6/23/2015

Alasan Mengapa Minum Air Putih Dipagi Hari Itu Menyehatkan

Alasan Mengapa Minum Air Putih Dipagi Hari Itu Menyehatkan


Tips Kesehatan - Para pakar kesehatan menganjurkan kita untuk setidaknya meminul air putih sebanyak delapan gelas sehari. Mencukupkan delapan gelas dalam satu hari bukan berarti dalam sekali minum kita harus menghabiskan delapan gelas air putih, akan tetapi jumlah itu dapat dibagi dalam beberapa waktu misalnya pagi, siang, sore, atau malam hari.

Jika dilakukan dengan benar dan secara rutin, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karenanya, agar dapat memperoleh hasil maksimal dari mengkonsumsi air putih, mungkin anda perlu mencoba untuk selalu rutin meminum air putih diwaktu pagi hari.

Sekilas mengulas mengenai struktur pembentuk tubuh manusia. Sebanyak 70% tubuh manusia terdiri atas cairan. Sedikit saja cairan dalam tubuh berkurang maka akan berdampak bagi kesehatan. Dalam tubuh air memiliki banyak sekali manfaat beberapa diantaranya adalah fungsi yang sangat penting dalam menjaga saluran pencernaan serta menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Pernah anda sadari bahwa meskipun anda tidak memakan apapun yang penting anda minum itu sudah sedikit memulihkan energi anda? Oleh karenanya air putih sangat penting bagi tubuh dan juga bagus untuk semua organ tubuh manusia agar dapat berfungsi dengan normal.

Didalam tubuh manusia terdapat banyak sekali sel. Hampir dari seluruh sel tersebut mengandung air. Bahkan sel penyusun otak manusia mengandung sekitar 85% air. Pada otot manusia, komposisi air penyusun otot-otot tubuh sebanyak 75%. Pada tulang juga mengandung sekitar 25% air. Sedangkan darah terdiri dari 82% air.



Mengapa minum air putih dipagi hari itu menyehatkan?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada sebuah pertanyaan mendasar. Pernahkah anda merasa haus saat terbangun dimalam hari? saya rasa hampir semua orang merasakan haus pada saat bangun tidur entah itu tidur siang ataupun tidur malam. Pada saat seseorang sedang tertidur, maka pada saat itulah cairan tubuh banyak dikeluarkan. Tujuannya adalah untuk mendukung kinerja organ-organ tubuh agar tetap berfungsi pada saat orang tidak melakukan aktifitas apapun.

Manfaat apa yang akan kita peroleh dari minum air putih dipagi hari?

Beberapa manfaat yang mungkin akan kita peroleh apabila kita rutin meminum air putih diwaktu pagi hari setelah terbangun dari tidur diantaranya:

  • Menjaga kesehatan usus besar. Usus yang terjaga kesehatannya akan memudahkan menyerap nutrisi dari makanan. Karena pada dasarnya fungsi usus yang paling pokok adalah untuk menyerap nutrisi. Bisa dibayangkan jika usus kita bermasalah dan tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik. Besar kemungkinan orang tersebut akan terkena sembelit atau susah buang air besar.
  • Rutin meminum air putih dipagi hari dapat mempercepat pembentukan sel darah dan juga sel kulit yang dapat kita gunakan sebagai anti aging alami. Mencukupi asupan air putih dalam tubuh juga dapat membuat kulit seseorang tampak halus dan cerah alami.
  • Menjaga kesehatan getah bening anda. Getah bening dalam tubuh memiliki fungsi dalam melawan infeksi. 
  • Menjaga berat badan, direkomendasikan mengkonsumsi air dingin agar metabolisme tubuh meningkat.
  • Membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti sakit tenggorokan, muntah, diare, sakit mata, ginjal, kencing manis dan sakit kepala.


Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal Minum Air Di Pagi Hari
Minum 1 liter (4-5 gelas) langsung setelah bangun tidur.
Jangan makan apapun setelahnya selama 30 - 45 menit.

Dalam waktu 45 menit, anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menggosok gigi atau mandi pagi. Bisa juga berolahraga ringan semisal melakukan peregangan otot-otot tubuh.

Bagi sebagian orang, langsung minum 4 gelas air di pagi hari bukan hal yang mudah. Anda bisa berlatih mulai dari 1 gelas per hari, 2 gelas sampai 4 gelas atau lebih di setiap pagi. Atau bisa juga memberi jeda waktu untuk dua gelas pertama dan dua gelas berikutnya.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya