10/07/2015

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Tips Kesehatan - Semua orang pasti tidak asing dengan istilah Kacang Merah. Kacang merah memiliki nilai gizi yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh (Manfaat Kacang Merah). Mengapa kacang merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Pada kacang merah ini terdapat kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan memiliki jumlah protein yang tinggi. Dimana kesemua senyawa tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk digunakan sebagai berbagai macam keperluan, misalnya menjaga daya tahan tubuh, Menjaga kesehatan otak, membantu proses pertumbuhan, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi keperluan lain yang membutuhkan senyawa tersebut.

Kacang merah ini juga sangat baik sekali jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Mengkonsumsi kacang merah pada saat masa kehamilan akan sangat membantu sekali dalam menjaga pertumbuhan janin seperti halnya manfaat sayur bayam bagi ibu hamil. Seperti halnya jenis kacang-kacangan yang lain (kacang hijau, kacang kedelai, kacang polong, dan kacang panjang), kacang merah juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, seperti asam folat, kalsium, serat, karbohidrat kompleks, protein tinggi, dll. Adapun manfaat kacang merah bagi ibu hamil dan janin, sebagai berikut.



Memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol jahat
Kandungan serat dalam kacang merah bermanfaat mencegah kadar kolesterol jahat dalam darah dan memperlancar sistem pencernaan. Karena itu, kacang merah ini juga dapat mencegah konstipasi.

Mencegah risiko diabetes
Kandungan karbohidrat kompleks kacang merah berglikemik indeks rendah sehingga proses pencernaannya pun lamban. Bahkan, kacang merah mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menurunkan risiko timbulnya diabetes pada ibu hamil.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam kacang merah bermanfaat membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, dan menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Menjaga berat badan tetap ideal
Kandungan seratnya sangat mendukung program diet Anda.

Mendukung perkembangan massa otot tubuh
Kandungan protein nabatinya bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh.

Menjaga fungsi sistem saraf
Kandungan thiamin bermanfaat menjaga fungsi sistem saraf dan mencegah penyakit beri-beri.

Menjaga kesehatan kulit
Selain dapat menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin B6 dalam kacang merah bermanfaat membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, sintesis dan fungsi hemoglobin.

Mencegah risiko anemia
Kandungan mineral, seperti zat besi, zinc, dan tembaga pada kacang merah bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah, enzim, dan tulang. Keluhan anemia pun bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang merah ini.

Menambah energi
Zat besi dalam kacang merah bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi pada ibu hamil.

Membantu perkembangan otak dan sel darah merah pada janin
Kandungan Omega 3 dan 6 dalam kacang merah ini bermanfaat membantu perkembangan otak janin. Bahkan, perkembangan sel darah merah pada bayi dapat ditunjang apabila ibu hamil rajin mengonsumsi kacang merah ini.