7/23/2015

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan

Tips Agar Janin Sehat Dalam Kandungan


Tips Kesehatan - Perubahan fisik pada masa awal kehamilan atau pada masa trimester pertama adalah hal wajar terjadi pada setiap kehamilan. Pusing, mual, letih, dan keluhan lainnya hampir dirasakan oleh semua ibu hamil di masa awal kehamilan. Kondisi seperti ini terkadang memang akan membuat kondisi fisik menurun dan mudah sakit. Saat kondisi fisik tubuh menurun, dampak yang akan terjadi yaitu terganggunya kesehatan janin dalam kandungan akibat lemahnya kondisi tubuh sang Ibu. Akan tetapi, beberapa diantara mereka ada yang tidak merasakan perubahan yang berarti, atau memiliki kondisi tubuh yang sama seperti sebelum hamil. Saat kelelahan yang mendera ibu hamil semakin memburuk, maka resiko keguguran semakin meningkat. Oleh karena itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan fit di awal masa kehamilan (trimester pertama). (Baca: Cara agar janin kuat pada trimester pertama)

Pada minggu-minggu berikutnya, saat janin sudah mulai membesar dan sudah diberikan nyawa oleh Sang Pencipta gejala yang semakin ekstrim pasti dirasakan oleh ibu hamil. Tendangan janin pada perut pastilah pernah dirasakan dan rasanya cukup membuat ibu hamil menahan nafas sejenak. Kasih sayang yang begitu besar yang membuat seorang ibu mampu bertahan dari semua ketidaknyamanan pada masa kehamilan demi merawat janin agar tetap sehat dalam kandungan.



Semakin tua usia kehamilan maka semakin banyak yang harus dilakukan seorang ibu untuk merawat janin dalam kandungan agar tetap sehat sampai proses persalinan. Menjaga kesehatan janin dalam kandungan dapat dilakukan dengan beberapa cara yang mungkin bisa anda terapkan diantaranya:

Melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin

Menjaga agar janin selalu sehat di dalam kandungan memang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, saat awal kehamilan atau trimester pertama kehamilan, kondisi ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Langkah mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin pada masa kondisi janin yang masih rentan terhadap resiko keguguran. Dengan pemeriksaan yang rutin dilakukan, kondisi janin dalam kandungan akan selalu terpantau dan dapat mengetahui perkembangan janin setiap waktunya. Dengan pemantauan yang dilakukan secara rutin, kelaian-kelaian pada janin yang muncul akan secara cepat terdeteksi sehingga dapat dilakukan tindakan medis yang tepat.

Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi agiar janin sehat dalam kandungan

Saat anda beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak atau porsi yang ditambah akan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi janin, maka itu adalah anggapan yang keliru. Anggapan semacam ini sebenarnya tidak terlalu tepat, mengkonsumsi makanan dengan porsi yang terlalu banyak malah akan berdampak buruk bagi ibu hamil. Bukan jumlah porsi makan yang harus ditambah, melainkan kelengkapan gizi dan nutrisi yang harus ditambah agar semua kebutuhan pada organ-organ janin dalam kandungan terpenuhi dengan sempurna. Janin yang masih berada dalam kandungan merupakan waktu dimana janin sedang mengalami perkembangan pembentukan dan penyempurnaan organ-organ tubuhnya sampai siap lahir ke dunia.

Pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi dapat diperoleh dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Biasakan untuk selalu mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum dikonsumsi. Sebuah permasalahan terkadang sering muncul disini, tidak jarang seorang ibu hamil yang masih memilih-milih makan karena alasan tidak menyukainya. Pada saat sedang hamil, sebaiknya ego seorang ibu harus ditinggalkan dan lebih mengutamakan kesehatan janin sekalipun harus memakan jus pare yang rasanya pahit.

Selain pemenuhan gizi dan nutrisi, kebutuhan cairan dalam tubuh ibu hamil juga harus diperhatikan. Rasa lelah yang sering muncul bisa disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Menjaga kondisi kebugaran jasmani tubuh ibu hamil

Kebugaran jasmani tubuh ibu hamil pada masa kehamilan harus terus dipantau. Kondisi tubuh yang kurang sehat akan menghambat perkembangan janin dalam kandungan. Menjaga kondisi tubuh tetap bugar dapat dilakukan dengan banyak cara. Mengkonsumsi makanan yang penuh serat juga salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar.

Selain komsumsi makanan kaya akan serat, menjaga kebugaran jasmani pada masa kehamilan dapat dilakukan dengan berolahraga. Olahraga bagi ibu hamil tentu berbeda dengan olahraga seperti biasanya. Ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan pada saat olahraga bagi ibu hamil. Agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan janin dalam kandungan, sebaiknya menyewa instruktur senam ibu hamil.

Artikel Menarik Lainnya