10/25/2015

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicu Utama Penyebab Munculnya Jerawat

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicu Utama Penyebab Munculnya Jerawat


Firdaus45 - Setiap remaja yang sedang mengalami masa puber, pasti akan selalu berhubungan dengan jerawat. Dengan berbagai cara menghilangkan jerawat agar tidak menghampiri wajah atau agar jerawat cepat hilang dari wajah.

Sebelumnya, apakah anda pernah bertanya tanya, kenapa jerawat bisa muncul meskipun orang tersebut selalu menjaga kebersihan? tidak semua orang mengetahui jawabannya. Permasalahan memang bukanlah masalah yang terlalu mengkhawatirkan, hanya saja bagi yang menginginkan penampilan tetap cantik dan tampan, maka jerawat merupakan musuh utama mereka.

Penyebab munculnya jerawat tidak dapat diketahui secara pasti. Selama ini hanya dugaan dan hipotesis saja yang menyatakan bahwa munculnya jerawat disebabkan karena ini dan itu. Akan tetapi, bagi yang menginginkan wajah bersih dan terhindar dari jerawat tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat diwajah. Beberapa kebiasaan buruk tersebut diantaranya:

cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara menghilangkan jerawat secara alami, cara menghilangkan jerawat dengan cepat, cara menghilangkan jerawat di punggung

Penggunaan kosmetik

Penggunaan alat kosmetik yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada area kulit wajah. Jerawat bisa muncul akibat penggunaan perlengkapan make-up / kosmetik. Iritasi dapat terjadi saat menggunakan alat kosmetik karena didalamnya terkandung beberapa zat kimia yang memang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, bahan-bahan tersebut biasanya terkandung dalam produk kosmetik tabir surya atau sunscreen:

  • Lanolin, merupakan sebutan lain dari minyak yang baik untuk kulit, tapi tidak semua jenis kulit. Bahan tersebut tidak cocok untuk kulit berminyak, apalagi kulit yang sudah berjerawat, karena bisa memperparah jerawat di kulit anda. 
  • Petroleum adalah jenis minyak yang sebenarnya tidak perlu digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat.
  • Isopropyl Myristate yaitu suatu zat kimian yang dapat membuat kulit anda menjadi tidak berminyak, atau lebih tepatnya, mengurangi produksi minyak berlebih. Namun sayangnya, zat tersebut akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi pada kulit

Produk kosmetik yang mengandung parfum | Produk kosmetik yang mengandung parfum buatan biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga akan menyebabkan timbulnya komedo yang akhirnya menjadi jerawat.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci kulit wajah memang baik, namun jika terlalu sering dilakukan, juga dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal tersebut justru akan membuat produksi kelenjar minyak / sel sebum dalam kulit  mengalami peningkatan. Maka dari itu, anda cukup mencuci kulit wajah dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum anda tidur.

Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Tangan merupakan organ tubuh yang selalu bersentuhan dengan kuman. Ketika tangan anda menyentuh kulit muka, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman / bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, sebelum tangan anda menyentuh kulit wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda benar-benar bersih. Terlebih lagi jika di wajah anda sudah ada jerawatnya, jika anda menyentuh jerawat tersebut, besar kemungkinan jerawatnya akan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lainnya.

Mengalami Stres atau Tekanan Batin

Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

Malas membersihkan keringat

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat adalah karena anda malas membersihkan keringat, dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur. Sedangkan dalam keringat, terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, saya sarankan, jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel dikulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat.

Malas Keramas

Malas keramas bisa menyebabkan jerawat lho! terlebih lagi jika kulit kepala anda memiliki minyak berlebih. Minyak tersebut akan mengalir kewajah lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga munculah jerawat.

Kurang Tidur atau Sering Begadang

Bagi anda yang biasa tidur terlalu malam, sebaiknya perhatikan nih info penting buat anda. Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres. Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor penyebab jerawat adalah stres. Selain itu, tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya.

Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah. Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.

Malas Mengganti Perlengkapan Pakaian dan Perlengkapan Tidur

Pakaian, sarung bantal, spai, handuk, jika tidak dicuci / diganti secara rutin sebenarnya mengandung banyak bakteri dan sel kulit mati yang jika kita gunakan secara terus menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat.

Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan

Mengeringkan kurit secara berlebihan ternyata dapat membuat kulit anda mengalami iritasi. Sehingga kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah cukup banyak dengan tujuan untuk menstabilkan keadaan kulit kedalam keadaan normal.

Menggunakan Produk Rambut

Menggunakan produk seperti minyak rambut, juga dapat menyebabkan jerawat. Karena pada biasanya produk rambut yang anda gunakan mengandung minyak, silikon, dan plasticizer yang dapat menyumbat pori-pori saat rambut bersentuhan dengan kulit Anda. Namun, jika anda memilih potongan rambut berponi, sebaiknya anda tidak menggunakan produk rambut yang menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

Lupa Membersihkan Kulit Wajah dimalam Hari

Orang-orang yang terkena jerawat biasanya adalah mereka yang sering bermalas-malasan untuk mencuci muka. Banyak wanita yang beraktivitas dengan selalu rutin menggunakan alat kosmetik seperti make-up. Tanpa mempeduli kebersihan kulit, salah satunya dengan lupa membersihkan kulit di malam hari. Sehingga sisa-sisa make-up tadi dapat menyumbat pori-pori wajah dan mengambat proses peremajaan kulit.

Menggunakan Pakaian yang Ketat

Setiap -+ 40 menit, manusia kehilangan sekitar satu juta sel kulit mati. Nah, pada saat anda menggunakan pakaian yang super ketat, akibatnya sel kulit mati tersebut tidak akan terbuang sepenuhnya, melainkan akan menumpuk dan bercampur kembali dengan kotoran dan minyak yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Pola Makanan yang Kurang Tepat

Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat (seperti, gula, gorengan dsb.), selain dapat merusak tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi jika anda memakannya hanya sesekali saja, tidak berbahaya.

Merokok

Suatu penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok. Pra peneliti tersebut juga menemukan bahwa perokok yang berjerawat di masa remaja, empat kali lebih mungkin untuk terkena jerawat di usia dewasa dibandikan dengan yang tidak merokok. Jadi jika anda ingin terhindar dari jerawat, kurangi bahkan hentikanlah kebiasaan merokok.

Penggunaan Alat Make-up yang Kotor

Bagi kaum wanita pasti sudah tahu bahwa dalam alat kosmetik kita pasti mengenal yang namanya kuas, spon bedak dsb. Kita juga harus memperhatikan kebersihan alat-alat tersebut, jangan sampai kita menggunakan kuas make-up / spon bedak yang kotor karena bisa menyebabkan jerawat. Bukannya cantik, malah muncul jerawat.

Berjemur di bahwa Sinar Matahari dalam Waktu yang Cukup Lama

Berjemur dibawah sinar matahari atau yang biasa dikenal dengan istilah tanning, memang baik dilakukan karena memiliki sinal UV yang bersifat sebagai anti bakterial. Namun, jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama, juga bisa menyebabkan kulit mengalami kekeringan, akibatnya kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Selain dapat menyebabkan jerawat, tanning juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang dapat memicu terjadinya jerawat, kita akan dapat dengan mudah menemukan solusi untuk menghilangkan jerawat. Bagaimana caranya? ya tentu saja dengan menghindari semua hal yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

Baca: Cara hilangkan jerawat menggunakan bawang putih

Loading...

Artikel Menarik Lainnya