Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui Orang

Firdaus45 - Daun mangkukan memiliki manfaat yang sangat menakjubkan terutama bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena jumlah kandungan gizi yang melimpah didalam daun mangkukan. Gizi yang terkandung dalam daun mangkukan mampu menutrisi organ tubuh. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam daun mangkukan memiliki fungsi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sudah tahukah seperti apa daun mangkukan itu? Nah yang belum mengenal daun mangkukan, berikut ini deskripsi daun mangkukan yang perlu dikenali lebih dalam.

Daun mangkukan dikenal mirip dengan bentuk mangkuk, yaitu bagian permukaan daun mangkukan berbentuk cekung dan mampu menampung tetesan air hujan. Sehingga banyak orang menyebut jenis tumbuhan tersebut sebagai daun mangkukan.

Tumbuhan mangkokan tergolong dalam kelompok Spesies : P. scutellaria, Famili : Araliaceae,    Genus : Polyscias  Kerajaan : Plantae dan Ordo : Apiales
    



Manfaat tumbuhan mangkukan terbilang sangat melimpah. Namun dari sebagian banyak masyarakat tidak semuanya mengetahuinya. Sehingga jenis tumbuhan mangkukan hanya sekedar digunakan sebagai tanaman untuk pagar.

Karena cara memelihara tumbuhan mangkukan juga terbilang cukup mudah. Tanaman jenis mangkukan dapat tumbuh subur pada daerah beriklim tropis. Batang tumbuhan mangkukan dapat mencapai ketinggian hingga 5-6 meter. Memiliki daun yang lebat dan tumbuh subur dengan warna hijau cerah.

Tumbuhan mangkukan biasa dimanfaatkan daun dan akarnya sebagai bahan pengobatan tradisional. Daun mangkukan memiliki manfaat untuk meningkatkn dan menjaga kesehatan tubuh. Hanya sebagian orang yang mengketahui akan manfaat yang didapatkan dari daun mangkukan tersebut.

Maka dari itu dalam artikel firdaus45 akan membahas manfaat daun mangkukan bagi kesehatan tubuh. Hal ini diperlukan untuk mempermudahkan masyarakat mengetahui manfaatnya dari daun mangkukan tersebut.

Manfaat Daun Mangkukan Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat dari daun mangkukan bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui adalah sebagai berikut ini.

1. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan

Daun mangkokan merupakan salah satu jenis daun yang banyak mengandung serat alami. Serat alami yang terkandung dalam daun mangkukan dapat mememberikan peran penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan kebutuhan serat dalam tubuh yang tercukupi dapat mencegah terjadinya masalah penyakit sembelit atau kesulitan buang air besar, diare, dan juga melancarkan buang air kecil.

Cara penggunaan daun mangkokan untuk melancarkan sistem pencernaan hanya dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Yaitu dijadikan sebagai lalapan atau dengan cara diolah sebagai tumis, urap dan lainnya.

2. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi kerontokan rambut

Setiap orang tentunya akan merasa risih  apabila memiliki masalah rambut yang mudah rontok. Rambut rontok yang terjadi secara terus menerus akan mengakibatakan kebotakan yang serius. Pastinya terjadinya kebotakan akan mengurangi penampilan sehingga membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Dengan demikian daun mangkokan dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan. Cara penggunaannya juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengatasi rambut rontok dengan menggunakan daun mangkokan :

  1. Siapkan 4 – 5 lembar daun mangkokan, yang telah cuci hingga bersih
  2. Parut daun mangkukan tersebut dan tambahkan minyak kelapa murni atau minyak blondo secukupnya
  3. Aduk ramuan tersebut sampai merata
  4. Oleskan ramuan daun mangkokan tersebut pada seluruh kulit kepala secara merata.
  5. Lakukan  secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap rambut dan kulit kepala

3. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesuburan rambut

Selain dapat mencegah terjadinya kebotakan dan juga kerontokan pada rambut. Daun mangkokan juga dapat berfungsi untuk membantu menjaga dan mengoptimalkan kesuburan rambut. Memiliki rambut yang sehat dan subur tentu saja dambaan dari setiap orang.

Cara penggunaannya juga hampir sama dengan cara membuat ramuan dari daun mangkokan yang telah disebutkan sebelumnya, yang digunakan untuk mencegah kerontokan rambut.

Dengan menggunakan ramuan daun mangkokan ini, maka rambut anda akan menjadi lebih sehat, kuat dan juga berkilau. Selain itu, ramuan dari daun mangkokan juga mampu berperan untuk mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri seseoarang.

4. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka

Luka ringan akibat terjatuh atau terkena sayatan pisau juga dapat diatasi dengan menggunakan ramuan daun mangkukan. Nutrisi yang terkandung dalam daun mangkukan bersifat anti inflamasi sehingga terhindar dari infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara penggunaannya dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan, lalu dikompreskan pada bagian kulit yang terluka. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya dibalut dengan kain kasa/perban yang benar-benar steril.

5. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan

Daun mangkokan juga dapat berperan penting lainnya yakni sebagai salah satu obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit peradangan. Hal ini dikarenakan daun mangkukan memiliki zat anti inflamasi. Zat tersebut berperan sebagai anti peradangan.

Sehingga mencegah munculnya penyakit peradangan yang kerap terjadi  pada bagian organ tubuh  seperti radang tenggorokan, lambung dan juga usus. Selain itu, daun mangkokan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati dan mengatasi peradangan pada payudara wanita

6. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk  melancarkan sistem peredaan darah

Kandungan zat besi yang terdapat dalam daun mengkukan terbilang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam daun mangkukan merupakan salah satu mineral yang sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah.

Dengan sistem peredaran darah yang lancar tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena tidak akan terjadinya penyumbatan pembuluh darah serta dapat membantu mengoptimalkan dalam pengangkutan oksigen keseluruh organ-organ tubuh .

7. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk  mencegah penyakit anemia

Selain berguna untuk meningkatkan kinerja sistem peredaran darah, kandungan zat besi pada daun mangkokan, juga memiliki peran penting dalam membantu mencegah timbulnya gejala anemia. Gejala yang timbul akibat anemia atau kekurangan darah dapat berupa tubuh terasa lemas, letih, mudah  lelah, sering merasa pusing sering mengeluh sakit kepala, dan mudah  pingsan serta rentan terserang penyakit, karena daya tahan tubuh yang cenderung menurun. Dengan memanfaat kandungan zat besi dalam daun mangkukan, maka timbulnya  gejala-gejala anemia akan lebih mudah teratasi.

8. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak pernah disangka daun mangkokan ternyata banyak mengandung antioksidan. Kandungan zat antioksidan dalam daun mangkokan memiliki peran untuk mengusir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penyakit, dan juga dapat meningkatkan kekebalan dan juga daya tahan tubuh.

9. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengusir bakteri

Daun mangkokan  juga memiliki sifat anti bakteri. Sehingga daun mangkokan banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk mencegah terjadinya infeksi dan juga membantu mencegah masuknya bakteri serta kuman penyebab penyakit ke dalam tubuh.

10. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Daun mangkokan juga memiliki penting lainnya dalam menjaga kesehatan mata. Daun mangkokan memilki kandungan vitamin A yang cukuo tinggi. vitamin A diperlukan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kulit kesehatan mata anda.

Dengan terjaganya kesehatan. Sehingga resiko masalah penyakit yang berkaitan dengan mata dan kulit dapat terminimalisir. Beberapa macam gangguan pada mata antara lain seperti rabun ataupun katarak.

11. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit sariawan

Kandungan vitamin C juga dapat ditemukan pada daun mangkokan. Peran dari vitamin C bagi tubuh sangat besar, selain baik untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh kita, juga dapat membantu mencegah dan juga mengobati penyakit  sariawan.

12. Daun mangkukan dapat bermanfaat untuk mengingkatkan kesehatan tulang

Daun mangkokan juga banyak mengandung sejumlah vitamin D. Kebutuhan vitamin D dalam tubuh harus dipenuhi karena kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis pada tulang. Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin, yang dapat bekerja bersamaan dengan fosfor dan  kalsium menjaga kesehatan tulang. Sehingga kalangan oranng tua yang memerlukan kebutuhan vitamin D dapat memanfaatkan daun mangkukan.

Manfaat yang didapatkan dari daun mangkukan terhadap kesehatan walaupun sangat berlimpah. Namun sebelum menerapkan penggunaan daun mangkokan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli terdekat. Hal ini diperlukan untuk mengetahui tingkat kecocokan daun mangkokan terhadap sel-sel tubuh setiap orang. Semoga dapat bermanfaat dan temukan artikel menarik lainnya.
Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Penyebab Biang Keringat dan Cara Mengatasi Biang Keringat Dengan Mudah


Biang Keringat - Pasti semua orang sudah banyak yang mendengar tentang apa itu biang keringat. Namun ada juga diantara masyarakat yang belum mengenal apa itu  biang keringat. Untuk itu mari kita ketahui penyebab dan cara mengatasi biang keringat dengan mudah.

Biang keringat adalah sejenis benjolan berbintik-bintik atau ruam kecil berwarna merah pada kulit yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih. Biang keringat juga memiliki nama lain seperti yang sudah banyak dikenal masyarakat yakni dengan nama ruam panas.

Biang keringat, ruam panas ataupun miliaria kerap menyerang pada kulit bayi, namun bukan hanya menyerang pada kulit bayi  melainkan orang dewasa juga bisa mengalaminya.



Biang keringat pada umumnya sering terjadi pada  kondisi lingkungan yang bersuhu lembab atau saat cuaca sedang panas. Munculnya biang keringat tersebut ketika kulit setelah terkena suhu panas pada beberapa hari sebelumnya. Jadi biang keringat muncul tidak secara langsung pada saat itu juga.

Bagian kulit tubuh yang kerap terserang biang keringat adalah pada kulit bagian paha, dada, wajah, leher, dan kulit punggung. Sudah banyak kasus yang sudah sering terkena masalah penyakit

Penyakit biang keringat dapat diketahui dengan mudah bentuk gejala yang ditimbulkannya. Timbulnya biang keringat tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor tertentu. Seperti yang telah dikutip oleh Alodokter.com berikut ini beberapa gejala dan penyebab biang keringat serta cara mengatasinya.

Penyebab terjadinya biang keringat

Biang keringat diakibatkan karena terjebaknya  keringat didalam sel  kulit sehingga   kelenjar keringat tidak dapat keluar dengan sempurna dan menyebabkan kulit memerah, gatal dan panas. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menghambat kelenjar keringat tubuh, yaitu:

Iklim tropis. 

Kemunculan biang keringat bisa disebabkan oleh cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan lembab.

Kulit kepanasan.

Penggunaan pakaian yang terlalu tebal, atau tidur dengan selimut yang berlebihan dan menyebabkan kepanasan juga bisa berisiko mengalami biang keringat.

Aktivitas fisik tertentu.

Olahraga dan juga pekerjaan yang memerlukan aktivitas fisik yang berat hingga menyebabkan keluarnya banyak keringat juga bisa menyebabkan terjadinya biang keringat.

Kelenjar keringat belum berkembang.

Kasus biang keringat lebih mudah terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas, atau mengalami demam. Bayi belum memiliki kelenjar keringat yang sudah berkembang sepenuhnya dan terkadang dapat membuat keringat tertahan di balik kulit.

Tirah baring (bed rest) terlalu lama.

Bagi pasien yang diwajibkan untuk istirahat di ranjang untuk waktu yang cukup lama juga bisa mengalami biang keringat.

Gejala yang Ditimbulkan Akibat Biang Keringat

Terdapat beberapa jenis biang keringat menurut perbedaan tingkat keparahannya. Tanda dan gejala yang muncul juga bervariasi pada setiap jenisnya. Berikut ini berbagai jenis biang keringat yang perlu diketahui.

Miliaria kristalina

Miliaria kristalina merupakan jenis biang keringat yang paling ringan, yaitu hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Tanda dan gejala yang muncul adalah bintil berisi cairan berwarna jernih yang mudah pecah. Kondisi ini lebih cenderung terjadi kepada bayi dibandingkan kepada orang dewasa. Bertentangan dengan yang dipahami secara umum, biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.

Miliaria rubra

Miliaria rubra adalah jenis biang keringat yang muncul pada lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada wilayah dengan suhu yang panas atau lembap. Tanda dan gejala dari kondisi ini adalah sensasi gatal dan menyengat  disertai munculnya bintil merah. Keringat juga akan berkurang pada bagian yang terpengaruh. Kulit akan mengalami inflamasi dan terasa sakit akibat dari keringat yang tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

Miliaria pustulosa

Miliaria pustulosa.merupakan jenis biang keringat yang berasal dari perkembangan miliaria rubra yang mana bintil mengalami inflamasi dan berisi nanah. Hal ini akan membuat si penderita merasa kesakitan saat sedang berkeringat.

Miliaria profunda

Miliaria profunda adalah biang keringat jenis ini paling jarang terjadi dan berdampak pada dermis, lapisan kulit yang lebih dalam. Biang keringat jenis profunda bersifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat. Tanda-tanda yang muncul akibat kondisi ini adalah bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

Biang keringat umumnya bukan kondisi yang memerlukan penanganan medis tertentu. Kondisi ini biasanya dapat pulih dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit serta menghindari pajanan panas. Segera temui dokter jika ruam terlihat makin parah, gejala yang muncul bertahan cukup lama, atau Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi, seperti:
  1. Demam dan menggigil.
  2. Rasa sakit makin bertambah.
  3. Nanah keluar dari bintil dan benjolan ruam.
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan.

Cara Mengatasi Biang Keringat Dengan Mudah

Biang keringat walaupun bukan termasuk dalam jenis penyakit yang membahayakan namun juga sangat menggangu si penderita. Agar si penderita tidak merasa terganggu oleh penyakit biang keringat tersebut maka segera diatasi sejak dini.  Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi penyakit biang keringat pada tubuh.

Menghindari cuaca panas  berlebih dan tempat yang lembap.

Paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan dapat  membuat kulit lebih banyak berkeringat dan membuat ruam makin parah. Pastikan lebih sering berteduh atau mencari tempat dingin untuk menghindari panas. Minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Menjaga kulit tetap dingin.

Untuk menurunkan keringat dan menjaga kulit tetap dingin, berendam atau mandi bisa membantu menjadikan tubuh terasa sejuk dan menghindari keringat berlebih.

Menggunakan pakaian yang longgar.

Hindari penggunaan pakaian yang terbuat dari serat sintetis, seperti polyester atau nilon. Bahan-bahan ini lebih menyerap panas dan membuat Anda makin banyak berkeringat.

Mengonsumsi obat antihistamin.

Obat antihistamin berguna meredakan gatal-gatal pada kulit. Pastikan untuk menanyakan kepada dokter apakah cocok untuk mengonsumsi obat ini.

Penggunaan krim hidrokortison.

Krim ini sangat efektif mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal-gatal dan iritasi. Tapi jangan gunakan pada bagian wajah dan selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

Memakai losion calamine.

Lotion jenis calaminei dapat dibeli secara bebas di toko-toko obat terdekat untuk membantu meredakan kulit yang sakit atau mengalami iritasi.

Demikian tips cara mengetahui gejala dan penyebab biang keringat serta cara mengatasinya semoga dapat bermanfaat. Sebelum menggunakan bahan-bahan yang digunakan untuk mengatasi biang keringat tersebut diatas sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli kulit terdekat. Agar dapat mengetahui dosis dan kepastiannya jenis penyakit kulit tersebut. Seingga akan mendapatkan efek aman dan muda dalam mengatasinya.

Wajib Coba! Ternyata Tape Ketan Menfaat untuk Kesehatan Anda dan Juga Dapat Menurunkan Kolesterol

Firdaus45.com – Manfaat Tape Ketan untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Dicoba. Ketan dapat dijadikan keanekaragaman jenis-jenis makanan olahan. Salah satu jenis makanan yang terbuat dari ketan yang banyak disukai oleh masyarakat adalah tape ketan.

Pasti sudah banyak masyarakat yang menggenal tape yang terbuat dari ketan tersebut. Manfaat dari tape ketan teradap kesehatan tubuh memang sangat luar biasa.

Siapa Sangka Ternyata Tape Ketan Memiliki Manfaat Turunkan Kolesterol Tinggi. Wajib Coba!!!
Sejak jaman dahulu tape ketan banyak dimanfaatkan oleh nenek moyang kita dalam menjaga kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tape ketan juga sangat berlimpah dan banyak dibutuhkanoleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Beberapa zat penting yang terkandung dalam tape ketan antara lain zat besi, asam laktat dan kandungan serat alami yang jumlahnya cukup berlimpah. Dilaihat dari jumlah nutrisi yang terkandung didalamnya, sudah tentu sangat baik bagi kesehtan tubuh.

Namun dalam mengkonsumsi makanan dari tape ketan juga tidak bole secara berlebihan. Apabila melebihan dari batas kebutuhan nutrisi harian akan berdampak tidak menyehatkan tubuh.

Manfaat Tape Ketan Bagi Kesehatan Tubuh


Ada yang perlu diketahui beberapa manfaat yang sangat berlimpah ruah dari tape ketan terhahdap kesehatan tubuh adalah sebagai berikut ini.

1. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Makana yang terbuat dari bahan dasar ketan ini banyak memiliki zat penting bagi sistem metabolisme tubuh. Salah satu dari sekian banyak senyawa tersebut adalah asam laktat. Senyawa asam laktat yang terkandung dalam tape ketan dipercaya mampu meningkatkan daya tahan atau menambah sistem kekebalan tubuh. Sehingga berbagai macam sumber penyakit yang berupaya menyerang anggota tubuh akan terusir lebi mudah.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh


Manfaat kedua dari tape ketan selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Peran dari  asam laktat yang terdapat pada tape ketan yang tidak kalah penting adalah mampu menurunkankadar kolesterol jahat dalam tubuh.  Sehingga tubuh tidak akan terkena dampak dari ganguan penyakit kolesterol dan organ tubuh akan terasa lebih sehat. (Baca: Kolesterol Tinggi, Tapi Hobi Ngemil? Inilah Cara yang Dapat Anda Lakukan Agar Kolesterol Tetap Stabil)

3. Untuk mencegah timbulnya penyakit kanker


Asam laktat yang terdapat dalam tape ketan manfaat yang didapatkan memang sangat banyak. Selain meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi penyakit kolesterol, asam laktat yang simpan dalam tape ketan, juga mampu mencegah penyebab terbentuknya sel kanker. Baik kanker serviks, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, dan lain sebagainya. Perkembangan penyakit kanker dalam tubuh memang sanga menakutkan. Saat ini jenis penyakit kanker bnayk mewabah pada kaum wanita maupun perempuan. Namun dari banyak kasus yang sering terjadi adalah pada kaum wanita. Untuk itu agar terhindar dari serangan penyakit kanker ada baiknya menbgkonsumsi tape ketan secara teratur.

4. Dapat menyembuhkan penyakit anemia


Penyakit anemia juga sering terjadi menyerang kaum wanita terutama saat masih remaja. Hal ini ada kaitannya dengan masa menstruasi yang tidak sehat. Untuk mengatasi masalah anemia tersebut dapat memanfaatkan tape ketan. Tape ketan dikenal banyak mengandung zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah (eritrosit). Sehingga kebutuhan sel darah merah (eritrosit) dalam tubuh tercukupi dan terhindar dari kekurangan sel darah merah penyebab penyakit anemia.

5. Untuk melancarkan sistem pencernaan


Tape ketan juga dapat bermanfaa untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena tape ketan banyak mengandung tinggi serat. Kandungan serat inilah yang memiliki peran untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga akan memberikan efek untuk mengindari terjadinya masalah sembelit.

6. Untuk mencegah penyakit ambeien


Menurut hasil dari sebuah penelitian literatur menyebutkan bahwa  tape baik yang terbuat dari bahan ketan putih maupun ketan hitam dapat berperan untuk mengobati gejala ambeien. Walaupun dalam kondisi yang sudah akut juga dapat disembuhkan. Selain itu kandungan ragi yang ada di dalam tape dapat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan dan menyehatkan saluran pembuangan. Untuk mengobati penyakit ambeien tersebut anya dengan cara mengonsumsi tape ketan yang sudah benar- benar masak (sangat lembek) secara rutin dan teratur, dalam sehari 3 kali.

7. Mampu menjaga kesehatan kulit


Lebih hebatnya lagi kandungan nutrisi pada tape ketan ini mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dengan mengkonsumsi tape ketan secara teratur dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda akan tampak lebih cantik.

8. Manfaat Tape Ketan untuk Ibu hamil dan Ibu Menyusui

Tape ketan adalah makanan yang diproses dengan cara difermentasi. Baik ketan hitam, ketan putih ataupun ketan merah, bila dibuat tape prosesnya juga akan sama saja, melalui fermentasi. Nah, dari hasil kata kunci pencarian di internet, tidak jarang orang bertanya adakah manfaat tape ketan untuk ibu menyusui?

Dari hasil penelusuran firdaus45.com mengenai adakah manfaat tape ketan untuk ibu menyusui, mengarah pada mitos belaka. Belum ada kajian ilmiah yang membahas mengenai manfaat tape ketan untuk ibu menyusui.

Jika melihat dari proses pembuatannya, dan kita juga sering mendengar bahwa tape ketan ataupun tape singkong dijadikan sebagai bahan pembuatan alkohol. Jadi sudah barang tentu tape yang sudah dibuat cukup lama juga akan mengandung kandungan alkohol, meskipun tidak terlalu banyak.

Nah, bila ibu hamil yang mengkonsumsi tape ketan, justru akan menimbulkan beberapa masalah kehamilan seperti diantaranya:
  1. Feotal Alcohol Spectrum Disorder (FAS)
  2. Attention Defecit Hyperactive (ADH) Disorder
  3. Meningkatkan Resiko Penyakit Kuning Pada Janin
Dari beberapa sumber juga mengatakan bahwa kandungan alkohol yang ada di dalam tape ketan bila dikonsumsi akan terserap ke dalam darah dan secara otomatis juga akan masuk ke jaringan pembentukan asi. Meskipun jumlahnya kecil, akan tetapi hati bayi belum bisa mencerna alkohol seperti orang dewasa pada umumnya.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak boleh dikonsumsi. Asal dengan jumlah yang wajar atau sesekali sebagai cemilan tidak masalah.

Sekedar tips, bila ingin mengkonsumsi tape ketan, konsumsilah 2 jam sebelum ingin menyusui bayi Anda. Hal ini disebabkan karena kadar alkohol yang masuk dalam darah umumnya paling tinggi pada 30 sampai 90 menit setelah mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan alkohol.
WOW!! 10 Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh, Yang Belum Diketahui

WOW!! 10 Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh, Yang Belum Diketahui

WOW!! 10 Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh, Yang Belum Diketahui

Firdaus45.com – Kegiatan tidur ini pasti semua orang mengalaminya entah itu anak-anak, remaja maupun kalangan orang tua. Karena dengan tidur yang cukup dan teratur akan membuat kondisi kesehatan badan akan kembali segar.

Tidur juga memerlukan posisi yang benar. Hal inu bertujuan untuk mendapatkan manfaat tidur yang maksimal.

Tidur dengan posisi yang benar juga akan memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. Namun tidak semua orang meperhatikan posisi tidur.

Setiap posisi tidur yang berbeda masing-masing memiliki manfaatnya tersendiri. Tidur dengan posisi berbeda maksudnya adalah tidur posisi telentang, tengkurap, miring kekiri maupun miring kekanan.



Namun dalam artikel yang dimuat dalam laman firdaus45.com akan membahas mengenai manfaat tidur dengan posisi miring kekanan. Posisi tidur dengan kondisi miring kekanan tidak semua orang mengetahui akan manfaat yang didapatkannya.

Untuk itu, dalam artikel yang ditulis ini akan membedah satu persatu manfaat tidur miring kekanan terhadap kesehatan tubuh. Hal ini agar semua orang mengatahui manfaat yang didapatkannya. Sehingga saat tidur tidak hanya sekedar tidur, melainkan tahu akan manfaat dari posisi tidur tersebut.

Manfaat Tidur Miring Kekanan Terhadap Kesehatan Tubuh

Berikut ini adala beberapa manfaat tidur dengan posisi miring kekanan terhadap kesehatan, yang harus diketahui oleh setiap orang.

1. Mengoptimalkan Kinerja Otak Kiri

Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak kiri. Bagian otak manusia terbagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Dimana setiap bagian otak memiliki peran yang berbeda. Otak kanan berfungsi untuk mengatur pusat saraf organ tubuh  yang ada di bagian kiri, sedangkan otak kiri berfungsi untuk mengatur kinerja sistem tubuh bagian kanan.

Sebagian besar orang beraktifitas banyak yeng menggunakan organ tubuh bagian kanan, sehingga membutuhkan kerja keras dari otak kiri. Dengan demikian memposisikan tubuh saat tidur dengan miring ke kanan, mampu menyegarkan kembali syaraf-syaraf otak kiri  sehingga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah akibat pengendapan pembekuan darah serta asam sisa oksidasi dan lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan Kinerja Organ Jantung

Membiasakan diri dengan posisi tidur miring kekanan, dapat membantu organ jantung dalam mengatur sistem peredaran darah lebih merata dan lancar serta lebih berkonsentrasi mengatur aliran darah untuk menuju sebelah kanan bawah. Dengan demikian beban aliran darah untuk keluar dan masuk pada jantung secara otomatis menjadi lebih ringan dan rendah.

Tidur dengan posisi miring kekanan akan mengontrol denyut jantung lebih ringan dan mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat membantu meyehatkan organ jantung. Selain itu,  posisi tidur dengan kondisi miring kekanan juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik dan terasa lebih tenang.

3. Dapat Menyehatkan Paru-paru

Tidur dengan posisi miring kekanan kanan juga ada kaitannya dengan kesehatan paru-paru. Perlu dikatahui paru-paru terbagi menjadi dua baian kanan dan bagian kiri. Untuk sebela kanan paru-paru memiliki ukuran lebih besar daripada paru-paru yang ada di sebelah kiri. Dengan demikian  tidur posisi tubuh miring ke kanan akan meringankan kinerja organ jantung karena tidak terbebani oleh jantug bagian kanan.

4. Mengurangi Rasa Tegang pada bagian Punggung

Tidur dengan posisi miring kekanan juga dipercaya dapat membuat kondisi tubuh terasa lebih nyaman. Terutama mampu mengurani rasa tegang yang berlebihan pada bagian punggung. Hal ini dikarenakan kinerja dari jantung dalam mengatur sistem peredaran darah yang semakin lancar sehingga ketegangan yang terjadi di bagian punggung akan dapat dikurangi.

5. Menjaga Kesehatan Lambung

Organ lambung terletak pada bagian kiri, jika tidur dengan posisi miring kekanan organ lambuing tidak banyak tertekan. Sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan yang akan dilanjutkan menuju keusus melalui ujung katup lambung. Dengan demikian proses sistem pencernaan tidak mengalami perlambatan. serta resiko terbentuknya asam lambung juga dapat terminimalisir.

6. Menambah Waktu Proses Terserapnya Nutrisi

Tanpa kita sadari pergerakan usus saat sedang tidur dapat meningkat. Sehinga dengan posisi tidur miring kekanan zat makanan yang tersimpan dalam lambung lebih capat diproses dan berjalan lebih lancar dalam penyerapan nutrisi oleh usus. Denagn demikian, proses penyerapan nutrisi atau zat gizi dari makanan akan dapat terserap secara maksimal pada saat sedang tidur.

7. Melancarkan Buang Air Besar

Selain membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi, tidur dengan posisi miring ke kanan juga dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi penderita sembelit. Dengan posisi tubuh menghadap ke kanan, usus besar sigmoid yang letaknya tepat sebelum anus akan mengalami proses pengisian lebih cepat. Saat sudah penuh, maka usus besar secara otomatis akan  merangsang untuk bergerak dimana relaksasi otot anus mengikuti yang menjadikan kita lebih lancar untuk  membuang zat sisa kotoran.

8. Menyehatkan Pankreas

Aliran chime yang semakin lancar, mampu meningkatkan keluarnya cairan empedu. Selain itu, terjadinya masalahh pembentukan batu pada kantung empedu dapat dicegah dengan tidur miring kekanan. Tidak hanya itu, pengkatan produksi getah pankreas pun juga mengalami peningkatan.

9. Memberikan Efek Rileks

Dengan posisi tidur miring kekanan yang benar serta dilengkapi dengan penggunaan bantal yang tepat untuk kepala dan juga diantara kedua lutut, juga membantu meningkatkan perasaan lebih rileks. Relaksasi tersebut dapat dialami karena sendi-sendi kita mendapat dukungan baik dari posisi tidur dan bantal yang tepat sehingga rasa sakit yang misal kita rasakan pun akan berkurang.

10. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Yang terakhir, manfaat tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan juga memberikan manfaat dalam meningkatkan kebugaran tubuh. Hal ini terjadi karena organ vital dalam tubuh mengalami penigkatan sistem metabolisme . Secara otomatis efeknya akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar saat bangun.

Kondisi organ-organ tubuh terasa segar, bugar dan bersemangat maka resiko terkena masalah kesehatan juga dapat dikurangi. Demikian manfaat tidur dengan posisi miring kekanan semoga dapat bermanfaat.
Pertolongan Pertama Pada Anak Mengalami Kejang-kejang

Pertolongan Pertama Pada Anak Mengalami Kejang-kejang

Pertolongan Pertama Pada Anak Penderita Kejang-kejang


Firdaus45.com – Terkadang kaum orang tua mengalami kepanikan saat  anaknya mengalami kejang-kejang. Jika gangguan kejang-kejang telah terjadi pada anak, maka  harus ditolong dengan segera dan  tidak boleh membiarkan terlalu lama. Mengapa demikian? Jika gangguan kejang-kejang dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan pada sel otak sang anak.

Untuk itu melalui artikel ini firdaus45.com mencoba untuk memberikan informasi mengenai cara mengatasi kejang-kejang pada anak. Semoga dengan mengetahui informasi ini bisa memberikan manfaat yang berguna, sehingga anda tidak merasa panik dan kaget lagi karena telah mengetahui cara penanganannya jika anak anda mengalami kejang.



Penyakit kejang-kejang dapat terjadi secara mendadak, hal tersebut memang membuat seseoarang merasa panik. Kepanikan tersebut terutama pada seseorang yang belum mengetahui cara menanganinya.

Mungkin masih ada sebagian kaum orang tua yang belum mengetahui cara mengatasi penyakit kejang-kejang secara mendadak tersebut. Untuk itu, agar semua orang lebih tahu cara mengatasi kejang-kejang secara cepat dan tepat. Maka dalam laman firdaus45.com akan memberikan sedikit penjelasan cara menangani gangguan kejang-kejang pada anak.

Penyakit kejang-kejang yang timbul secara mendadak dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor tertentu. Dalam hal ini kaum orang tua harus lebih teliti dan berhati-hati dalam mejaga kesehatan anak. Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Jika kebutuhan nutrisi terpenuhi maka secara otomatis sistem imun tubuh juga semakin meningkat.

Meningkatnya sistem imun tubuh mampu mengusir berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang terusir adalah penyakit kejang-keang secara mendadak tersebut.

Penyebab Kejang Pada Anak


Penyakit kejang atau step diakibatkan karena daya tahan tubuh pada anak menurun. Saat daya tahan tubuh pada anak mengalami penurunan maka penyakit akan leluasa lebih mudah menyerang. Hal ini akan membuat suhu tubuh semakin meningkat drastis.

Toleransi peningkatan suhu tubuh pada anak sangat berbeda-beda, tapi kebanyakan pada range 38-40 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh mengalami peningkatan yang melewati batas toleransi maka kondisi tersebut akan kejang-kejang.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya kejang-kejang secara mendadak pada anak.
  1. Radang Tenggorokan
  2. Pilek
  3. Diare
  4. Faktor Keturunan
  5. Muntaber

Gejala yang ditimbulkan pada anak-anak yang mengalami kejang-kejang


  1. Bola akan mata melihat keatas kening.

  2. Otot-otot pada kedua tangan dan kaki menjadi kaku dan disertai gerakan kejut.

  3. Gigi antara rahang bawah dan atas terkatup.

  4. Kadang-kadang disertai dengan muntah dan nafas terhenti sejenak.

  5. Apabila sudah parah biasanya disertai dengan tidak sadarkan diri.

  6. Kejang yang terjadi biasanya hanya selama 5 menit, namun jika terjadi lebih lama dari 15 menit maka sudah termasuk membahayakan sebab dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Cara Mengatasi Kejang-kejang Pada Anak


  1. Jika terjadi hal demikian, maka orang tua jangan panik, pindahkan posisi anak ke tempat yang lebih aman dan nyaman seperti kasur ataupun lantai serta jauh dari benda-benda yang berbahaya.

  2. Melonggarkan pakaiannya ataupun melepaskan semua yang berkaitan dengan sistem pernapasan, agar tidak menghambat saluran pernafasan  pada anak.

  3. Miringkan posisi tubuh agar cairan dalam mulut dapat keluar dengan lancar dan tidak akan menghambat saluran pernafasan. Seperti yang telah diketahui penderita kejang-kejang akan mengeluarkan air liur dari mulut yang diakibatkan produksi air liur berlebih. hal ini dikarenakan syaraf yang mengatur kelenjar air liur tidak terkontrol lagi.

  4. Kompres dengan menggunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat agar sistem peredaran darahh berjalan dengan lancar. Perlu diingat, saat mengkompres tidak boleh menggunakan air dingin.

  5. Selama kejang sedang berlangsung tidak boleh memasukkan benda apapun ke dalam mulut anak termasuk memberinya obat-obatan.

  6. Gunakan obat penghilang kejang yang disarankan oleh dokter. Namun pemberian obat tersebut dimasukkan melalui lubang anus.

  7. Segera bawa anak ke dokter ahli terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh anak.

Agar tidak akan timbul masalah kesehatan yang berkaitan dengan kejang-kejang secara mendadak.  Orang tua harus memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak. Hal ini diperlukan agar sistem pertahanan tubuh tetap terjaga.
Manfaat Kunyit Putih dan Efek Samping Kunyit Putih Terhadap Kesehatan Berikut Cara Mengolahnya

Manfaat Kunyit Putih dan Efek Samping Kunyit Putih Terhadap Kesehatan Berikut Cara Mengolahnya

Manfaat Kunyit Putih dan Efek Samping Kunyit Putih Terhadap Kesehatan


Firdaus45.com – Sudah tahukah manfaat kunyit putih bagi kesehatan tubuh? Kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit putih memiliki bentuk dan daun yang sama halnya dengan kunyit kuning.

Namun rasa yang dimiliki pada kunyit putih jauh berbeda dengan kunyit kuning. Saat masih segar kunyit putih rasanya hambar, namun saat sudah dikeringkan atau sudah dalam bentuk bubuk rasanya sangat pahit.

Pohon dan Bunga Kunyit Putih

Dibalik rasa pahit yang dimiliki kunyit putih menyimpan beberapa manfaat yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi pada kunyit ptuih mampu membasmi jenis-jenis penyakit berbahaya yang menyerang anggota tubuh.

Kunyit putih sebagian besar memang banyak digunakan sebagai obat-obatan tradisional. Pada zaman terdahulu pengobatan masalah penyakit tidak lepas dengan bahan yang satu ini. Nenek  moyang kita telah lama memanfaatkan kunyit putih sebagai bahan penyembuhan.

Sangat  jarang ditemukan penggunaan kunyit putih sebagai pelengkap bumbu memasak..Walupun satu anggota dengan kunyit kuning, namun manfaatnya jauh berbeda dalam dunia dapur. Manfaat kunyit putih banyak ditemukan pada dunia kesehatan. Kunyit putih memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat berlimpah. Tentu saja hal tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meingkatkan kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih terhadap kesehatan yang harus diketahui oleh semua orang. Selain itu resep dan cara penggunaannya dalam menangani berbagai macam penyakit juga akan dibahas dalam laman firdaus45.com.

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit maag




Timbulnya penyakit maag memang membuat penderita merasa tidak nyaman dan merasa perih kesakitan. Penyakit maag diakibatkan karena kebiasaan pola makan yang tidak teratur, serta memakan jenis makanan yang memicu meningkatnya kadar asam lambung yang terlalu tinggi.  Untuk mengobatinya hal tersebut dapat menggunakan ramuan dari tananam herbal, yakni  kunyit putih.

Caranya :
  1. Sipakan Kunyit putih secukupnya
  2. Bersihkan dengan menggunakan air mengalir kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian.
  3. Rebus kunyit yang telah dipotong-potong tersebut dengan 500 cc air
  4. Tunggu beberapa saat,  sampai mendidih hingga airnya sisa separuhnya.
  5. Setelah itu saring ramuan tersebut dan tambahkan sedikit madu  kemudian minum selagi hangat.
  6. Minum 2 kali sehari, dosis 50 cc sekali minum.

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker




Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi penderita. Namun dengan doa dan usaha bukan berarti tidak bisa diatasinya. Setiap ada musibah pasti ada jalan keluarnya, yaitu salah satu jalan keluar untuk mengatasi penyakit kanker tersebut adalah dengan menggunakan kunyit putih. Jenis penyakti kanker yang kerap terjadi adalah kanker serviks dan kanker payudara.

Zat yang terkandung dalam kunyit mampu mengatasi sel kanker yang berupaya merusak sel sehat dalam tubuh. Cara mengatasi dengan kunyit putih juga tidak begitu rumit.

Caranya, kunyit putih dan beberapa bahan lain seperti keladi putih di cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum namun sebelumnya dengan menambahkan campuran madu murni.

Menurut hasil dari sebuah penelitian yang telah banyak dilakukan oleh para ahli menyatakan zat yang terkandung dalam  kunyit putih mampu mengendalikan gejala kanker serta mampu menahan peradangan dan pembengkakan jaringan tubuh. Selain itu, kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan abnormal.

Manfaat Kunyit Putih untuk Mengobati Kista


Ilustrasi Kista Ovarium

Selain bermanfaat untuk mengobati kanker, kunyit putih juga dapat mengobati kista. Tumor jinak ini memang harus segera diobati secara medis. Akan tetapi, kita bisa membantu proses pengobatan kista dengan mengandalkan bahan-bahan alami, seperti menggunakan kunyit putih.

Cara mengolah dan mengkonsumsi kunyit putih yang benar untuk kista adalah mencuci dan memotong kunyit putih, lalu menjemur kunyit putih sampai kering.

Setelah itu, rebus kunyit putih kering bersama dengan temu putih, tapak liman kering, pegangan kering, dan cakar ayam segar. Rebus semua bahan-bahan tersebut dalam 1 liter air dan biarkan sampai menjadi setengahnya. Saring air rebusan bahan-bahan alami tadi dan minumlah sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, ada beberapa manfaat kunyit putih yang laiinya yaitu:

1. Anti nyeri
Kunir putih dapat dimanfaatkan sebagai obat anti nyeri. Penggunaan kunyi putih sebagai obat analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit bergantung pada seberapa banyak Anda menggunakannya.

2. Antibakteri
Kunyit putih juga dipercaya dapat menekan jumlah mikroba yang banyak terdapat di mulut. Khasiatnya luarbiasa karena menunjukkan hasil yang sama seperti obat kumur yang beredar di pasaran.

3. Antijamur
Bila Anda bisa membuat ekstrak dari kunyit putih, Anda bisa menggunakan ekstrak tersebut untuk mengobati jamur yang tumbuh subur di sekitar tubuh Anda.

Beberapa jamur yang dapat diobat menggunakan kunyi putih diantaranya panu kadas dan kurap.

4. Antiracun
Selain untuk mengobati panu kadas dan kurap, ekstrak kunyit putih juga dapat dimanfaatkan sebagai antiracun atau penawar racun dari bisa ular. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktifitas dari racun ular.

5. Antioksidan
Minyak esensial yang terbuat dari ekstrak kunyit putih dipercaya dapat mengurangi radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh.

Kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthritis, asma, anti-rematik, dan obat diuretik.

6. Menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh
Kunyit putih yang dikonsumsi dengan benar juga akan membantu Anda menurunkan kadar gula dalam darah Anda.

7. Sebagai bahan obat untuk wanita
Mengatasi keputihan, meredakan nyeri saat haid, dan juga memperlancar haid merupakan salah satu manfaat yang diperoleh dari konsumsi kunyit putih dengan jumlah yang benar.

8. Anti-inflamasi
Tanaman ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi (peradangan atau pembengkakan).


Efek Samping dari Kunyit Putih

Kunyit putih walaupun termasuk jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Namun, juga memiliki efek samping, hanya saja jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur. Penggunaan kunyit putih secara berlebihan memang berdampak buruk pada kesehatan.

Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih yang tidak sesuai aturan atau melebihi batas yang telah dianjurkan dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. Hal ini jika terjadi secara terus-menerus dapat merusak sel darah merah seperti anemia.

Kunyit putih juga dapat berperan dalam proses penurunan gula darah dalam tubuh. Jika dikonsumsi pada orang yang memiliki kadar gula dibawah normal secara berlebihan dapat memicu kekurangan kadar gula dalam darah. Kondisi tersebut biasa terjadi,  dengan istilah hypoglycemia atau kondisi tubuh kekurangan gula darah.

Selain itu, bagi ibu hamil juga perlu berhati-hati dalam penggunaan kunyit putih. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi kunyit putih konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli kandungan terdekat. Agar tidak akan terjadi hal-hal seperti yang tidak diinginkan.

Tips Jitu Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Mata Minus Secara Alami

Tips Jitu Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Mata Minus Secara Alami

Firdaus45 - Cara mencegah mata minus yang benar merupakan keinginan setiap orang. Mata merupakan organ terpenting yang harus selalu dijaga dan diperhatikan kesehatannya. Namun, tidak semua orang dapat menjaga kesehatan mata dengan baik dan benar sehingga dapat menyebabkan terjadinya kelainan penyakit mata salah satunya mata minus.

Selain menggunakan merk obat mata terbaik, sebenarnya mengobati mata minus itu dapat dilakukan dengan cara alami dan sederhana. Ada yang perlu diingat, cara sederhana bukan berarti murahan. Banyak cara sederhana yang diperlukan untuk mengobati mata minus dengan hasil yang memuaskan.

Namun sebelum melakukan pengobatan harus mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya mata minus terlebih dahulu. Terjadinya penyakit mata minus dipengaruhi oleh banyak faktor-faktor tertentu. Faktor lingkungan, pola gaya hidup yang tidak sehat seperti makanan, kebiasaan sehari-hari dan lain-lain.


Sering membiasakan diri melihat sesuatu terlalu dekat dan terlalu jauh juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit  mata minus. Hal ini dapat terjadi karena memaksa otot mata untuk bekerja lebih keras dalam mengatur fokus mata terhadap objek.

Selain itu, berada di lingkungan yang tidak sehat seperti kurangnya pencahayaan, banyaknya debu yang berkeliaran di udara bebas, juga dapat menimbulkan mata menjadi minus.

Tips  Mencegah dan Mengurangi Penyakit Mata Minus

Agar tidak akan terkena masalah penyakit mata minus, maka diperlukan cara yang benar dalam menjaga kesehatan mata. Berikut ini tips yang harus diketahui untuk menjaga kesehatan mata terhindar dari penyakit mata minus.

  1. Perhatikan pola makan yang sehat, memenuhi kebutuhan asupan gizi dan vitamin  merupakan hal penting yang harus dipenuhi. Namun juga tidak boleh berlebihan dalam memenuhi hal tersebut.

  2. Menghindari kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran serta membaca dalam situasi gelap atau kurangnya penerangan.

  3. Menghindari Polusi udara, air serta bahan  makanan yang banyak mengandung bahan kimia seperti pengawet dan lain sebagainya.

  4. Tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

  5. Mencukupi paparan sinar matahari pagi hari.

  6. Tidak sering menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, karena radiasi gelombang televisi terlalu kuat dan dapat merusak retina.

  7. Menyesuaikan pencahayaan saat memakai monitor komputer, sehingga pencahayaan tidak terlalu cerah dan tidak terlalu redup. Saat didepan monitor komputer sesering mungkin memejamkan mata. Hal ini agar syaraf mata dapat beristirahat sesaat, walaupun hanya sebentar namun memiliki manfaat yang berlipat ganda.

    Jika terlalu sering menggunakan komputer sebaiknya pilihlah layar komputer yang radiasinya rendah seperti layar LCD (liquid crystal display). Usahakan setiap setengah jam sekali  mengalihkan pandangan  dari arah layar monitor ke arah lainnya beberapa saat.

    Selain itu, diperlukan melatih mata dengan melihat pemandangan dari jarak pandang yang jauh tanpa menggunakan kaca mata misalnya pemandangan di pantai, pegunungan, bukit atau di persawahan yang terbentang luas.
    Serta melatih mata dengan melihat obyek yang bergerak seperti saat di jalan raya, fokus pada obyek tertentu misalnya mobil yang sedang bergerak perhatikan gerakannya dengan seksama.

  8. Tidak menggunakan obat-obatan terlarang, menggunakan obat-obatan terlarang dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit mata minus. Tidak hanya itu, jenis-jenis penyakit berbahaya lainnya jua dapat menyerang kapan saja.

  9. Tidak merokok dan tidak meminum minuman keras, rokok dan minuman keras banyak mengandung racun berbahaya yang dapat merusak sel-sel sehat dalam tubuh. Terutama  merusak kesehatan syaraf mata, sehingga menimbulkan gangguan kaburnya penglihatan atau mata minus.

  10. Banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, karena jenis-jenis nabati tersebut banyak mengandung klorofil dan berbagai macam vitamin. Jenis buah-buahan dan sauran yang paling diperlukan untuk kesehatan mata adalah jenis vitamin A dan vitamin C. Peran dari kedua vitamin tersebut tidak akan lepas kaitannya dalam masalah kesehatan mata.

Tips Mengobati Penyakit Mata Minus Dengan Daun Sirih

Apabila telah terjadi atau terkena masalah penyakit mata minus dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengobati mata minus salah satunya adalah menggunakan daun sirih.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.  Jenis daun sirih tersebut dapat digunakan sebagai terapi yang sangat mudah dan praktis dalam penggunaannya.

Cara Peggunaannya

1. Siapkan empat lembar  daun sirih, kemudian cuci dengan menggunakan air dingin sampai bersih

2. Tepuk-tepuk daun sirih tersebut agar sedikit lunak

3. Tempelkan daun sirih tersebut pada kedua mata saat menjelang tidur, masing-masing mata dua lembar daun sirih yang ditumpuk.

4. Agar tidak terlepas dari mata sebaiknya ikat daun tersebut dengan menggunakan perekat atau dibalut dengan kain perban yang steril.

5. Lakukan cara penggunaan kompres daun sirih secara teratur dan rutin agar kesehatan mata lebih optimal terhindar dari penyakit mata minus.

Demikian semua tips untuk mencegah dan mengatasi penyakit mata minus / rabun semoga dapat bermanfaat. Dengan cara yang alami tentunya dapat memberikan efek yang positif.

Walaupun bersifat alami namun juga diperlukan dengan konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli mata terdekat. Agar tidak terjadi seperti hal-hal yang tidak diinginkan.
Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat dan Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Inilah Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh Yang Wajib Diketahui

Khasiat Belimbing Wuluh - Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini merupakan tanaman yang diperkirakan berasal dari maluku. Selain sebagai bahan atau bumbu masakan, tanaman ini juga memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan benar.

Namun manfaat dari buah belimbing wuluh, belum semua orang mengetahuinya. Sebagian besar, kaum ibu-ibu memanfaatkan buah belimbingg wuluh sebagai bumbu masakan. Jenis masakan dapur yang menggunakan bumbu pelengkap dengan buah belimbing wuluh tersebut diantaranya adalah sayur asem.
 


Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh memiliki beberapa kandungan nutrisi diantaranya adalah tanin, kalsium oksalat, asam format, saponin dan perosidase. Selain itu juga diketahui mengandung protein, serat, fosfor, zat besi, tiamin, niacin, vitamin C dan masih banyak lainnya.

Dalam 100 g belimbing wuluh mengandung

  • Energi : 32 kal
  • Karbohidrat : 7 g
  • Protein : 0.4 g
  • Vitamin C : 52 mg
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 10 mg
  • Zat Besi : 1.0 mg


Buah belimbing wuluh memiliki sifat antiseptik, kandungan jumlah vitamin C yang terdapat dalam buah yang memiliki rasa khas yang asam terbilangg cukup berlimpah. Tak heran banyak nenek moyangg kita telah memanfaatkan jenis buah belimbing sebagai obat tradisional.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang berlimpah, buah belimbing wuluh banyak mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa jenis mineral yang terkandung dalam buah belimbing wuluh antara lain kalsium oksalat, sulfur, kalium sitrat, glukosid, tanin, peroksida, dan senyawa saponin,.

Dilihat dari jenis zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh, tentu saja  tanaman tersebut baik untuk kesehatan. Seperti bagian daun, batang, buah, dan bunganya semua dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Beberapa jenis  penyakit   yang dapat disembuhkan oleh buah belimbing wuluh tersebut yakni penyakit batuk, sakit gigi, gejala penyakit diabetes dan lain-lain.

Berikut ini beberapa manfaat dan cara penggunaannya buah belimbing wuluh untuk mengatasi masalah kesehatan yang perlu diketahui.

1. Mengobati penyakit batuk


Buah belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang dapat berperan untuk mengatasi penyakit batuk.  Penyakit batuk sering menyerang kaum anak-anak bahkan kaum dewasa. Namun yang paling rentan terkena penyakit batuk adalah masa anak-anak.  Berikut ini cara mengatasi batuk dengan menggunakan ramuan dari buah belimbing wuluh.

Caranya : Siapkan buah belimbing wuluh sebanyak 3 buah, adas, gula secukupnya dan satu cangkir air bersih. Rebus semua bahan tersebut sampai  mendidih. Setelah dingin saring untuk diambil airnya dan diminum  sehari dua kali, pagi dan malam saat keadaan perut masih kosong.

Khusus untuk mengobati batuk rejan – Caranya : Gunakan sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci sampai bersih, kemudian dihaluskan dan tambahkan dua sendok air garam. Lalu saring airnya dan minum dua kali sehari.

2. Mengobati penyakit diabetes melitus / kencing manis

Zat yang terkandung dalam buah belimbing wuluh sangat ampuh untuk membantu menghilangkan serta menekan masalah penyakit diabetes pada tubuh. Cara mengatasi penyakit kencing manis / diabetes cukup menggunakan 6 buah belimbing wuluh yang dihaluskan kemudian direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring airnya dan diminum dua kali sehari secara teratur dan rutin

3. Efektif untuk mengobati sakit gigi

Senyawa antiseptik yang terkandung dalam buah belimbing wuluh dapat bermanfaat untuk membantu meredakan sakit gigi. Walaupun rasanya sangat asam namun khasiatnya sangat ampuh. Cara mengunakannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk buah belimbing dan meletakkannya pada bagian gigi yang sakit atau berlubang.

4. Menyembuhkan jerawat

Munculnya jerawat memang membuat seseoarang merasa tidak nyaman. Karena adanya jerawat yang menempel dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang terutama bagi kaum wanita. Dengan demikian buah belimbing wuluh dapat dimanfaatkan untuk mengusir dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel.  zat asam yang terdapat pada buah belimbing sementara akan memberikan efek sedikit rasa perih dan sakit pada daerah kulit yang berjerawat. Namun efek dari zat antioksidan dalam buah belimbing mampu membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Mengatasi Panu

Sifat anti jamur yang dimiliki oleh buah belimbing wuluh mampu membasmi penyakit panu pada bagian tubuh. Hal ini dikarenakan penyakit panu disebabkan oleh serangan jamur yang berkembang biak pada lapisan sel kulit, Menyembuhkan panu dengan menggunakan belimbing wuluh juga tidak beitu sulit. Hanya dengan menempelkan parutan buah belimbing wuluh pada bagian kulit yang berpanu. Namun sambil sedikit digosok-gosok agar nutrisi yang terkandung didalamnya dapat meresap dengan sempurna.

Baca: Cara Mengatasi Panu, Kadas dan Kurap

6. Mencegah penyakit hipertensi

Sejak jaman dahulu atau pada jaman nenek moyang, buah belimbing wuluh dipercaya sebagai bahan obat tradisional untuk membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah, hanya dengan cara merebus 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong sebelumnya, dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih  dan tersisa menjadi 1/2 gelas. Lalu minum setiap hari 1 kali secara ruitn dan teratur hingga tekanan darah tinggi berkurang.

Baca juga: Pencegahan hipertensi

7. Menyembuhkan penyakit sariawan

Yang terakhir manfaat yang didapatkan dari belimbing wulu adalah untuk mengobati penyakit sariawan / panas dalam. Namun mengatasi sariawan dengan menggunakan buah belimbing wuluh. Terlihat cukup ekstrim  karena rasanya cukup perih saat sariawan dioles dengan buah tersebut. Walaupun cukup perih saat proses pengobatan, tetapi hasilnya dapat sembuh cukup cepat.

8. Belimbing Wuluh untuk Obat Asam Urat

Pada umumnya, asam urat adalah gangguan kesehatan yang seringkali diderita oleh orang tua dan lansia. Namun, bukan berarti Anda yang masih mudah tidak mengalami asam urat. Asam urat sendiri disebabkan karena penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat.

Pada dasarnya, asam urat adalah limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada dalam sel-sel tubuh. Terdapat dua cara mekanisme pengeluaran asam urat dalam tubuh, yaitu melalui ginjal dalam bentuk urine, dan melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Dan untuk mengatasinya, belimbing wuluh bisa membantunya. Cukup keringkan belimbing wuluh kemudian rebus dengan air kurang lebih 400 ml. Minum secara rutin sampai penurunan asam urat benar-benar terasa. Tapi ingat, buat Anda yang memiliki maag atau asam lambung tinggi, disarankan untuk tidak berlebihan.

Demikian beberapa manfaat yang harus diketaui dari buah belimbing wuluh, semoga dapat bermanfaat.

Minder Karena Bau Badan Tak Sedap? Inilah Tips Jitu Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap Secara Alami

Minder Karena Bau Badan Tak Sedap? Inilah Tips Jitu Bagaimana Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap Secara Alami

Firdaus45.com – Memiliki bau badan yang tidak sedap tentu saja membuat kita merasa kurang percaya diri. Siapa saja pasti pernah merasakan dihinggapi bau badan tidak sedap. Apalagi munculnya ketika pada acara formal, tentu akan membuat kita merasa minder.

Pada dasarnya, bau badan kita dipengaruhi oleh faktor makanan. Salain itu, munculnya bau badan juga dapat disebabkan karena salah dalam memilih bahan pakaian. Penggunaan pakaian yang berbahan dasar tidak dapat menyerap keringat menjadi pemicu terjadinya bau badan yang tidak sedap. Selain itu, mengkonsumsi jenis makanan yang banyak memicu produksi keringat berlebihan juga merupakan faktor penyebab bau badan yangg tidak sedap.


Jenis keringat yang menjadi penyebab bau badan tidak sedap dihasilkan dari kelenjar aprokin. Hal ini dikarenakan jenis keringat yang diproduksi dari kelenjar aprokin banyak mengandung minyak. Sehingga mudah dijadikan sarang berkembangbiaknya bakteri.

Perlu diketahui, letak dari kelenjar aprokin berada didaerah sekitar kemaluan, payudara, dan ketiak. Namun bagian titik yang paling mencolok dengan bau badan tidak sedap adalah bagian ketiak.

Dengan demikian agar tidak menjadi penyebab bau badan yang tidak sedap, maka diperlukan perawatan yang harus dilakukan sejak dini. Sudah tahukah, bagaimana cara mengatasi bau badan yang tidak sedap?

Cara mengatasi bau badan yang tidak sedap dapat menggunakan bahan-bahan alami. Jenis-jenis bahan alami yang digunakan untuk mengatasi bau badan tak sedap juga mudah kita jumpai.

Cara Mengatasi Bau Badan Tak Sedap Secara Alami


1. Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Jeruk Nipis

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk nipis dapat bermanfaat untuk menghilangkan masalah yang berkaitan dengan penyebab timbulnya bau badan tidak sedap.  Cara penggunaan jeruk nipis untuk membasmi bau badan yang menyengat juga tidak terlalu sulit.

Hanya dengan menyiapkan  1 buah jeruk nipis, kemudian dibelah menjadi dua bagian dan  peras untuk diambil airnya. setelah itu dicampur dengan daun sirih yang telah dihaluskan. Apabila semua bahan-bahan sudah tercampur sampai merata. Lalu oleskan adonan tersebutpada bagian kulit ketiak maupun sekitar payudara.  Lakukan  secara teratur dan rutin agar bau badan tak sedap segera hilang.

2. Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan  Mentimun

Buah mentimun juga dapat berperan dalam mengatasi bau badan tidak sedap. Kandunan air buah mentimun serta beberapa zat pendukung lainnya memiliki peran aktif dalam mengusir bakteri penyebab bau badan tidak sedap. Cara pembuatan dan penggunaannya bahan tersebut, sebelumnya kupas terlebih dahulu buah mentimun, Lalu potong tipis dan usapkan pada daerah ketiak serta bagian tubuh lainnya yang memiliki bau keringat menyengat. Lakukan cara ini dengan rutin dan teratur

3. Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Jahe

Jahe memang banyak memiliki manfaat yang berlimpah. Jahe selain berfungsi untuk bahan minuman penghangat tubuh, juga mampu mengatasi masalah yan berkaitan dengan bau badan maupun ketiak. Caranya mengatasi bau badan cukup mudah hhanya dengan mengunakan lulur jahe parutan keseluruh tubuh. Cara melakukan ini setiap pagi hari sebelum mandi.

4. Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Daun Beluntas

Daun beluntas memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan sehari-hari. Nutrisi yang terkandung dalam daun beluntas mampu mengilangkan bau badan tak sedap. Untuk mendapatkan manfaat dari daun beluntas hanya dengan cara mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan.  Dengan cara dimasak maupun  digunakan sebagai lalapan.

5. Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup dalam kesehariannya, dapat bermanfaat  untuk mengurangi produksi keringgat yang menyengat. Setidaknya dalam sehari meminum air puith sebanjyak delapan gelas.

Demikian tips mengatasi bau badan tidak sedap dengan cara alami semoga dapat bermanfaat. Membasmi bau badan yang tidak sedap dengan cara alami secara jangka panjang tentunya memberiikan efek positif bagi kesehatan. Hal tersebut sangat cocok sebagai langkah alternatif dalam mewujudkan pola hidup sehat. Selamat mencoba.
Sering Mandi Malam? Inilah Kemungkinan Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sering Mandi Malam? Inilah Kemungkinan Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh Anda


Sering Mandi Malam? Inilah Kemungkinan Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan Tubuh Anda


Firdaus45.com - Mandi kalau tidak menyesuaikan waktunya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu mandi yang sering terjadi ini adalah mandi pada malam hari. Tidak semua orang menyadari akan hal ini, terkadang banyak semua orang yang tidak menghiraukan penyebab yang akan ditimbulkannya.

Mandi malam hari memang membuat tubuh meraasa segar pada saat itu juga. Namun secara jangka panjang hal semacam ini dapat membuat kesehatan mengalami berbagai macam masalah.

Dampak Buruk Kebiasaan Mandi Malam Bagi Kesehatan

Beberapa masalah kesehatan yang timbul ketika sering melakukan mandi malam hari adalah sebagai berikut.

1. Mandi malam dapat menyebabkan penyakit rematik

Kebiasaan mandi pada malam hari dapat mengakibatkan serangan penyakit rematik. Penyakit reumatik termasuk jenis penyakit autoimun, yakni suatu penyakit yang kerap terjadi pada peradangan persendian. sehingga seseorang yang terserang penyakit rematik akan mengalami rasa nyeri pada tiap-tiap persendian.

Gejala yang ditimbulkan ketika terserang penyakit rematik antara lain adalah Nyeri pada persendian,
mengalami perubahan warna memerah pada sekitar persendian, timbulnya rasa panas pada  persendian, ketika pagi hari perendian terasa kaku, Melemahnya fungsi persendian.

2. Mandi malam hari dapat menyebabkan penuaan dini

Kebiasaan mandi malam dapat menimbulkan masalah penuaan dini. Karena organ tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. Jika memang terpaksa mandi pada malam hari setidaknya dicampur dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar sistem  metabolisme tubuh dapat berjalan maksimal.

3. Mandi Malam hari dapat menimbulkan penyakit paru-paru basah

Penyakit paru-paru basah dapat timbul ketika sering mandi pada malam hari. Namun secara ilmiah masalah timbulnya penyakit paru-paru basah akibat mandi belum dibuktikan. Secara biologis penyakit paru-paru basah disebabkan oleh serangan infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Gejala yang ditimbulkan bagi penderita penyakit paru-paru basah adalah telapak tangan sering berkeringat basah walaupun keadaan dingin, mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, badan sering menggigil kedinginan, mudah lelah, perut mual disertai muntah, diare, dan pusing.

4. Mandi malam hari dapat menimbulkan penyakit asam urat lebihh parah

Serangan penyakit asam urat juga dapat terjadi lebih parah akibat mandi pada malam hari. Terutama mandi pada malam hari dengan mengunakan air yang sangat dingin. Penyakit asam urat sebenarnya terjadi karena banyaknya mengkonsumsi jenis makanan yangg banyak mengandung zat purin yang berlebihan. Sehingga zat tersebut sulit untuk diuraikan oleh organ ginjal dan mengalami penumpukan kadar asam urat dalam tubuh.

Beberapa gejala yang timbul akibat penyakit asam urat anatara lain adalah timbulnya rasa ngilu pada persendian, pembengkakan kulit daerah sendi dan kulit berwarna kemerahan terasa panas. Persendian yang sering terserang oleh penyakit asam urat ini anatara lain sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, serta pergelangan tangan.

5. Mandi malam hari dapat menyebabkan masuk angin

Masuk angin dapat timbul ketika sering mandi pada malam hari, terutama pada saat  suhu tubuh meningkat tinggi dan panas. Jika sedang mengalami peningkatan suhu tubuh sebaiknya tidak mandi pada malam hari.

6. Mandi malam hari dapat menimbulkan penyakit demam

Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya tidak melakukan kebiasaan mandi malam. Hal tersebut  ketika tubuh mengalami peningkatan suhu panas  jika terkena siraman air dingin pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan membuat badan terasa panas dan dingin seperti demam.

7. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot

Kebiasaan mandi pada malam hari dapat menimbulkan rasa nyeri otot. Masalah nyeri otot kerap terjadi pada orang-orang yang sering melakukan kebiasaan mandi malam. Terutama dalam jangka panjang.

Demikian beberapa dampak buruk yang terjadi ketika sering melakukan kebiasaan mandi pada malam hari. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan temukan artikel menarik lainnya.

8 Kebiasaan yang Sering Anda Lakukan Setelah Selesai Makan Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan Anda. Ayo Cek!!!

8 Kebiasaan yang Sering Anda Lakukan Setelah Selesai Makan Ternyata Dapat Membahayakan Kesehatan Anda. Ayo Cek!!!

Tips Kesehatan – Setelah selesai makan nasi, tentunya ada hal-hal yang harus dihindari. Namun hal semacam ini tidak begitu diperhatikan oleh sebagian besar orang. Dan banyak sebagian besar orang  telah menjadikan kebiasaan buruk selalu dilakukan setelah makan. Akan tetapi sudahkah anda ketahui bahwa kebiasaan tersebut dapat membahayakan kesehatan anda?

Sebenarnya setelah makan nasi ada aturan yang harus ditaati. Yakni dengan melakukan hal-hal yang harus dihindari setelah makan.

Namun kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan sudah menjadi kebiasaan terkadang memang sangat sulit untuk dirubah. Secara tidak sadar orang tersebut akan terus menerus mengulanginya.

Hanya dengan sebuah motivasi dan pengetahuan tentang bahaya yang mengancam tubuh yang mungkin akan dapat merubah kebiasaan buruk tersebut.


Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah selesai makan seperti yang telah dikutip dalam laman okezone.com. 

1. MEROKOK

Hampir dari semua tips kesehatan yang ada mengatakan bahwa rokok sangat berbahaya. Banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat dipicu dengan kebiasaan merokok. Kebiasan  merokok akan menghambat HDL atau lemak baik yang berfungsi sebagai penetral lemak jahat agar tidak tertimbun dalam tubuh dan memicu kolesterol tinggi pada seseorang.

Rokok banyak mengandung zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Racun yang terkandung dalam rokok bersifat mematikan. Merokok sering kali dilakukan oleh banyak orang setelah makan.

Hal tersebut akan berdampak merusak kesehatan organ tubuh. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan sama halnya dengan merokok sepuluh batang. Sehingga, kemungkinan terserang berbagai macam penyakit jauh lebih besar.

Jenis penyakit yang timbul akibat merokok setelah makan adalah penyakit kanker yakni kanker serviks, kanker kulit, kanker payudara, kanker otak, kanker tulang dan jenis penyakit berbahaya lainnya.

2. MAKAN BUAH

Selama ini  banyak sebagian orang salah persepsi tentang hal yang satu ini. Kebanyakan orang makan buah setelah makan dianggap sebagai tradisi dan mereka meyakini buah sebagai hidangan pencuci mulut. Padahal, mengkonsumsi buah setelah makan akan membuat perut dipenuhi udara alias kembung.

Tapi bukan berarti Anda tidak boleh siasati. Nah, cobalah Anda mengonsumsi buah dengan jeda waktu 1-2 jam setelah makan. Dan jangan Anda mengonsumsi buah satu jam sebelum makan, ini akan membuat perut Anda kenyang dan makan tidak terlalu banyak.

3. MINUM TEH

Menurut hasil dari sebuah penelitian, kandungan zat asam dalam daun teh terbilang sangat  tinggi. Hal ini menyebabkan kendungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain hal itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan terhadap penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen.

Padahal, seperti yang kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia. Sebuah pengecualian bagi orang yang mengalami obesitas dan kolesterol, mungkin dapat dianjurkan untuk meminum teh setelah makan agar makanan tidak semuanya tercerna dan langsung diproses keluar, sehingga tidak banyak yang menumpuk dalam tubuh.

4. MENGENDURKAN IKAT PINGGANG

Walapun terlihat sangat sepele, seringkali mengendurkan ikat pinggang setelah makan sangat membahayakan kesehatan. Mungkin maksud dari mengendurkan ikat pinggang tersebut bertujuan supaya makanan yang masuk bisa lebih banyak dan tidak merasa begah. Namun secara tidak disadari mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

5. MANDI

Walaupun tidak banyak orang yang melakukan, terkadang ada saja yang berpikir untuk melakukan mandi selepas makan. Pada pagi hari kebanyakan orang lebih memilih makan terlebih dahulu daripada mandi, dengan alasan setelah makan pasti perut menjadi penuh dan hasrat ingin buang hajat lebih besar. Sehingga Anda berpikir untuk mandi sekalian BAB.

Padahal, mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. JALAN-JALAN / BERLARI

Satu lagi yang benar-benar harus Anda hindari. Pernahkah Anda mendengar cerita bahwa orang yang sedang mengikuti lomba gerak jalan maupun lari marathon tiba-tiba saja muntah ditengah jalan? Ya, itu merupakan salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh langsung berjalan apalagi lari setelah makan. Berjalan usai makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

7. LANGSUNG TIDUR

Satu hal yang paling sulit untuk dihindari adalah rasa kantuk setelah makan. Apalagi jika makanan yang baru saja dikonsumsi sangat memuaskan perut dalam artian sangat mengenyangkan. Namun, cobalah untuk tidak mengikuti rasa kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

8. MEMINUM AIR YANG TERLALU DINGIN

Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air yang dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondensasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan mengalami pembekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan. Nah, untuk itu mulai saat ini cobalah ganti air es yang biasa Anda minum dengan minum air hangat

Hal-hal tersebut diatas merupakan point penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan pola hidup sehat yang lebih baik. Demikian penjelasan mengenai aktifitas yang tidak boleh dilakukan setelah selesai makan, semoga dapat bermanfaat.

Waspada!!! Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi Krek Berpotensi Merobek Pembuluh Arteri

Waspada!!! Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi Krek Berpotensi Merobek Pembuluh Arteri


Tips Kesehatan – Sesuatu yang dilakukan oleh setiap orang terkadang tidak dipikirkan dampaknya. Secara tidak disadari banyak orang yang berulang kali menggerakkan lehernya hingga berbunyi  “krek“.

Menggerakkan leher hingga berbunyi krek sering kali dilakukan oleh orang-orang yang merasa lelah atau kecapaian. Leher yang digerakkan hingga berbunyi krek dalam sesaat memang membuat sedikit lega bagi seseoarang.

Namun dalam jangka panjang yang secara terus menerus melakukan kebiasaan buruk tersebut, akan mengakibatkan kefatalan. Mungkin tidak semua orang mengetahuinya akibat kebiasaan buruk yang sering dilakukan tersebut.

Apakah resiko mengerakkan leher hingga berbunyi “krek” ? Mungkin ada sebagian orang yang menanyakan hal demikian dan mencari tahu akan dampak yang terjadi ketika sering menggerakkan leher hingga berbunyi krek.

Perlu diketahui, Leher merupakan bagian organ tubuh yang kompleks dan memiliki fungsi yang sangat vital. Organ tubuh bagian leher merupakan jembatan hidup yang menghubungkan organ terpenting dalam tubuh. Tulang leher juga terhubung langsung dengan tulang belakang. Kerusakan yang terjadi pada tulang leher bukan tidak mungkin akan mempengaruhi pada kesehatan tulang belakang.

Untuk hal tersebut diperlukan cara menjaga dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang memicu terjadinya masalah kesehatan. Leher merupakan organ salah satu organ tubuh yang paling rawan, sedikit saja menangani kasus di leher, nyawa bisa saja menjadi taruhannya.

Bahaya Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi Krek

Berikut ini beberapa bahaya yang terjadi ketika sering menggerakkan leher sampai berbunyi krak.

1. Melemahkan sendi leher

Semakin melemahnya persendian leher dapat menyebabkan instabilitas tulang leher. Lama kelamaan akan menimbulkan ancaman berbahaya yakni terjadinya nyeri leher kronis. Nyeri sendi leher kronis tersebut yang sering timbul ketika usia semakin tua.

2. Meretakkan tulang leher

Seperti yang telah dijelaskan oleh dokter spesialis bedah syaraf TNI AU Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP yang berkompetensi di bidang spine (tulang belakang).

Seseorang yang sering menggerakan leher secara berlebihan. Akan berdampak negatif yaitu suatu masalah dimana  tulang leher mengalami keretakan. Sehingga timbul dislokasi sel syaraf  leher yang menghubungkan antara sendi dan tulang leher. Hal tersebut merupakan bukan suatau masalah sepele. karena dapat menyebabkan kematian

Tulang leher terdiri dari 7 ruas, masing-masing ruas dihubungkan oleh 2 macam sendi: bantalan tulang (diskus) dan sendi penyangga kiri dan kanan (prosesus artikularis superior dan prosesus artikukaris inferor atau disebut juga facet).

Jika tulang dan sendinya mengalami keratakan atau melejit, dapat mengakibatkan hubungan persendian leher dan ruas tulang lehernya menjadi tidak stabil. Sehingga akan mencederai lanjutan sumsum tulang belakang di dalamnya.

Selain itu, yang lebih parah lagi adalah jika salah satu tulang leher mengalami  patah, tentu saja membuat instabilitas menjadi lebih parah bahkan menimbulkan kematian yang lebih cepat.

3. Merobekkan pembuluh darah arteri

Sering menggerakkan leher hingga berbunyi krak bisa saja membuat pembuluh darah arteri vertebralis robek. Hal tersebut merupakan akibat tergores oleh tulang leher yang patah. Jika hal tersebut terjadi membuat penderita mengalami masalah kronis.

Dengan demikian mejaga kesehtaan tulang leher diperlukan dengan perawatan yang ekstra hati-hati. Jika memiliki masalah yang berkaitan dengan nyeri punggung, nyeri leher,  atau nyeri pinggang sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli yang profesional, yang terdidik di rumah sakit pendidikan kedokteran seperti spesialis saraf, spesialis bedah saraf, spesialis ortopedi, spesialis kedokteran fisik, dan rehabilitasi

Hal ini diperlukan agar tidak akan terjadi suatu masalah yang serius karena bisa diketahui penyebab dan cepat dalam penanganannya. Organ leher merupakan organ tubuh yang palingg rawan dan sensitif.

Inilah Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan Yang Belum Diketahui

Firdaus45.com - Labu siam dikenal banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan. Labu siam memiliki nama lain yang biasa disebut dengan labu air. Jenis labu siam banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang sebagai sayuran.

Jenis sayuran labu siam tersebut banyak mengandung kalsium, polifenol, saponin, dan jenis vitamin C. Labu siam memiliki bentuk yang lonjong seperti halnya buah alpukat serta memiliki warna kulit hijau. Walaupun banyak yang memanfaatkan sayuran labu siam, namun tidak semua orang mengetahui manfaatnya yang didapatkan.


Dengan demikian dalam laman firdaus45.com akan membantu mencari tahu manfaat yang didapatkan dari labu siam. Agar semua orang yang menyukai sayuran labu siam tidak hanya sekedar mengkonsumsinya, namun mengetahui manfaat yang didapatkan.

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Beberapa manfaat berlimpah dari labu siam yang harus diketahui oleh sebagian besar orang adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit panas dalam secara alami

Labu siam banyak mengadung senyawa aktif yang berupa sponin dan polifenol. Kedua senyawa tersebut bersifat dingin. Sehingga dapat menurunkan suhu panas pada tubuh yang terlalu tinggi. Suhu  panas dalam tubuh ini menyebabkan dehidrasi karena menguras cairan dalam tubuh yang ekstra besar. Selain itu juga menyebakan peradangan pada tenggorokan, timbulnya penyakit sariawan dan  penyakit saluran pencernaan lainnya. Dengan demikian mengkonsumsi sayuran labu siam mampu menetralisir berbagai masalah penyakit panas dalam.

2. Menguatkan tulang

Kandungan mineral kalsium pada labu siam cukup melimpah sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Jumlah asupan kalsium yang tercukupi dalam kesehariannya akan berdampak memiliki tulang yang kuat.  Sehingga terhindar dari masalah pengeroposan tulang.

3. Meningkatkan stamina

Zat  potasium yang terkandung dalam labu siam merupakan ion elektrolit yang dapat berperan untuk menjaga stamina tubuh. Sehingga sayuran albu siam sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berat, seperti para atlet, pekerja kasar dan lain sebagianya.

4. Menyembuhkan kembung

Perut yang sering mengalami masalah kembung atau adanya pengedapan angin yang sulit untuk keluar, Maka dengan mengkonsumsi labu siam secara teratur  mampu mengurangi gangguan kembung tersebut. Hal ini merupakan peran dari kandungan zat diuretik didalamnya. Mekanisme dari zat diuretik tersebut adalah untuk menguraikan gas sisa metobolisme yang tidak bisa keluar dari dalam sistem pencernaan.

5. Mengobati penyakit batu ginjal

Seperti dari hasil dalam sebuah penelitian oleh para ahli, yang diadakan di Universitas North Florida. Menyatakan bahwa labu air/ labu siam  dapat berpotensi untuk mengurangi glikogen yang ada dalam darah, sehingga masalah penyakit-penyakit turunan seperti diabetes, dan batu ginjal,dapat teratasi dengan mudah.

6. Mencegah penyakit kolesterol

Nutrisi yang terkandung dalam labu siam dapat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit kolesterol. Dengan demikian labu siam sangat berperan bagus untuk membantu mempercepat penyembuahn bagi penderita penyakit kolesterol. Cara mengkonsumsinya hanya dengan merebusnya tanpa menggunakan campuran bumbu sama sekali. dan dimakan secara teratur dan rutin.

7. Menurunkan tekanan darah

Labu siam tidak mengandung senyawa kolesterol maupun lemak jahat serta memiliki kandungan karbohidrat rendah. Hal tersebut dapat melonggarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah yang berlebihan.

8. Mengandung folat untuk kesempurnaan bayi

Bagi para ibu hamil dengan mengonsumsi labu siam secara teratur sangat dianjurkan karena dapat berperan dalam mengatur kesempurnaan pertumbuhan janin. Labu siam banyak mengandung sejumlah vitamin B dan Folat yang mampu memenuhi kebutuhan sekitar 25% untuk tubuh. Zat Folat sangat diperlukan dalam perkembangan janin dengan baik dan menghindari bayi lahir cacat.

9. Mencegah penyakit sembelit

Sembelit merupakan salah satu jenis  penyakit yang ditimbulkan karena tubuh kita kekurangan serat. Kurangnya jumlah asupan kadar air dan serat dalam tubuh akan menghambat jalannya feses di usus besar sampai ke anus. Labu siam dikenal banyak mengandung serat dan senyawa-senyawa yang berguna untuk mendinginkan suhu organ pencernaan serta melancarkan sistem metabolisme

10. Mengurangi resiko penyakit jantung

Vitamin C serta zat pendukung lainnya yang terkadung dalam  labu siam merupak penyumbang zat antioksidan di dalam tubuh. Jumlah zat antioksidan dalam tubuh yang semakin meningkat mampu melancarkan kinerja organ-organ tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan kinerja organ jantung. Sehingga masalah penyakit jantung dapat terminimalisir.

11. Mengurangi resiko terkena kanker

Kandungan vitamin C dalam labu siam terbilang cukup berlimpah. Setiap per 100 gram labu siam terdapat  jumlah vitamin c sekkitar 7,7 miligram. Vitamin C memiliki peran yang sangat penting dalam mengusir radikal bebas dalam tubuh. Selain itu dapat membuat sistem imun tubuh akan semakin meningkat sehingga resiko timbunya sel kanker dapat dicegah.

10 Manfaat Madu dan Jahe Bagi Ibu Hamil

 10 Manfaat Madu dan Jahe Bagi Ibu Hamil

Firdaus45.com - Manfaat madu dan jahe bagi ibu hamil ini yang dimaksud adalah manfaat madu yang dicampurkan dengan jahe untuk kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin. Dikalangan masyarakat yang namanya jahe dan madu tentu saja bukan merupakan suatu benda asing lagi.  Setiap masyarakat sudah banyak yang mengenalnya antara madu dan jahe tersebut,

Banyak masyarakat memanfaatkan kedua bahan tersebut dipadukan atau dicampurkan menjadi satu. Paduan antara madu dan jahe banyak memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan, terutama bagi kesehatan ibu yang sedang hamil.

Walaupun banyak yang memanfaatkannya, namun tidak semua orang mengetahuinya akan manfaat yang didapatkan. Dengan demikian firdaus45.com akan mengupas manfaat madu dan jahe bagi kesehatan ibu hamil. Agar semua kalangan ibu hamil menjadi lebih tahu.

10 Manfaat Madu dan Jahe Bagi Ibu Hamil

Berikut ini merupakan beberapa manfaat madu dan jahe yang belum diketahui oleh semua orang.

1. Mengurangi penyakit maag pada ibu hamil

Kaum ibu-ibu yang dalam masa kehamilan  rentan terkena jenis penyakit maag. Penyakit maag ini disebabkan karena menigkatnya kadar asam pada lambung. Dengan demikian meminum air rebusan jahe yang telah dicampur dengan madu murni dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar asam lambung yang berlebihan.

Sehingga timbulnya penyakit maag dapat teratasi dengan mudah. Namun mengkonsumsi ramuan ini juga harus secara teratur dan tidak melebihi batas.  Bukan hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja, setiap orang yang memiliki riwayat penyakit maag dapat disembuhkan dengan ramuan madu dan jahe tersebut.

2. Sebagai antibiotik alami


Campuran antara madu dan jahe jika dikonsumsi oleh kaum ibu pada saat masa hamil dapat bermanfaat sebagai antibiotik secara alami. Dengan demikian kondisi ibu hamil akan selalu segar dan bugar sehingga janin akan berkembang lebih sehat dan kuat.

3. Menguatkan janin dari serangan penyakit

Kandungan nutrisi pada jahe dan madu dapat berperan untuk menguatkan janin dalam kadungan terhadap berbagai gangguan. Namun cara mengkonsumsi madu dan jahe harus dengan kadar tidak berlebihan agar janin yang dikandung menjadi sehat dan selalu kuat serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

4. Menurunkan tekanan darah tinggi pada Ibu hamil

Jahe yang dikonsumsi bersamaan dengan madu dapat berperan dalam melancarkan sistem peredaran darah. Nutrisi yang terkandung dalam kedua bahan tersebut dapat menghindari penyempitan pada pembuluh darah, sehingga peredaran darah dapat berjalan lebih maksimal. Namun cara mengkonsumsi dari kedua bahan tersebut harus dengan teratur dan tidak berlebihan.

5. Mengatasi gangguan pencernaan pada Ibu hamil

Paduan antara madu dengan jahe dapat berperan dalam melancarkan sistem pencernaan pada Ibu hamil.  Dengan demikian mengkonsumsi ramuan dari bahan-bahan tersebut mampu meminimalisir gangguan pencernaan. Selain itu masalah gangguan penyakit sembelit juga dapat teratasi.

6. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh pada Ibu hamil


Banyak sebagian kaum ibu saat sedang hamil muda maupun hamil tua mengalami masalah daya tahan tubuh menurun. Menurunnya daya tahan tubuh pada ibu tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya janin. Untuk itu, agar janin tetap berkembang maksimal kaum ibu hamil perlu meningkatkan asupan sistem imun alami. Salah satunya zat imun alami dapat ditemukan pada air jahe hangat yang telah dicampur dengan madu murni. Ramuan tersebut dapat diminuman secara rutin dan teratur.

7. Mencegah timbulnya penyakit hepatitis B pada Janin

Nutrisi pada madu dan jahe dipercaya mampu mencegah timbulnya penyakit hapitis B pada janin. Tentunya kaum ibu hamil menginginkan yang terbaik bagi sang buah hati yang sedang dikandungnya. Dengan demikian memenuhi asupan nutrisi adalah hal yang perlu dilakukan. Dengan mengkonsumsi ramuan jahe yang dicampur dengan madu murni secara teratur dan rutin mampu mencegah adanya serangan penyakit hepatitis B pada janin.

8. Mengatasi rasa mual yang berlebih pada Ibu hamil


Rasa mual kerap terjadi dan menggangu pada sebagian besar ibu hamil. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bahan alamiah. Yakni dapat diatasai dengan mengkonsumsi rebusan air jahe yang dicampur dengan madu murni yang masih hangat. Hal tersebut mampu memberikan efek positif dalam mengatasi rasa mual yang berlebihan pada ibu hamil.

9. Meredakan sakit kembung pada Ibu hamil

Selain dapat berperan untuk mengatasi masalah mual, paduan jahe dan madu dapat bermanfaat untuk mengobati sakit kembung pada ibu hamil. Timbulnya penyakit perut kembung memang dapat mengakibatkan ibu hamil merasa tidak nyaman. Cara mengatasi kembung dengan menggunakan jahe ini sangat mudah. Hanya dengan cara merebus jahe dan diminum airnya selagi masih hangat. Namun cara pemanfaatannya ditambahkan dengan sedikit madu murni.

10. Mengurangi stress pada Ibu hamil

Terjadinya stres yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan demikian agar tidak terjadi hal-hal  seperti yang tidak diinginkan. Dengan mengonsumsi secangkir air jahe hangat secara teratur mampu memberikan  rasa nyaman dan tenang. Sehingga tidak akan terjadi ketegangan atau stres berlebihan.

Demikian manfaat madu yang dipadukan dengan jahe bagi kesehatan ibu hamil serta kesehatan janin. Semoga dapat bermanfaat.