6/21/2015

Sebaiknya Pahami Bahan Dasar Kosmetik Seblum Salah Pilih

Sekilas mengerti tentang kosmetik


Tips Kesehatan - Mendengar istilah kosmetik tentu saja hal ini identik dan tidak jauh dengan kaum hawa. Tampil cantik merupakan dambaan bagi setiap wanita didunia ini, bahkan mendapat predikat wanita paling cantik terkadang menjadi sebuah impian bagi seorang wanita. Oleh karena itu wajar bila seorang wanita rela melakukan segala macam cara sebagai upaya agar dirinya terlihat cantik dimata banyak orang. Mulai dari berbagai macam perwatan dilakukan untuk memenuhi keinginannya tersebut.



Akan tetapi sangat disayangkan jika usaha untuk membuat dirinya terlihat cantik dan menawan bagi setiap orang harus dilakukan dengan cara yang berlebihan. Banyak dana yang harus dikeluarkan yang seharusnya digunakan untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat. Terlebih bagi seorang wanita yang sudah kecanduan dengan kosmetik pasti tidak akan ragu untuk menghabiskan semua uangnya demi kecantikan yang selalu diidam-idamkannya.

Tampil cantik dan menawan memang perlu dan mungkin akan sangat perlu jika anda sudah menikah. Bukan tampil cantik untuk orang lain, tetapi tampil cantik khusus untuk suami agar suami betah dirumah dan selalu lengket.  Kecantikan alami adalah kecantikan yang sebenarnya lebih disukai oleh semua pria. Cantik alami akan memiliki daya tarik tersendiri. Berusaha tampil cantik dengan berbagai macam kosmetik sebenarnya sah-sah saja, tidak ada yang melarang. Namun, ada baiknya jika dalam penggunaan  kosmetik tersebut dilakukan sewajarnya saja tidak usah yang berlebihan. Tidak sedikit wanita yang merasa menyesal telah menggunakan kosmetik secara berlebihan jika hasil yang diinginkannya menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri.
Komponen utama kosmetik

Pada dasarnya kosmetik dibuat untuk memperbaiki penampilan. Prinsip dasar kosmetik adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit dan berusaha mempertahankan komposisi cairan kulit serta melindungi kulit dari pancaran sinar uv dan juga bertujuan untuk memperlambat penuaann yang terjadi pada kulit. Semua komponen yang terkandung dalam kosmetik akan mengalami ikatan kimiawi terhadap bahan lain yang terdapat dalam kosmetik. Ikatan dalam sebuah produk tersebut dapat berupa ikatan ion (ikatan antara dua muatan yang berbeda) maupun ikatan kovalen (ikatan antara dua muatan yang sama). Mengapa hal ini penting untuk dipahami, karena beberapa bahan dasar pembuatan kosmetik yang merupakan elemen kimia terdiri dari dua unsure yaitu unsur logam dan non logam.

Ikatan kimia yang terkandung dalam kosmetik terkadang akan berpengaruh pada kondisi kulit. Oleh karena itu, disamping perlu memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, produk kosmetik juga harus tidak mengandung beberapa unsur seperti dibawah ini

  • Minyak mineral dan turunannya
  • Lanolin
  • Alcohol
  • Pewangi buatan
  • Pewarna buatan formaldehid
  • Bahan komedogenik
  • Bahan tambahan lainnya. 
Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa lebih mengerti bagaimana memilih kosmetik yang benar dan sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki


0 komentar

Post a Comment