12/09/2015

Anda Memiliki Kebiasaan Tidur Siang Hari? Yuk, Ketahui Efek Buruk Jika Tidur Siang Terlalu Lama

Anda Memiliki Kebiasaan Tidur Siang Hari? Yuk, Ketahui Efek Buruk Jika Tidur Siang Terlalu Lama


Firdaus45 - Tips Kesehatan. Negara yang masyarakatnya memiliki kebiasaan tidur di siang hari tidak begitu banyak di dunia ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya memiliki kebiasaan tidur disiang hari. Segala sesuatu memang memiliki takarannya masing-masing, segala sesuatu memang dianjurkan untuk tidak berlebihan termasuk juga dengan tidur siang.

Berkaitan dengan persoalan tidur siang, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas tidur siang ini bagi kesehatan tubuh. Tidur siang dapat dijadikan sebagai pengganti tidur malam yang tidak cukup. Tidur malam yang bagus dan sesuai anjuran adalah selama 9 jam dari mulai orang itu tidur sampai dengan bangun tidur. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk setiap orang melakukan tidur siang sebagai pengganti tidur malam yang kurang disebabkan karena berbagai macam faktor diantaranya insomnia. Waktu tidur siang yang dianjurkan adalah antara jam 11- jam 2 siang selama 30 menit.

Tidur siang yang cukup dapat membantu anda memperoleh tubuh yang segar, meningkatkan konsentrasi dan fokus. Tidur siang yang cukup juga membantu anda mengistirahatkan otak dan mata anda. Mata yang terus menerus digunakan untuk bekerja apalagi menatap layar monitor akan mudah lelah, oleh karenanya dibutuhkan waktu untuk mengistirahatkan mata salah satu caranya adalah dengan tidur di siang hari.

Terlepas dengan segudang manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh anda, tetapi jangan lupakan beberapa dampak buruk yang mengintai anda dari kegiatan tidur di siang hari. Tidur siang akan berdampak buruk bagi kesehatan jika itu dilakukan dengan cara yang salah. Tidur siang terlalu lama akan berdampak pada peningkatan gula darah anda.

Sebuah studi mengungkapkan dampak buruk bagi orang yang tidur siang terlalu lama yaitu berisiko terjangkit diabetes tipe 2, terutama bagi orang dewasa ataupun yang berusia lanjut. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada sebanyak 27.000 responden yang dibagi ke dalam 4 kelompok dan dibedakan sesuai dengan lamanya mereka tidur siang. Dari hasil penelitian, mereka yang gemar tidur siang memiliki kemungkinan 36% terkena diabetes melitus dibandingkan dengan responden yang tidak pernah tidur siang.

Dari peneletian diperoleh data bahwa mereka yang memilih untuk tidur siang adalah karena beberapa alasan seperti aktivitas mereka yang terlalu padat, merokok dan jatah tidur permalam mereka yang relative kurang membuat mereka kelelahan disiang hari.

Terkait dengan manfaat tidur siang, seorang peneliti dari Leiden University Medical Center yakni Lucassen mengungkapkan, tidur siang memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi serta juga dapat membuat berfikir lebih kreatif dan juga sebagai recovery energi yang terbuang setelah beraktivitas. Namun sebaliknya, jika dilakukan terlalu lama akan berakibat buruk pada kesehatan anda karena mampu meningkatkan kadar gula dalam darah yang berakibat pada diabetes melitus.

Seperti dilansir dari Live Science, bahwa efek buruk dari tidur yang berlebihan dapat menyebabkan orang tersebut terkena diabetes melitus. Tidur siang terlalu lama juga berakibat berkurangnya waktu tidur dimalam hari. Orang yang gemar tidur siang cenderung memiliki kebiasaan terjaga hingga larut malam sehingga kebutuhan tidurnya dimalam hari tak terpenuhi dengan baik, yang menyebabkan sebagian hormon dalam tubuh turut terganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang tidurlah di waktu siang secukupnya jika rasa kantuk di siang hari sudah tidak tertahankan. Upayakan tidur siang diwaktu pukul 12-2 siang dan jangan pernah tidur di waktu sore hari.

Efek Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

Berikut adalah alasan mengapa tidur siang terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, beberapa alasan tersebut diantaranya:

Menghambat produksi insulin, dan meningkatkan resiko diabetes

Tidur siang yang terlalu lama (melebihi 30-60 menit) akan memicu gangguan hormonal pada tubuh yang mengakibatkan terhambatnya produksi insulin. Produksi insulin dalam tubuh berfungsi untuk mencerna gula dalam darah. Ketika produksi insulin tidak terpenuhi, secara otomatis gula darah seseorang akan meningkat karena tidak adanya penetralisir gula darah.

Baca juga artikel tentang: Apa itu diabetes dan apa penyebab diabetes

Jam biologis terganggu

Jam biologis seseorang akan ikut terganggu ketika tidur siang terlalu lama. Orang yang tidur siang terlalu lama akan lebih betah begadang daripada orang yang tidak pernah tidur siang. Tidur malam menurut para ahli juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal. Tidur malah yang bagus adalah selama 9 jam dari mulai tidur sampai terbangun. Terganggunya jam biologis ini mirip-mirip seperti kemunculan gejala “jet lag” ketika kita bepergian menggunakan pesawat. Keadaan ini dapat menyebabkan kita akan merasa kebingungan dan juga kemungkinan mengganggu jam tidur kita secara normal, begitu pula juga dengan pola makan.

Tubuh semakin mengantuk dan lemas setelah bangun tidur

Jika ingin mendapatkan konsentrasi yang lebih dan juga fokus, lakukanlah tidur siang dengan sesuai anjuran. Namun ketika anda tidur siang terlalu lama, anda akan merasa mejadi lebih lemas dan rasa ngantuk tetap melekat pada diri anda. Ketika kita tidur siang terlalu lama tubuh kita bukannya akan merasakan segar, namun malahan akan merasa lemas dan juga semakin mengantuk ketika terlalu lama tidur siang. Hal ini akan menyebabkan focus dan juga konsentrasi kita akan terganggu.

Dapat menyebabkab insomnia

Seperti halnya gangguan jam biologis, dampak lainnya dari bahaya tidur siang, apalagi yang terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan insomnia. Insomnia merupakan salah satu gangguan dimana seseorang tidak bisa tidur pada waktu malam, yang salah satunya disebabkan oleh jam tidur siang yang terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kita merasa segar pada malam hari, sehingga kita tidak bisa tidur dan mengalami insomnia.

Baca juga artikel tentang: Cara mengatasi susah tidur

Menimbulkan pusing dan sakit kepala

Tidur siang terlalu lama akan membuat anda merasa pusing karena suplai oksigen menuju otak menjadi minim begitu juga halnya dengan darah, ketika seseorang tidur siang terlalu lama, darah yang mengalir menuju otak juga kan ikut berkurang. Hal ini akan menyebabkan kepala akan terasa sangat pusing dan juga sakit.

Baca juga artikel tentang: Cara mengatasi sakit kepala yang perlu anda coba