5/08/2015

Tips Melangsingkan Perut Pasca Melahirkan

Tips Kesehatan - Pasca melahirkan kondisi tubuh tidak akan sama seperti halnya kondisi tubuh sebleum melahirkan.  Perbedaan kondisi fisik yang paling menonjol adalah pada bagian perut. Setelah melahirkan, kondisi perut akan tetap buncit jika anda tidak berusaha untuk mengecilkannya.

Bentuk perut yang kendor dan buncit dapat anda langsingkan kembali seperti sedia kala dengan beberapa cara dibawah ini.



Tips Melangsingkan Perut Buncit Setelah Melahirkan

Sebenarnya perut buncit tidak hanya dialami oleh wanita yang baru melahirkan. Semua orang bisa mengalami perut buncit jika tidak menjaga kesehatan dan bentuk tubuhnya baik itu pria maupun wanita.

Beberapa tips dibawah ini mungkin dapat anda terapkan bagi yang belum melahirkan, dan mungkin hanya bisa diterapkan bagi wanita yang baru saja melahirkan.

Menyusui

Tidak banyak yang tau bahwa menyusui bayi dapat membuat perut langsing. Kegiatan menyusui bayi dapat mengurangi kalori dalam tubuh. Kurang lebih sebanyak 5000 kalori dibutuhkan bagi ibu menyusui setiap kali memberikan asi kepada bayinya.

Sering Makan Dengan Porsi Sedikit

Perbedaan makan banyak dan makan sering tapi sedikit adalah pada jumlah kalori yang diserap. Saat makan banyak, jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh mungkin berlebih. Pada saat kalori ditubuh masih tersisa, terkadang seseorang sudah mulai merasa lapar lagi pada saat itulah kalori dalam tubuh kembali ditambahkan sedangkan kalori yang sebelumnya belum terpakai. Keseringan makan dengan jumlah yang banyak akan mebuat seseorang mudah sekali merasakan lapar. Oleh karena itu, lebih baik makan sering dengan jumlah sedikit daripada makan banyak. Makan dengan porsi sedikit memang tidak merasa kenyang, akan tetapi jika terbiasa dengan hal semacam ini, akan membantu anda dalam mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Makan sering dalam jumlah sedikit dapat mencegah penumpukan lemak dan kalori. Dengan demikian dapat terkontrol dengan baik antara lemak dan kalori.

Utamakan Menu Makan Yang Rendah Lemak

Sudah barang tentu jika anda menginginkan tubuh yang langsing harus selalu mengupayakan agar setiap makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan lemak yang rendah. Anda anggapan bahwa jika mengurangi asupan lemak akan membatasi pemberian nutrisi pada bayi, sebenarnya anggapan bisa dibilang salah. Bayi yang masih dalam masa menyusui hanya memperhatikan kualitas ASI ibunya. Kualitas asi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, bukan hanya lemak saja, masih banyak nutrisi dan vitamin yang berasal dari buah yang lebih bagus bagi kesehatan bayi.

Minum air putih

Konsumsi air putih dalam jumlah banyak berfungsi membersihkan organ tubuh terutama saluran pencernaan dari berbagai penyakin dan racun. Proses hidrasi penting untuk tubuh karena membantu proses pencernaan jauh lebih baik. Dengan mengkonsumsi air putih dapat menahan lapar dan mencairkan konsentrasi dalam tubuh.

Olahraga

Lakukan olahraga secara teratur bisa mengencangkan otot-otot kendor menjadi kencang kembali. Olahraga memanglah menjadi kegiatan wajib bagi siapa saja. Olahraga teratur dapat membuat otot-otot kendor, karena otot yang kaku ada kemungkinan terdapat timbunan lemak di dalamnya.

Artikel Menarik Lainnya