6/25/2015

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Buah Pala (Myristica fragrans) merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditas perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Sampai saat ini buah pala masih banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai bumbu dapur.

Tumbuhan pala termasuk golongan tumbuhan berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Bentuk buah lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

manfaat buah pala untuk kesehatan, manfaat buah pala untuk bayi, manfaat buah pala untuk wajah, manfaat buah pala utk kesehatan, manfaat buah pala untuk kulit, manfaat buah pala untuk kecantikan, manfaat buah pala untuk ibu hamil, manfaat buah pala bagi kesehatan, manfaat buah pala bagi bayi, manfaat buah pala untuk jerawat, manfaat buah pala untuk anak, apa manfaat buah pala, manfaat kulit ari buah pala, apa manfaat dari buah pala, apa khasiat buah pala, apa kegunaan buah pala, manfaat buah pala buat ibu hamil, manfaat buah pala bagi ibu hamil, manfaat buah pala bagi wajah, manfaat buah pala bagi pria, manfaat buah pala bagi tubuh manusia, manfaat buah pala buat bayi, manfaat buah pala bagi kecantikan, manfaat buah pala bagi wanita, manfaat buah pala dan cengkeh, kegunaan buah pala dalam masakan, manfaat buah pala untuk diet, khasiat buah pala untuk diabetes, manfaat buah dan daun pala, manfaat daging buah pala, manfaat dari buah pala, manfaat daun buah pala, fungsi dan manfaat buah pala, kandungan dan manfaat buah pala, manfaat fuli buah pala, manfaat buah pala untuk orang hamil, manfaat manisan buah pala untuk ibu hamil, manfaat buah pala untuk insomnia, khasiat buah pala untuk ibu hamil, khasiat buah pala untuk insomnia, khasiat buah pala untuk ibu mengandung, manfaat buah pala untuk jantung, khasiat buah pala untuk jantung, khasiat buah pala untuk jerawat, manfaat jus buah pala, manfaat buah pala kering, manfaat buah pala untuk kejantanan, khasiat buah pala untuk kesehatan, manfaat buah pala untuk lambung kesehatan, khasiat buah pala untuk luka, manfaat buah pala muda, khasiat buah pala muda, manfaat buah pala untuk masakan, manfaat buah pala untuk muka, khasiat buah pala untuk memar, manfaat manisan buah pala, manfaat minyak buah pala, manfaat makan buah pala, manfaat buah pala, khasiat buah pala untuk rambut, khasiat buah pala segar, manfaat buah pala untuk susah tidur, khasiat buah pala untuk susah tidur, manfaat sirup buah pala, manfaat buah pala bagi tubuh, manfaat buah pala untuk tidur, manfaat tanaman buah pala, tips manfaat kulit buah pala, manfaat buah pala untuk pengobatan, khasiat buah pala untuk wajah, khasiat buah pala untuk wanita



Tumbuhan Pala dapat dipanen biji, salut bijinya (arillus), serta daging buahnya. Dalam perdagangan, salut biji pala disebut fuli, atau dalam bahasa Inggris disebut mace, sedangkan dalam istilah farmasi disebut myristicae arillus atau macis). Daging buah pala dinamakan myristicae fructus cortex. Untuk memanen tumbuhan pala ini memerlukan waktu yang lumayan lama, panen pertama memerlukan waktu kurang lebih 7 hingga9 tahun setelah pohonnya ditanam dan mencapai kemampuan produksi maksimal setelah 25 tahun. Pohon tumbuhan pala dapat mencapai ketinggian 20m  dan usianya bisa mencapai ratusan tahun.

Biji buah pala banyak mengandung minyak atsiri 8-14%. Bubuk pala banyak digunakan sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar (seperti eggnog). Minyaknya juga dapat digunakan sebagai campuran parfum atau sabun

Di setiap wilayah Indonesia pala memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda. Dalam istilah ilmiah pala termasuk dari Kerajaan:Plantae, Divisi: Magnoliophyta, Kelas: Magnoliopsida, Ordo: Magnoliales,  Famili: Myristicaceae,  Genus: Myristica, Spesies: M. fragrans

Kandungan dalam Buah Pala
Kandungan yang terdapat  dalam buah pala sadapat sangat  bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semenjak banyak orang  mengetahui buah pala bermanfaat untuk kesehatan, buah pala saat ini banyak diolah menjadi minuman kesehatan dan berbagai macam produk lainnya. Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada dalam buah pala :
    Senyawa kimia
    Energi ( 42 kkal )
    Lemak ( 0,2 gram ) 
    Protein ( 0,3 gram )
    Minyak atsiri 
    Karbohidrat ( 10,9 gram )
    Zat pati.
    Zat samak
    Scolopetin.
    Saponin.
    Enzim lipase
    Miristisin
    Limonene 
    Elemisi
    Zat besi ( 2 miligram )
    Pektin
    Gula pati
    Asam oleanolat
    Vitamin A ( 29 IU )
    Vitamin C ( 22 miligram )
    Kalsium ( 32 miligram )
    Vitamin B1 ( 1 miligram ) 

    Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh
    Dari  jumlah kandungannya yang berlimpah membuat buah pala memiliki bermacam-macam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh dari buah pala adalah sebagai berikut :

    Untuk Menghilangkan Insomnia
    Insomnia merupakan jenis  penyakit susah tidur atau  tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang.  Akibat dari tidur tidak berkualitas atau susah tidur berbagai macam penyakit bisa saja akan timbul. Senyawa kimia yang ada dalam buah pala dipercaya  mampu mengusir penyakit insomnia seseorang. Caranya penggunaan ramuan ini tidak rumit hanya dengan merebus buah pala secukupnya  kemudian  diminum sebelum tidur secara rutin.

    Untuk Mengobati Masuk Angin
    Masuk angin walaupun bukan termasuk jenis penyakit yang mematikan namun harus segera disembuhkan dengan cara yang alami dengan mengkonsumsi minuman dari ekstraks buah pala yang dipadukan dengan jahe. Kandungan minyak atsiri yang ada dalam buah pala dan jahe mampu menghangatkan badan dan menyembuhkan perut yang kembung karena masuk angin.

    Untuk Menambah Nafsu Makan
    Kandungan Enzim lipase yang terdapat dalam buah pala mampu berbperan untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan. Untuk seseorang yang memiliki nafsu makan berkurang tidak harus dengan mengkonsumsi bahan-bahan kimia yang beredar dipasaran. Cocok digunakan untuk anak kecil yang susah makan. 

    Untuk Menghilangkan Nyeri
    Sifat antiemetik pada buah pala juga mampu  menghilangkan rasa nyeri saat haid maupun nyeri saat rematik kambuh.

    Untuk Mencegah Mabuk / Muntah 
    Sifat antiemetik pada buah pala memiliki kemampuan untuk mencegah mabuk saat berkendaraan untuk bebpergian jauh. Seseorang saat bepergian jauh kadang-kadang ada yang mengalami mual-mual pada perut.  Hal ini kita tidak perlu kawatir saat hendak bepergian jauh, sebelum berangkat bepergian diusahakan memnium  air rebusan buah pala 20 menit sebelum naik kedaraan.

    Untuk Meredakan Asam Lambung
    Asam lambung merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu, asam lambung sering ditandai dengan adanya rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut.  Dari kandungan zat saponin yang terdapat dalam buah pala mamput untuk meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh. Caranya adalah sebagai berikut ini :
    Siapkan 100 ml air hangat , tambahkan  1 sendok teh pala yang telah dihaluskan ,2 sendok teh buah pisang batu, kemudian  aduk sampai rata dan minum selagi ramuan masih hangat.  Lakukan  secara teratur sehari satu kali
     
    Untuk Menjaga Kesehatan Mulut
    Mulut adalah mudah dijadikan sarang penyakit sehingga menyebabkan bau mulut dan berbagai macam penyakit gigi. Minyak atsiri yang ada dalam pala bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan meningkatkan kekebalan gusi maupun gigi dari berbagai macam penyakit. Air rebusan buah pala yang dicampur sedit garam dapat dijadikan sebagai obat kumur alami, untuk membunuh berbagai macam bakteri yang ada dalam mulut.

    Untuk Menyehatkan Otak
    Buah pala juga bermanfaat untuk menyehatkan otak. Kandungan miristin yang terdadat dalam buah pala bermanfaat untuk mengurangi dari degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif sel otak. Pada penderita penyakit alzheimer, parkinson dan pikun degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif dalam otak bisa dikurangi atau diperlambat dengan mengkonsumsi buah pala secara teratur.

    Untuk Mencegah Leukimia
    Penelitian menemukan fakta bahwa senyawa kimia berupa metanol yang ada dalam buah pala dapat mencegah timbulnya kanker darah atau leukimia. Fakta ini belum diketahui oleh banyak orang, sehingga bahan herbal dari buah pala untuk mengobati kanker darah belum terlalu dikenal masyarakat. Mengkonsumsi ekstrak buah pala dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

    Untuk Menyehatkan Tulang Sehat
    Kandungan  kalsium yang terdaoat di dalam buah pala dapat membuat tulang menjadi sehat. Selain menciptakan tulang yang sehat, kalsium pada buah pala mampu memperbaiki sel syaraf tulang dan menjaga pertumbuhan tulang dari pengeroposan.

    Menormalkan Tekanan Darah
    Kandungan mineral dan kalium yang teradap padabuah pala berperan untuk mengatur tekanan darah. Mineral dan kalium pada buah pala bisa meregangkan pembuluh darah, pembuluh darah yang renggang dapat melancarkan sistem peredaran darah . Tidak hanya itu saja penderita penyakit kardiovaskular pun bisa diminimalisir.

    Untuk Mengobati Diabetes
    Fakta menemukan bahwa senyawa kimia macelignan dalam buah pala adalah zat anti diabetes, sehingga zat tersebut digunakan untuk bahan baku pembuatan obat anti diabetes. Senyawa kimia itu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh seseorang dan mencegah terjadinya  penyakit komplikasi akibat dari penyakit diabetes.