12/02/2015

Jenis Makanan Kaya Serat Untuk Pemenuhan Nutrisi Bayi Yang Perlu Anda Coba!

Jenis Makanan Kaya Serat Untuk Pemenuhan Nutrisi Bayai Yang Perlu Anda Coba!


Firdaus45 - Nutrisi Bayi. Memberikan ASI secara eksklusif memang menjadi sebuah keharusan bagi seorang ibu untuk tumbuh kembang si kecil (Baca: Manfaat pemberian asi eksklusif). Saat bayi baru lahir, pemberian asi secara eksklusif dapat membuat bayi merasa kenyang. Akan tetapi ketika bayi sudah mulai bertumbuh kembang, semakin bertambah usia bayi, pemberian asi secara eksklusif saja tidak akan mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi itu sendiri.

Pemberian nutrisi kepada bayi memang sebaiknya dilakukan secara berbeda-beda melihat usia pertumbuhan bayi. Tidak semua makanan (Sayuran dan Buah - buahan) memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang bayi.  Oleh karena itu, untuk ibu muda, sebaiknya kenali beberapa contoh jenis makanan yang kaya serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang dapat ibu sajikan dirumah dengan mudah.

Jenis Makanan Kaya Serat Untuk Pemenuhan Nutrisi Bayai Yang Perlu Anda Coba

Baca juga:

  1. Mengetahui Kebutuhan Serta Pengaruh Nutrisi dan Cairan Pada Bayi
  2. Tips Memberikan Makanan Pendamping ASI Pada Bayi Usia 6-12 bulan
  3. Tips Memberikan Nutrisi Pada Bayi Usia 0-6 bulan

Alpukat
Alpukat dapat anda jadikan salah satu alternatif dalam pemenuhan nutrisi bayi. Alpukat sangat mudah diolah dan disajikan, teksturnya yang lembut juga sangat cocok untuk penrcernaan bayi yang belum dapat mencerna makanan dengan tekstur padat. Buah alpukat mengandung 2 gram serat dan juga lemak yang baik dalam hal menurunkan kolesterol serta mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

Roti gandum
Gandum adalah salah satu jenis makanan pengganti yang memiliki serat cukup tinggi. Olahan gandum seringkali disajikan pada saat sarapan pagi dalam bentuk roti yang lebih praktis dan cepat saji. Perlu diperhatikan bagi para ibu muda dalam memberikan olahan gandum kepada si kecil. Sebelum terlambat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu riwayat penyakit si kecil, apakah memiliki penyakit Celiac atau tidak.

Apel
Mengkonsumsi satu buah apel yang dimakan berbarengan dengan kulitnya, sama halnya mengkonsumsi 4-6 gram serat yang dibutuhkan bayi dari kebutuhan total serat sebesar 20 gram. Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya hilangkan kebiasaan untuk mengupas kulit apel sebelum dimakan. Berikan apel dalam potongan-potongan kecil agar lebih mudah digenggam. Agar lebih aman dikonsumsi, sebaiknya cuci bersih terlebih dahulu apel sebelum disajikan kepada si Kecil.

Brokoli
Brokoli sangat bagus sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, tidak hanya bayi saja melainkan bagi orang dewasa brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Brokoli berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan kanker yang mungkin saja dapat berkembang sejak bayi dilahirkan. Semangkuk brokoli dapat memberikan 5,1 gram serat yang dibutuhkan oleh bayi. Brokoli juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan gigi dan tulangnya.

Oatmeal
Banyak orang beranggapan bahwa oatmeal merupakan salah satu makan tersehat di dunia. Oatmeal memiliki kandungan jenis serat spesial yaitu beta glucan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan si Kecil. Supaya ia tidak mudah bosan, buatlah sajian oat yang lebih menarik dengan berbagai menu kreasi unik.

Pisang
Pisang merupakan jenis buah yang paling sering dipilih sebagai makanan pendamping asi. Bukan hanya karena teksturnya yang sangat lembut tetapi juga mudah sekali diperoleh. Pisang juga memiliki banyak serat yang sangat cocok untuk makanan pendamping asi dan sekaligus dalam pemenuhan nutrisi bayi. Dalam sebuah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 3,1 gram serat yang dapat diserap tubuh. Pisang juga kaya akan kalium, Vitamin B6 dan Vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Almond
Sama seperti pisang, almond juga mengandung sekitar 3 gram serat. Tak hanya itu, kandungan kalori, lemak baik dan Protein yang cukup tinggi dalam almond juga bisa membuat si Kecil merasa kenyang lebih lama. Selain memenuhi kebutuhan gizi balita, rasanya yang gurih juga bisa memperkaya pengalaman si Kecil soal rasa makanan. Jadi, menu camilannya pun bisa lebih bervariasi.

Masih banyak lagi jenis makanan kaya serat yang lainnya yang dapat dijadikan sebagai daftar menu harian untuk pemenuhan gizi bayi. Diatas merupakan sebagian kecil jenis-jenis makanan yang kaya akan serat untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam upaya pemenuhan nutrisi bayi. Selamat mencoba.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya