9/29/2015

Faktor-faktor yang Menyebabkan Jantung Lemah

Faktor-faktor yang Menyebabkan Jantung Lemah

Tips Kesehatan - Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya dan mengetahui faktor penyebab jantung lemah. Jantung memiliki peran memompa darah keseluruh tubuh. Setiap hari jantung harus terus bekerja tiada henti, oleh karenanya dibutuhkan perhatian khusus dalam merawat jantung agar tidak terjadi kerusakan. Seperti halnya sebuah kendaraan yang membutuhkan oli dan secara rutin mengganti agar kondisi kendaraan tetap prima.

Beberapa masalah kesehatan muncul jika terdapat ganguan yang terjadi pada jantung. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada jantung banyak sekali macamnya. Salah satu diantara gangguan jantung yang akan diulas kali ini adalah lemah jantung. Ulasan mengenai lemah jantung mungkin sudah banyak sekali akan tetapi kami tetap mencoba membagikan beberapa tips dalam menyehatakan jantung yang lemah.


Apa itu Jantung Lemah?

Ada beberapa pendapat yang mendifinisikan mengenai jantung lemah / lemah jantung. Secara umum, lemah jantung didefinisikan penurunan kinerja jantung dalam menjalankan fungsinya secara maksimal. Seseorang bisa dikatakan memiliki jantung yang lemah jika denyut jantung tidak sesuai dengan jumlah denyut jantung pada orang normal secara umum.

Lemah jantung juga berkaitan dengan adanya penyumbatan pada saluran keluar masuknya darah. Saluran yang tersumbat membuat darah susah untuk mengalir keseluruh tubuh yang juga mengakibatkan organ-organ tubuh yang lain kekurangan oksigen.

Faktor yang Menyebabkan Lemah Jantung

Lemah jantung disebabkan oleh berbagai macam faktor, beberapa faktor yang dapat menyebabkan jantung lemah diantaranya adalah:

Faktor keturunan

Lemah jantung juga dapat terjadi karena faktor keturunan. Lemah jantung yang bersumber dari faktor keturunan tidak dapat lagi dicegah. Jika salah satu anggota keluarga seperti orang tua atau nenek kakek yang pernah mengalami penyakit lemah jantung ini, maka bisa jadi penyakit lemah jantung yang diderita adalah kerena faktor keturunan.

Kondisi Jantung yang tidak terjaga

Kemampuan jantung memompa darah kemudian mengedarkannya keseluruh tubuh melalui pembuluh darah juga bergantung pada kondisi jantung. Jantung yang prima, terjaga kesehatannya akan dengan mudah mengedarkan darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Jantung yang tidak dalam kondisi prima akan kesulitan dalam menjalankan tugasnya ini, sehingga mengakibatkan orang tersebut mudah lelah dan nafasnya cepat seperti orang yang baru saja berlari.

Kondisi jantung yang tidak selalu dalam kondisi prima sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja terlalu lama. Keadaan jantung yang tidak prima bisa disebabkan oleh berkurangnya oksigen yang disebabkan penyempitan pembuluh darah. Kekurangan oksigen ini bila berlangsung lama dapat mengakibatkan matinya jaringan pada otot jantung disebabkan otot jantung tidak mengalami degenerasi otot seperti otot-otot yang lainnya.

Hal ini membuat proses pemompaan darah yang dilakukan juga menurun. Degupan jantung juga dapat menyebabkan terjadinya jantung lemah. Jantung yang sering dirasakan berdebar-debar juga merupakan pertanda bahwa jantung dalam keadaan yang tidak prima sehingga menyebabkan terjadinya jantung lemah.

Keadaan darah

Keadaan darah juga sangat memberikan pengaruhnya kepada kualitas dari kerja jantung. Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau pun kurang darah, hal ini akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan.

Ada juga beberapa sumber yang menyebutkan bahwa, penyakit lemah jantung disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini :

  • Kerusakan fungsi jantung akibat darah tinggi atau serangan jantung.
  • Kelebihan tekanan pada jantung.
  • Terdapat penyekatan aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis.
  • Gangguan degupan jantung.
  • Penyakit lain yang dapat menyebabkan aliran darah melemah, misalnya anemia.

Ciri ciri Lemah Jantung

Loading...

Artikel Menarik Lainnya