Jalan Pagi Secara Rutin Ternyata Dapat Melancarkan Persalinan Bagi Ibu Hamil

Jalan Pagi Secara Rutin Ternyata Dapat Melancarkan Persalinan Bagi Ibu Hamil


Tips Kesehatan - Usia kandungan yang memasuki trimester akhir membuat para ibu merasa khawatir dan was-was. Apalagi bagi ibu muda yang baru pertama kali merasakan kehamilan dan persalinan, rasa khawatir akan selalu muncul ketika proses persalinan sudah mulai dekat. Informasi mengenai kehamilan memang harus terus di Update agar ibu muda yang baru merasakan kehamilan mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar persalinan dapat berjalan dengan normal.

Pemahaman mengenai informasi persalinan sedikit tidaknya dapat mengurangi kecemasan calon ibu muda. Informasi secamam ini sebaiknya juga dipahami oleh suami agar dapat menenangkan kecemasan ibu muda yang hendak menghadapi persalinan. Selain anda mengetahui informasi menjelang persalinan, hal yang juga harus diketahui adalah cara mempersiapkan persalinan.

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan dalam menghadapi persalinan yang sudah dekat adalah menjaga ketenangan bathin, mengelola stress dan meminimalisir rasa takut dalam menghadapi persalinan yang semakin dekat.

Selain menjaga kondisi mental, kondisi fisik juga harus terus dijaga. Beberapa kegiatan kecil yang dapat bermanfaat dalam melancarkan proses persalinan adalah dengan berjalan kaki setiap pagi. Persalinan secara normal memang sangat diidamkan oleh seluruh wanita, jalan kaki secara rutin akan membantu anda mendapatkan persalinan secara normal

Jalan Pagi Secara Rutin Dapat Melancarkan Persalinan Bagi Ibu Hamil


Berikut adalah manfaat jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

Memperkuat Otot Menjelang Persalinan

Bagi anda yang melakukan jalan kaki setiap pagi dengan teratur apalagi di trimester ketiga akan membantu anda dalam mempersiapkan persalinan. Otot-otot yang dibutuhkan dalam membantu persalinan anda akan lebih kuat. Salah satu penelitian mengemukakan bahwa dengan gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil akan membantu menguatkan otot salah satunya otot panggul yang dapat mempermudah proses persalinan.

Membuat Ibu hamil lebih bugar

Jalan kaki pada pagi hari dengan teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering kali terjadi selama kehamilan. Menurut penelitian yang dilakukan di california, ibu hamil yang bugar akan lebih mudah dapat melakukan proses mengejan. Bahkan ibu hamil yang sering melakukan senam hamil atau yoga akan lebih mungkin mengalami proses persalinan yang lebih cepat dibandingkan dengan ibu hamil yang jarang berolahraga selama kehamilan.

Mengurangi resiko kehamilan bermasalah

Dengan melakukan gerakan yang teratur di pagi hari atau jalan kaki selama kehamilan anda, maka anda dapat mengurangi resiko mengalami kehamilan bermasalah. Beberapa diantaranya adalah resiko pre-eklamsia dan diabetes melitus.

Mengurangi stres fisik dan mental

Latihan fisik yang teratur pada ibu hamil akan memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu memberikan ketenangan secara mental. Selain melepaskan ketegangan mental, gerakan teratur akan membantu anda dalam mengurangi stres fisik dikarenakan jalan kaki pada pagi hari tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan berlebihan.

Menjaga Kenaikan Berat badan dengan Wajar

Membiasakan hidup sehat dengan melakukan latihan sehat seperti jalan kaki di pagi hari akan membantu anda dalam menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Hal ini berhubungan dengan jalan kaki yang merupakan latihan fisik dalam menjaga pembuluh jantung ibu hamil dikarenakan tidak terlalu membebani persendian dan lutut. Dengan cara seperti ini akan menjaga berat badan anda selama kehamilan.

Meningkatkan Kualitas tidur selama kehamilan

Keluhan yang sering kali dialami oleh ibu hamil adalah kesulitan tidur malam dengan baik. Dengan olahraga teratur seperti melakukan jalan kaki setiap pagi maka akan membantu anda dalam mengurangi masalah kesulitan tidur.

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicu Utama Penyebab Munculnya Jerawat

Kebiasaan Buruk Yang Menjadi Pemicu Utama Penyebab Munculnya Jerawat


Firdaus45 - Setiap remaja yang sedang mengalami masa puber, pasti akan selalu berhubungan dengan jerawat. Dengan berbagai cara menghilangkan jerawat agar tidak menghampiri wajah atau agar jerawat cepat hilang dari wajah.

Sebelumnya, apakah anda pernah bertanya tanya, kenapa jerawat bisa muncul meskipun orang tersebut selalu menjaga kebersihan? tidak semua orang mengetahui jawabannya. Permasalahan memang bukanlah masalah yang terlalu mengkhawatirkan, hanya saja bagi yang menginginkan penampilan tetap cantik dan tampan, maka jerawat merupakan musuh utama mereka.

Penyebab munculnya jerawat tidak dapat diketahui secara pasti. Selama ini hanya dugaan dan hipotesis saja yang menyatakan bahwa munculnya jerawat disebabkan karena ini dan itu. Akan tetapi, bagi yang menginginkan wajah bersih dan terhindar dari jerawat tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat diwajah. Beberapa kebiasaan buruk tersebut diantaranya:

cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat, cara menghilangkan jerawat secara alami, cara menghilangkan jerawat dengan cepat, cara menghilangkan jerawat di punggung

Penggunaan kosmetik

Penggunaan alat kosmetik yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada area kulit wajah. Jerawat bisa muncul akibat penggunaan perlengkapan make-up / kosmetik. Iritasi dapat terjadi saat menggunakan alat kosmetik karena didalamnya terkandung beberapa zat kimia yang memang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, bahan-bahan tersebut biasanya terkandung dalam produk kosmetik tabir surya atau sunscreen:

  • Lanolin, merupakan sebutan lain dari minyak yang baik untuk kulit, tapi tidak semua jenis kulit. Bahan tersebut tidak cocok untuk kulit berminyak, apalagi kulit yang sudah berjerawat, karena bisa memperparah jerawat di kulit anda. 
  • Petroleum adalah jenis minyak yang sebenarnya tidak perlu digunakan untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat.
  • Isopropyl Myristate yaitu suatu zat kimian yang dapat membuat kulit anda menjadi tidak berminyak, atau lebih tepatnya, mengurangi produksi minyak berlebih. Namun sayangnya, zat tersebut akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi pada kulit

Produk kosmetik yang mengandung parfum | Produk kosmetik yang mengandung parfum buatan biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga akan menyebabkan timbulnya komedo yang akhirnya menjadi jerawat.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci kulit wajah memang baik, namun jika terlalu sering dilakukan, juga dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal tersebut justru akan membuat produksi kelenjar minyak / sel sebum dalam kulit  mengalami peningkatan. Maka dari itu, anda cukup mencuci kulit wajah dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum anda tidur.

Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Tangan merupakan organ tubuh yang selalu bersentuhan dengan kuman. Ketika tangan anda menyentuh kulit muka, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman / bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, sebelum tangan anda menyentuh kulit wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda benar-benar bersih. Terlebih lagi jika di wajah anda sudah ada jerawatnya, jika anda menyentuh jerawat tersebut, besar kemungkinan jerawatnya akan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lainnya.

Mengalami Stres atau Tekanan Batin

Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

Malas membersihkan keringat

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat adalah karena anda malas membersihkan keringat, dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan sampai terbawa tidur. Sedangkan dalam keringat, terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi, saya sarankan, jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel dikulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari si jerawat.

Malas Keramas

Malas keramas bisa menyebabkan jerawat lho! terlebih lagi jika kulit kepala anda memiliki minyak berlebih. Minyak tersebut akan mengalir kewajah lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga munculah jerawat.

Kurang Tidur atau Sering Begadang

Bagi anda yang biasa tidur terlalu malam, sebaiknya perhatikan nih info penting buat anda. Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres. Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor penyebab jerawat adalah stres. Selain itu, tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya.

Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah. Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.

Malas Mengganti Perlengkapan Pakaian dan Perlengkapan Tidur

Pakaian, sarung bantal, spai, handuk, jika tidak dicuci / diganti secara rutin sebenarnya mengandung banyak bakteri dan sel kulit mati yang jika kita gunakan secara terus menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat.

Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan

Mengeringkan kurit secara berlebihan ternyata dapat membuat kulit anda mengalami iritasi. Sehingga kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah cukup banyak dengan tujuan untuk menstabilkan keadaan kulit kedalam keadaan normal.

Menggunakan Produk Rambut

Menggunakan produk seperti minyak rambut, juga dapat menyebabkan jerawat. Karena pada biasanya produk rambut yang anda gunakan mengandung minyak, silikon, dan plasticizer yang dapat menyumbat pori-pori saat rambut bersentuhan dengan kulit Anda. Namun, jika anda memilih potongan rambut berponi, sebaiknya anda tidak menggunakan produk rambut yang menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.

Lupa Membersihkan Kulit Wajah dimalam Hari

Orang-orang yang terkena jerawat biasanya adalah mereka yang sering bermalas-malasan untuk mencuci muka. Banyak wanita yang beraktivitas dengan selalu rutin menggunakan alat kosmetik seperti make-up. Tanpa mempeduli kebersihan kulit, salah satunya dengan lupa membersihkan kulit di malam hari. Sehingga sisa-sisa make-up tadi dapat menyumbat pori-pori wajah dan mengambat proses peremajaan kulit.

Menggunakan Pakaian yang Ketat

Setiap -+ 40 menit, manusia kehilangan sekitar satu juta sel kulit mati. Nah, pada saat anda menggunakan pakaian yang super ketat, akibatnya sel kulit mati tersebut tidak akan terbuang sepenuhnya, melainkan akan menumpuk dan bercampur kembali dengan kotoran dan minyak yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

Pola Makanan yang Kurang Tepat

Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat (seperti, gula, gorengan dsb.), selain dapat merusak tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi jika anda memakannya hanya sesekali saja, tidak berbahaya.

Merokok

Suatu penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok. Pra peneliti tersebut juga menemukan bahwa perokok yang berjerawat di masa remaja, empat kali lebih mungkin untuk terkena jerawat di usia dewasa dibandikan dengan yang tidak merokok. Jadi jika anda ingin terhindar dari jerawat, kurangi bahkan hentikanlah kebiasaan merokok.

Penggunaan Alat Make-up yang Kotor

Bagi kaum wanita pasti sudah tahu bahwa dalam alat kosmetik kita pasti mengenal yang namanya kuas, spon bedak dsb. Kita juga harus memperhatikan kebersihan alat-alat tersebut, jangan sampai kita menggunakan kuas make-up / spon bedak yang kotor karena bisa menyebabkan jerawat. Bukannya cantik, malah muncul jerawat.

Berjemur di bahwa Sinar Matahari dalam Waktu yang Cukup Lama

Berjemur dibawah sinar matahari atau yang biasa dikenal dengan istilah tanning, memang baik dilakukan karena memiliki sinal UV yang bersifat sebagai anti bakterial. Namun, jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama, juga bisa menyebabkan kulit mengalami kekeringan, akibatnya kulit akan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Selain dapat menyebabkan jerawat, tanning juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit.

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang dapat memicu terjadinya jerawat, kita akan dapat dengan mudah menemukan solusi untuk menghilangkan jerawat. Bagaimana caranya? ya tentu saja dengan menghindari semua hal yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat.

Baca: Cara hilangkan jerawat menggunakan bawang putih

Ternyata Inilah Faktor Penyebab Wanita Sulit Hamil

Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil

Tips Kesehatan - Memiliki momongan memang tidak semua dapat memprediksinya. Banyak pasangan suami istri yang terlihat baik-baik saja tapi ternyata mereka tidak kunjung diberikan momongan meskipun sudah 2 tahun menikah.

Perhatikan usia produktif
Usia mampu mempengaruhi frekuensi produksi dari ovulasi dan juga kualitas ovulasi pada wanita. Meskipun seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang bagus, akan tetapi tidak ada jaminan mereka memiliki momongan cepat jika pada kenyataannya kualitas ovulasi tidak begitu bagus.

Proses pembuahan seorang wanita ditentungan oleh banyaknya sel telur dan hormon pendukungnya. Dengan memperhatikan usia produktif, anda pun dapat mengetahui frekuensi kehamilan. Pada laki-laki, usia prduktif adalah 40 tahun sedangkan pada wanita adalah 35 tahun.


Masa subur wanita juga dapat mempengaruhi seseorang dalam hal memperoleh keturunan. Masa subur wanita itu bervariasi sehingga dibutuhkan perhitungan untuk mengetahui kapan seorang wanita berada pada masa suburnya. Pada umumnya, seorang wanita memiliki masa subur yang paling bagus diantara usia 19 hingga 26 tahun dengan kesempatan untuk hamil sekitar 50%. Bagi wanita dengan usia 35 sampai 39 tahun, maka kemungkinan kehamilan hanya sekitar 29%. Tentunya, kemungkinan kehamilan akan terus menurun seiring dengan meningkatnya usia. Sedangkan bagi pria dewasa berdasarkan studi yang dilakukan, kuantitas mani yang paling banyak adalah dari usia 30 sampai 35 tahun sedangkan terendah adalah di usia 55 tahun. Pada pria dewasa, daya sperma untuk membuahi sel telur yang terbaik adalah sebelum usia 25 tahun dan yang terendah adalah di usia lebih dari 55 tahun.

Masalah kesuburan pria
Salah satu penyebab susahnya mendapat keturunan adalah adanya masalah pada kesuburan pria. Berdasarkan penelitian, 1/3 penyebab tidak mendapat keturunan dikarenakan masalah infertilitas pria. Berbeda dengan kesuburan wanita yang biasanya ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur dan tampak jelas, pria memiliki masalah kesuburan yang sulit untuk dideteksi.

Ada juga masalah hormonal seperti misalnya pertumbuhan abnormal di area rambut kelamin, libido rendah atau indikasi lain yang menunjukkan disfungsi seksual. Resiko lainnya penyebab infertilitas pria adalah obesitas, usia lanjut yakni di atas 40 tahun, infeksi penyakit seksual menular, minuman keras, obat kimia dan juga rokok.

Ada banyak hal yang perlu diketahui dalam masalah kesuburan pria misalnya, saat cairan mani tidak terdapat sperma, jumlah sperma yang rendah (harusnya terdapat 40 juta sperma per ejakulasi), sperma berbentuk abnormal lebih banyak, daya berenang sperma untuk mendekati dan membuahi sel telur kurang, sperma yang tak bergerak dan juga masalah seksual lainnya.

Namun, dari berbagai penelitian, penyebab paling umum adalah varicoceles, yakni varises vena terletak dalam skrotum atau telur penis. Varises ini menunjukkan adanya pembuluh darah yang membengkak sehingga proses pembentukan sperma menjadi rendah karena kurangnya oksigen dan meningkatknya suhu di sekitar buah zakar.

Adanya gangguan kesehatan
Gangguan kesehatan yang muncul dapat menyebabkan kemandulan baik pria ataupun wanita seperti halnya penyakit diabetes atau tiroid. Bahkan, penyakit seksual juga dapat mempengaruhi kesuburan.

Riwayat kesehatan
Ada beberapa faktor yang membuat anda tidak juga hamil terutama dikarenakan adanya riwayat kesehatan. Seseorang dengan penyakit seksual seperti Gonore atau Chlamydia, infeksi rahim karena keguguran atau aborsi, usus buntu yang pecah, operasi di sekitar perut dan kehamilan di luar rahim merupakan riwayat kesehatan yang akan membuat resiko kehamilan lebih rendah.

Tuba falopi yang tersumbat
Saluran tuba falopi akan membuat sel telur mudah mencapai rahim. Jika kedua atau bahkan salah satu tuba falopi tersumbat, tentunya sel telur tidak mempunya jalan mencapai rahim sehingga sperma tidak mampu mencapai sel telur. Dengan demikian, pembuahan yang seharusnya terjadi menjadi gagal dan kehamilan pun tidak dapat terjadi.

Untuk mendiagnosis adanya tuba falopi yang tersumbat, biasanya dibutuhkan x-ray khusus yakni HSG atau hysterosalpingogram. Dokter akan menggunakan pewarna melalui leher rahim dengan tabung kecil. Kemudian, dokter akan mengambil hasil x-ray dari panggul pasien. Radang panggul atau pelvic inflammatory disesase merupakan penyebab umum dari tersumbatnya tuba falopi yang merupakan hasil dari penyakit transmisi seksual namun tidak semuanya menular.

Sindrom Ovarium Polikistik
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) yaitu suatu keadaan yang mengakibatkan kesuburan wanita terganggu. Hal tersebut disebabkan oleh adanya peningkatan produksi hormon androgen. Dimana keadaan ini biasanya ditandai oleh siklus datang bulan yang terganggu.

Endometriosis
Endometriosis merupakan suatu keadaan dimana sel-sel yang seharusnya berada di dalam rahim, tumbuh di luar rahim. Biasanya keadaan ini dapat mempengaruhi fungsi beberapa organ seperti telur, indung telur, saluran telur, rahim, fungsi sperma. Selain itu, endometriosis dapat menggangu keseburan wanita bahkan mengakibatkan kerusakan rahim.

Pengobatan Kanker
Bagi pengidap kanker, menjalani pengobatan seperti radioterapi (ataupun yang lainnya), adalah suatu pilihan yang sulit. Jika tidak melakukannya, maka ia akan terus digerogoti penyakit tersebut. Sedangkan jika tetap dilakukan, hal tersebut dapat dapat menganggu kesuburan. Untuk itu, sebelum menjalani terapi, ada baiknya ada menanyakan hal-hal terkait effek samping dari pengobatan tersebut. Beradasarkan suatu penelitian, proses radiasi pada pengobatan kanker dapat mengurangi kesuburan, baik itu pada pria maupun wanita. Walaupun tergantung pada organ mana yang disinari.

Adhesi pelvis
Adhesi pelvis didefinisikan sebagai jaringan parut yang terbentuk setelah operasi panggul, usus buntu yang dapat mengganggu kesuburan. Adhesi pelvis dapat mengubah struktur saluran tuba, sehingga sulit untuk telur wanita melakukan perjalanan melalui saluran tersebut.

Masalah tiroid
Hipertiroidisme merupakan suatu keadaan dimana kelenjar tiroid terlalu aktif. Sedangkan tiroid hipotiroidisme, adalah kondisi yang disebabkan oleh tiroid kurang aktif. Keduanya dapat menyebabkan masalah infertilitas (ketidaksuburan) pada wanita. Sehingga mereka tidak kunjung hamil.

Gaya Hidup dan Pola Makan yang Tidak Teratur
Gaya hidup seperti sering tidur terlalu larut malam, terbiasa mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merokok dan lain sebagainya, merupakan kebiasaan buruk yang harus segera Anda tinggalkan. Karena hal tersebut dapat menganggu kesehatan tubuh dan kesuburan Anda.

Jika Anda sudah melakukan usaha dengan maksimal, namun belum juga hamil, mungkin itu sudah takdir. Tapi bukan berarti Anda harus berhenti berusaha, justru harus banyak berdo'a, meminta kepada sang pencipta agar Anda diberikan momongan. Anda bisa mencoba mengadopsi Anak. Karena masih banyak anak-anak di luar sana yang membutuhkan kasih saya dari Anda.

Baca juga Tanda tanda hamil
Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Tips Kesehatan - Semua orang pasti tidak asing dengan istilah Kacang Merah. Kacang merah memiliki nilai gizi yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh (Manfaat Kacang Merah). Mengapa kacang merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Pada kacang merah ini terdapat kandungan asam folat, kalsium, karbohidrat dan memiliki jumlah protein yang tinggi. Dimana kesemua senyawa tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk digunakan sebagai berbagai macam keperluan, misalnya menjaga daya tahan tubuh, Menjaga kesehatan otak, membantu proses pertumbuhan, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi keperluan lain yang membutuhkan senyawa tersebut.

Kacang merah ini juga sangat baik sekali jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Mengkonsumsi kacang merah pada saat masa kehamilan akan sangat membantu sekali dalam menjaga pertumbuhan janin seperti halnya manfaat sayur bayam bagi ibu hamil. Seperti halnya jenis kacang-kacangan yang lain (kacang hijau, kacang kedelai, kacang polong, dan kacang panjang), kacang merah juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, seperti asam folat, kalsium, serat, karbohidrat kompleks, protein tinggi, dll. Adapun manfaat kacang merah bagi ibu hamil dan janin, sebagai berikut.



Memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol jahat
Kandungan serat dalam kacang merah bermanfaat mencegah kadar kolesterol jahat dalam darah dan memperlancar sistem pencernaan. Karena itu, kacang merah ini juga dapat mencegah konstipasi.

Mencegah risiko diabetes
Kandungan karbohidrat kompleks kacang merah berglikemik indeks rendah sehingga proses pencernaannya pun lamban. Bahkan, kacang merah mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menurunkan risiko timbulnya diabetes pada ibu hamil.

Mengurangi risiko penyakit jantung
Kandungan asam folat dan vitamin B6 dalam kacang merah bermanfaat membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, dan menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Menjaga berat badan tetap ideal
Kandungan seratnya sangat mendukung program diet Anda.

Mendukung perkembangan massa otot tubuh
Kandungan protein nabatinya bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh.

Menjaga fungsi sistem saraf
Kandungan thiamin bermanfaat menjaga fungsi sistem saraf dan mencegah penyakit beri-beri.

Menjaga kesehatan kulit
Selain dapat menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin B6 dalam kacang merah bermanfaat membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, sintesis dan fungsi hemoglobin.

Mencegah risiko anemia
Kandungan mineral, seperti zat besi, zinc, dan tembaga pada kacang merah bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah, enzim, dan tulang. Keluhan anemia pun bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang merah ini.

Menambah energi
Zat besi dalam kacang merah bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi pada ibu hamil.

Membantu perkembangan otak dan sel darah merah pada janin
Kandungan Omega 3 dan 6 dalam kacang merah ini bermanfaat membantu perkembangan otak janin. Bahkan, perkembangan sel darah merah pada bayi dapat ditunjang apabila ibu hamil rajin mengonsumsi kacang merah ini.
Cara merawat daerah kewanitaan agar tetap rapat

Cara merawat daerah kewanitaan agar tetap rapat

Cara merawat daerah kewanitaan agar tetap rapat

Tips Kesehatan Daerah kewanitaan merupakan salah satu organ yang bias dibilang asset berharga yang dimiliki seorang wanita. Tidak semua orang dapat memiliki organ paling pribadi tersebut, karena jika tidak, masalah tersendiri akan datang menghampiri wanita tersebut. Berganti-ganti pasangan memang tidak boleh dilakukan jika tidak menginginkan kanker servik datang menghampiri.

Merawat daerah kewanitaan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan seorang wanita untuk menjaga keharmonisan rumah tangganya. Daerah kewanitaan seseorang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran ini biasanya akan melebar saat perempuan baru saja melahirkan. Akibat robekan pada saat proses melahirkan membuat daerah kewanitaan bertambah lebar dari ukuran semula. Meskipun pada dasarnya ukuran daerah kewanitaan ini akan kembali normal dengan sendirinya secara alami, tetapi terkadang seorang wanita tidak memiliki kesabaran untuk menunggu daerah kewanitaannya kembali pulih, apalagi bagi seorang suami.

Berawal dari masalah daerah kewanitaan, kemungkinan yang dapat terjadi adalah adanya perselingkuhan seorang suami terhadap wanita lain untuk mencari kepuasan. Meskipun hal ini tidak dibenarkan secara agama, tetapi apalah daya, bila keinginan sudah memuncak terkadang seseorang nekat untuk melakukan apa saja yang diinginkannya.
Terlepas dari masalah tersebut, merupakan kewajiban seorang istri untuk selalu menjaga daerah kewanitaan yang dimilikinya agar tetap pada kondisi yang sehat.


Cara merawat daerah kewanitaan

Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat daerah kewanitaan diantaranya:

  • Lakukan pembersihan pada daerah kewanitaan secara menyeluruh setelah selesai menstruasi
  • Jangan mengunakan pengharum/parfum untuk daerah kewanitaan meskipun tujuannya agar daerah kewanitaan menjadi harum
  • Jika sedang menggunakan pembalut, sebaiknya tidak digunakan selama seharian tanpa menggantinya dengan yang baru
  • Tidak disarankan menggunakan bedak di area sekitar daerah kewanitaan meskipun tujuannya untuk menjaga kondisi daerah kewanitaan agar tidak terkena iritasi.
  • Hindari menggunakan pakaian ketat (celana dalam) 
  • Untuk menjaga pH daerah kewanitaan, gunakanlah sabun khusus yang direkomendasikan oleh dokter
  • Perbanyak konsumsi yogurt agar pH tetap terjaga
  • Hindari permainan menggunakan organ lidah, karena mulut merupakan sarang kuman 
  • Minumlah susu secara teratur


Cara Merawat Daerah Kewanitaan Agar tetap Rapat


Daerah kewanitaan merupakan hal yang amat penting bagi seorang wanita. Menjaga daerah kewanitaan agar tetap rapat memang diperlukan perawatan khusus. Merawat daerah kewanitaan dapat menggunakan obat herbal ataupun dapat dilakukan secara modern dengan operasi misalnya, tetapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena membutuhkan biaya yang banyak.

Merawat daerah kewanitaan bukan melulu untuk memenuhi kepuasan batin seorang suami, akan tetapi lebih pada kesehatan  daerah kewanitaan yang dimiliki seorang wanita. Daerah kewanitaan memang memiliki sifat yang terbuka, jadi berbagai macam penyakit mudah sekali masuk.

Gejala Gegar Otak yang Dialami Seseorang dan Penanganannya

Gejala Gegar Otak yang Dialami Seseorang dan Penanganannya

Tips Kesehatan - Terkadang tidak semua orang mengenal tanda-tanda gejala gegar otak. Hal ini akan membuat keadaan kurang baik karena proses penanganan untuk mengobati gegar otak terlambat. Agar tidak terlambat dalam melakukan pengobatan gegar otak. Sebaiknya mengenal terlebih dahulu apa itu gegar otak, penyebab gegar otak dan tanda-tanda gegar otak.

Gegar otak merupakan tipe cedera kepala teringan dibandingkan tipe cedera otak lainnya. Namun, jangan abaikan kondisi ini. Utamakan perhatian kepada kasus yang menimpa anak-anak karena mereka belum dapat mengomunikasikannya dengan baik.

Secara umum, pembagian Cedera otak berdasarkan pada tingkat keparahannya. Untuk kasus Gegar Otak, merupakan cedera otak yang masih tergolong pada cedera otak ringan. Gegar otak ditimbulkan akibat terjadinya benturan keras pada kepala yang membuat susunan otak sedikit terkena ganggunan. Gegar otak ini biasanya sering terjadi pada pasien kecelakaan lalulintas atau benturan saat sedang berolah raga.


Posisi otak mengambang dalam cairan di tengkorak kepala. Ketika kepala menghantam benda dengan keras, otak dapat bergeser dan membentur tulang tengkorak kepala. Hal ini dapat membuat kerja otak berubah untuk beberapa saat. Kondisi semacam inilah yang dinamakan gegar otak.

Seseorang dapat kehilangan kesadaran jika otak bergeser secara signifikan atau bergoncang, disebut dengan jaring. Seberapa parah gegar otak, salah satunya dapat ditandai dari seberapa lama seseorang mengalami pingsan setelah membentur benda dengan keras. Namun, tidak semua orang akan kehilangan kesadaran begitu mengalami gegar otak. Ada juga yang mengeluh pandangannya menjadi kabur, seperti hitam semua, putih semua, atau berkunang-kunang.

Perlu diperhatikan bahwa setiap orang juga bisa mengalami gegar otak, tetapi tidak menyadarinya. Jadi jika Anda mengalami benturan keras di kepala, disarankan untuk memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit.

Gejala Gegar Otak

Gejala gegar otak bisa berlangsung lama maupun hanya beberapa detik saja. Ada juga seseorang yang tidak langsung mengalami gejala gegar otak. Perhatikan beberapa gejala gegar otak berikut.


  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah.
  • Merasa kebingungan.
  • Penglihatan kabur.
  • Sensitif terhadap cahaya atau suara.
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi.
  • Kehilangan ingatan tentang peristiwa sebelum benturan maupun ingatan tepat setelah terjadi gegar otak.
  • Mengalami masalah keseimbangan tubuh.
  • Telinga berdenging.
  • Tiba-tiba cara bicara menjadi cadel.
  • Perubahan perilaku.


Jenis-jenis Gegar Otak

Gegar otak dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu tingkat ringan, sedang, dan berat. Selain dilihat dari faktor kehilangan kesadaran, keparahan gegar otak juga dapat dilihat dari bagaimana seseorang kehilangan keseimbangan, serta kehilangan ingatan atau amnesia. Berikut gambaran tentang jenis-jenis gegar otak.

Gegar otak ringan. Gejala berlangsung kurang dari lima belas menit. Penderita tidak mengalami kehilangan kesadaran.

Gegar otak sedang. Gejala dapat bertahan lebih dari lima belas menit. Penderita juga tidak mengalami kehilangan kesadaran.

Gegar otak berat. Seseorang yang pingsan, bahkan hanya untuk beberapa detik, dapat dikategorikan mengalami gegar otak berat.

Gejala Gegar Otak yang Dapat Diamati

Segera cari bantuan medis jika anda mengetahui seseorang mengalami kondisi gejala gegar otak seperti:


  • Demam.
  • Keluar cairan atau darah dari hidung atau telinga.
  • Kejang.
  • Tidak bisa menggerakkan bola mata.
  • Mengalami kelemahan otot, baik pada kedua sisi tubuh maupun salah satu sisi.
  • Ukuran pupil mata tidak sama antara mata yang satu dengan mata yang lainnya.
  • Muntah yang terus berulang.
  • Kesulitan untuk berjalan atau mengalami masalah keseimbangan.
  • Kebingungan yang tidak kunjung hilang.
  • Kehilangan kesadaran untuk waktu yang lama atau bahkan koma.

Hal-hal tersebut bisa jadi tanda bahwa seseorang mengalami cedera otak yang lebih serius daripada gegar otak.

Bila diduga mengalami gegar otak, dokter akan memeriksa fungsi koordinasi dan refleks tubuh. Untuk mencari apakah terjadi cedera otak yang serius, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan Computerized Tomography atau CT scan pada kepala, pencitraan resonansi magnetik atau MRI pada otak, maupun pemeriksaan dengan Elektroensefalografi (EEG) untuk melihat aktivitas listrik pada otak jika pasien mengalami kejang yang berkelanjutan.

Pada kasus gegar otak ringan hingga sedang, dokter mungkin akan meresepkan obat penghilang nyeri yang tidak mengandung aspirin (seperti parasetamol). Dalam kurun waktu tiga hari, gejala pasien diobservasi apakah terjadi perburukan. Bila hal tersebut terjadi, pasien perlu segera kembali lagi ke dokter. Sementara itu, pada kasus gegar otak berat mungkin diperlukan perawatan yang lebih intensif di rumah sakit.

Pertolongan Pertama

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan jika Anda melihat ada orang yang gegar otak atau Anda sendiri yang mengalami cedera kepala.


  • Jika kepala Anda terbentur dengan keras, segera hentikan aktivitas dan duduklah dengan tenang. Hindari mengulangi aktivitas yang menyebabkan gegar otak di hari yang sama. Hal ini karena otak membutuhkan waktu untuk pulih. Gegar otak kedua dapat terjadi bila setelah gegar otak pertama Anda tetap melakukan aktivitas. Bila hal itu terjadi, gejala gegar otak dapat berlanjut untuk waktu yang lama.
  • Jika gegar otak terjadi pada anak, diperlukan pengawasan orang dewasa untuk melihat apakah ada perubahan perilaku. Pengawasan dilakukan minimal pada hari pertama karena anak mungkin sulit mengungkapkan apa yang dialaminya.
  • Jangan memberikan obat tanpa resep dokter, terutama yang mengandung aspirin karena dapat memicu perdarahan.
  • Segera periksakan kondisi Anda ke klinik atau rumah sakit.
  • Baik anak-anak maupun orang dewasa, sebaiknya ikuti petunjuk dokter mengenai kapan sebaiknya kembali melakukan aktivitas fisik. Anak-anak yang tidak pulih dari gegar otak secara sempurna dapat mengalami sakit kepala selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Dengan mengikuti cara pemulihan yang benar, seseorang yang pernah mengalami gegar otak dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.


Selalu ingat untuk melindungi kepala, baik menggunakan helm ketika bersepeda atau naik motor, dan gunakan sabuk pengaman ketika berpergian dengan mobil. Jika Anda terjatuh, sedapat mungkin lindungi kepala dengan tangan atau dengan posisi yang tidak membahayakan kepala.

Sumber: Alodokter