misalnya merokok, obat-obatan, polusi, dan lain-lain. Bagi para wanita, yang memiliki bibir yang gelap tentu saja dapat merasa tergangu dan mengurangi rasa percaya diri. Dengan demikian mengoleskan air tajin pada bibir setiap hari secara teratur dan rutin  dapat membuat kulit bibir tampak lebih cerah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi air tajin beras merah mampu meningkatkan kesehatan jantung seseorang. Masalah penyakit jantung perlu diwaspadai sejak dini karena keterlambatan penanganan akan mengakibatkan lebih fatal. Air tajin dari beras merah dapat menjadi alternatif salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung. Air tajin dikenal banyak mengandung vitamin E dan magnesium. Kedua nutrisi tersebut tidak lepas kaitannya dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, peran yang lebih penting lagi adalah mampu mengurangi risiko terkena serangan penyakit stroke.

5. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Air tajin beras merah banyak mengandung zat pentingg yang diperlukan tubuh kecuali laktosa. Hal tersebut membuat air tajin menjadi aman untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki masala kolesterol tubuh. Dengan demikian meminum air tajin secara teratur juga dapat menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam darah.

6. Mengurangi Obesitas

Air tajin beras merah dikenal memiliki kandungan kalori rendah dan mengandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Air tajin beras merah dapat dijadikan minuman alternatif program diet untuk mengurangi berat badan.

Demikian beberapa manfaat air tajin beras merah dan beras putih yang sangat berlimpah  bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya