5/04/2015

Tips Mengatasi Selangkangan yang Gatal

Tips Mengatasi Selangkangan yang Gatal


Tips Kesehatan - Penyebab utama sering munculnya rasa gatal pada selangkangan adalah karena banyaknya kuman dan jamur yang terdapat di area tersebut. Selangkangan merupakan area yang paling disukai karena area tersebut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki kondisi kelembaban tinggi. Tidak hanya pada selangkangan saja, semua area lipatan jika tidak dibersihkan dengan baik maka ada kemungkinan jamur akan tumbuh subur.


Penyebab Gatal Pada Selangkangan

Gatal pada selangkangan sebenarnya banyak sekali penyebabnya, selain karena adanya jamur dan kuman, beberapa makanan yang kita konsumsi juga memiliki kemungkinan menjadi penyebab munculnya rasa gatal pada selangkangan. Beberapa makanan yang dapat memicu rasa gatal misalnya dari ikan tongkol, telur, udang, ikan asin dan sebagainya.

Masih banyak lagi faktor yang menyebabkan selangkangan menjagi gatal-gatal, akan tetapi, rasa gatal pada selangkangan paling umum disebabkan oleh kondisi lembab sehingga membuat jamur dapat tumbuh subur di daerah tersebut.



Cara Mencegah Gatal Pada Selangkangan

Mencegah merupakan obat yang paling mujarab dari semua obat, akan tetapi, jika orang tidak memiliki pemahaman mengenai apa yang di cegah, ada kecenderungan mereka tidak memikirkan kondisinya.

Kondisi tubuh yang selalu bersih merupakan salah satu sederhana menghindari munculnya jamur pada selangkangan.

Jika kulit anda terlalu sensitif dengan kuman, maka jangan pernah mandi menggunakan air yang kotor. Jika anda anak kos, sebaiknya rajin-rajinlah untuk menguras bak mandi dan sebaiknya menggunakan anti septik yang dituangkan ke dalam bak mandi.

Jika anda memiliki kondisi tubuh yang mudah sekali berkeringat, usahakan untuk selalu memilih dan mengenakan pakai dengan bahan katun (Pilih pakaian yang mampu menyerap keringat) dan usahakan tidak mengenakan pakaian yang telah dipakai sebelum di cucui. Minimal sehari sekali mengganti pakaian.


Jika sudah teranjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tidak bisa disembuhkkan. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba:

Selain dengan obat berbahan kimia, cobalah memanfaatkan obat tradisional seperti asam gelugur dan asam kendis untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda.

Jangan menggunakan celana ketat atau sempit, karena hanya membuat kulit pada lipatan paha anda panas dan mengeluarkan banyak keringat.

Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda.

Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk memerangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan.

Pastikan selangkangan anda benar-benar kering sebelum menggunakan celana dalam.

Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.

Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab akibat keringat.

Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan paha dan daerah lipatan kulit lainnya.
Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.

Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.
Itulah beberapa cara mengatasi gatal di selangkangan bisa anda lakukan jika gatal-gatal sudah terlanjur menyerang, pastikan mencegah makanan tertentu yang sekiranya bisa menjadi menjadi penyebab timbulnya gatal-gatal terutama selama dalam proses pengobatan.

Artikel Menarik Lainnya