12/27/2015

Indahnya Wisata Alam Gunung Pelangi Sangat Menakjubkan, Yang Berkaitan Dengan Al-Qur’an

Pecinta wisata alam pastinya menginginkan lokasi wisata yang belum pernah dikunjunginya. Salah satunya mengunjungi lokasi wisata alam pegunungan. Bagi pecinta alam, menikmati keindahan alam pegunungan memiliki arti kebahagiaan tersendiri.

Namun dalam keindahan alam pegunungan yang dimaksud ini adlah lain daripada yang lain. Suasana yang berada dilokasi wisata alam pegunungan ini sangat menyenangkan dan indahnya pemandangan sangat luar biasa.


Keindahan pegunungan ini merupakan sebuah fenomena alam murni tanpa campur tangan manusia. Fenomena alam yang indah berupa gunung-gunung yang berwarna-warni, yang terletak  di Zhangye Danxia, provinsi Gansu, Cina.

Gunung pelangi atau gunung yang 'rainbow mountain' tersebut memiliki luas wilayah sekitar 300 kilometer persegi. Para wisatawan pecinta alam dapat menikmati keindahan pemandangan yang sangat luas.

Tempat lokasi wisata Gunung pelangi tersebut sangat cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga, sahabat, pacar maupun kekasihnya. Serta sangat cocok bagi pecinta fotografi untuk mengabadikan foto-foto yang sangat indah.

Fenomena alam yang sangat menakjubkan ini merupakan sebuah contoh geomorfologi petrografi, dimana keindahan alam tersebut terbentuk karena adanya kondisi lingkungan.

Menurut hasil dari sebuah pengamatan alat modern Telegraph, Timbulnya keindahan alam yang berwarna-warni tersebut terbentuk sejak Periode Kapur, ketepatannya sekitar 24 juta tahun lalu hingga sekarang. Warna-warna tersebut berasal dari gabungan batuan pasir merah dan mineral Gunung, sehingga menimbulkan pola warna yang berbeda-beda. Kecerahan warna pada gunung pelangi ini tergantung pada kondisi cuaca dan pencahayaan matahari. Bukit dan lembah dilokasi gunung pelangi terdiri dari lapisan warna merah, hijau zamrud, biru, coklat, dan kuning.

Kejadian fenomena alam yang sangat menakjubkan ini ternyata ada kaitannya dalam ajaran Islam. Kejadian ini merupakan sebuah bukti atas Kuasa Allah dan kebenarannya isi kitab suci Al-Qur’an. Dalam kitab suci Al-Qur’an fenomena alam tersebut sudah tercantum sejak 14 abad yang lalu.

 Firman Allah yang menjelaskan fenomena alam tentang gunung warna-warni ini tercantum dalam Surat Al Fathir :27. Berikut ini bunyi Surat Al Fathir pada ayat 27

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ

Untuk memperjelas bunyi dari ayat Al Qur’an tersebut berikut ini artinya : [ "Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menurunkan air dari langit lalu dengan air itu Kami hasilkan buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang BERANEKA MACAM WARNANYA dan ada (pula) yang hitam pekat." (QS. Fathir : 27) ]

Demikian sedikit penjelasan fenomena alam yang berkaitan dengan kitab suci Al-Qur’an dapat menjadi sebuah pelajaran bagi semua umat. Bukti adanya kekuasaan Allah SWT ini hanya untuk orang-orang yang berfikir dan bisa memahaminya atas kebenarannya.

Selamat berwisata ria menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan pelangi. Semoga dapat bermanfaat.