7/30/2015

Makanan Ini Sangat Bagus Menjaga Kebugaran Jasmani Tubuh Anda

Daftar Makanan yang Bagus untuk Menjaga Kebugaran Jasmani Tubuh Anda

Tips Kesehatan - Menjaga kebugaran jasmani haruslah selalu diperhatikan. Tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi agar tetap sehat dan bugar. Kebugaran jasmani tidak melulu harus dengan olah raga. Kebugaran jasmani juga tidak selalu diperoleh dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Mengkonsumsi makanan sehat setiap hari juga akan berdampak buruk jika tidak diiringi dengan porsi olahraga yang cukup. Masalah obesitas, kolesterol, diabetes, dan lain sebainya bukan semata disebabkan karena makanan, akan tetapi karena porsi olahraga yang diberikan kurang.

Olahraga yang cukup berfungsi untuk membakar timbunan kalori di dalam tubuh yang jumlahnya berlebih. Kalori yang berlebih, jika tidak digunakan untuk beraktifitas maka akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Timbunan lemah inilah yang menjadikan seseorang mengalami masalah kesehatan.

Rutin berolahraga memang dianjurkan, akan tetapi olahraga secara teratur juga harus memperhatikan aspek makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, sehabis olahraga pasti energi terkuras dan membutuhkan waktu untuk me-recharge tenaga agar tidak merasa lemas berkepanjangan setelah.

Beberapa rekomendasi menu makan sehat bagi orang yang gemar berolahraga dan bagi yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap bugar seperti yang dilansir besthealthmag.ca diantaranya:

Bayam



Jika dalam serial kartun kita sering melihat bahwa Popeye gemar mengkonsumsi bayam, sebenarnya itu bukanlah khayalan belaka. Bayam memang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Bayam mengandung unsur nitrat anorganik yang berlimpah. Nitrat anorganik berfungsi untuk mensuplai okisgen dalam otot. Kecukupan oksigen akan membuat otot menjadi lebih kuat dan lentur.

Jus Semangka





Beruntung bagi anda yang gemar meminum jus semangka. Meminum jus semangka setelah berolahraga ternyata membantu mengurangi rasa nyeri pada otot setelah digunakan mengangkat beban-beban berat pada saat olahraga. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menembukan bahwa dalam buah semangka terdapat asam amino yang berfungsi membantu pemulihan denyut jantung dan nyeri otot pada saat olahraga.

Buah semangka juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat semangka untuk ibu hamil salah satunya adalah sebagai antioksidan alami karena di dalam buah semangka terdapat likopen yang memiliki fungsi seperti antioksidan.


Jus Ceri




Jus Ceri juga bermanfaat untuk menjaga otot dari kerusakan dan mengurangi rasa nyeri pada saat berolahraga. Jus ceri juga merupakan antioksidan yang jika diminum secara rutin akan membantu pemulihan otot setelah digunakan berolahraga.

Buah ceri memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah ceri untuk kesehatan adalah sebagai anti inflamasi alami. Jadi buah ceri ini sangat cocok dikonsumsi ketika tubuh sedang tidak fit.


Tomat





Tomat kaya akan lycopene - antioksidan alami yang melindungi kesehatan jantung dan membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Salah satu manfaat buah tomat juga dapat digunakan sebagai pencegahan sakit mata. Buah tomat dapat mencegah infeksi pada mata. Vitamin A yang banyak terdapat di dalam buah tomat tersebut mampu mencegah timbulnya berbagai macam gangguan mata yang berakibat pada penurunan daya penglihatan.

Artikel kesehatan lainnya . . .

Semoga bermanfaat untuk kebugaran tubuh anda, dan semoga anda tetap sehat

Artikel Menarik Lainnya