5/07/2015

Tips Mecegah Kolesterol Dengan Menu Makanan Penurun Kolesterol

Tips Mecegah Kolesterol Dengan Menu Makanan Penurun Kolesterol


Tips Kesehatan - Kelebihan kolesterol memang tidak baik bagi ksehatan tubuh kita terutama dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit diabetes, asam urat, penyakit ginjal, pembengkakan kulit, sakit jantung dan lain sebagainya.

Tips mencegah kolesterol yang paling sederhana adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat. Konsumsi nutrisi yang tepat dapat berpeluang untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menumpuk didalam tubuh kita. Jika itu memang pola makan yang dapat memicu menumpuknya kolesterol tinggi, adakalanya untuk lebih aktif  menekan timbulnya kadar kolesterol tinggi dengan mengubah berbagai kebiasan pola makan yang tidak menyehatkan bagi anda.

Mungkin masih ada yang belum mengenalnya apa sebenarnya yang dimaksud kolesterol? Hal ini juga perlu kita ketahui yang dimaksud kolesterol tersebut. Kolesterol merupakan lemak yang terdapat dalam darah, untuk memenuhi kebutuhan sel-sel dalam tubuh. Kolesterol ini diperoleh dari jenis-jenis makanan yang kita makan setiap harinya ada juga kolsterol yang secara alami dihasilkan oleh tubuh sendiri.

Sebenarnya kolesterol itu ada yang baik untuk kebutuhan sel-sel tubuh kita, akan tetapi ada juga jenis kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang timbul. Dilihat dari jenisnya klesterol  terbagi menjadi dua macam diantaranya adalah HDL  (high-density lipoprotein) dan LDL (low-density lipoprotein).

HDL  (high-density lipoprotein) ini tergolong dari kolesterol baik yang mampu menekan timbulnya berbagai macam penyakit, Seangkan LDL (low-density lipoprotein) ini termasuk golongan kolesterol jahat, ia apat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti yang telah disebutkan diatas diantaranya adalah penyakit jantung, sakit stroke, kencing manis (Diabetes Melitus), asam urat dan lain sebagainya.



Risiko Yang Ditimbulkan Jika Mengidap Kolesterol Tinggi
Penumpukan kolesterol yang terapat didalam tubuh dapat mengakibatkan pengerasan pada pembuluh arteri  sehingga peredaran darah terganggu tidak mengalir dengan lancar hal ini terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh arteri. Mengatur pola makan merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan untuk menangkal danmenurunkan kolesterol yang tinggi.

Dari jenis-jenis makanan yang kita makan setiap harinya memiliki kemampuan dalam menekan kolesterol dalam tubuh sangat berbeda-beda. Ada jenis makanan yang mampu mengikat kolesterol yang masuk dalam sistem pencernaan dan berupaya masuk kedalam sirkulasi darah dengan jumlah kandungan seratnya, dan ada juga makanan yang banyak mengandung HDL lebih tinggi sehingga secara langsung yang mampu menurunkan tingkat LDL dalam sel-sel tubuh.

Jenis-jenis Makanan  Yang Harus Dibatasi
 Adakalanya kita perlu membatasi jenis-jenis makanan yang kita konsumsi untuk mengurangi dampak timbulnya penyakit kolesterol. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuhnya dapat memicu timbulnya penumpukan kolesterol dalam darah. Diantara contoh makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah sebagai berikut


  • Kulit ayam
  • Daging berlemak
  • Mentega
  • Kulit bebek
  • Makanan bersantan
  • Kue dan biskuit dan
  • Jenis goreng-gorengan lainnya

.
Membatasi  makan di luar dan makanan siap saji memang harus diperlukan, makanan tersebut kebanyakan mengandung kolesterol tinggi. Ada baiknya kita mengusahakan kebiasaan makan makanan hasil olahan sendiri agar kita lebih tahu dan dapat mengontrol datangngya sumber kolsterol tinggi.

Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Menghindari Kolesterol Tinggi
Beberapa makanan yang disarankan untuk mengendalikan tingkat kolesterol adalah jenis makanan yang banyak mengandung serat tinggi dan lemak tidak jenuh, contoh makanan yang berperan untuk menghindari kolesterol tinggi diantaranya sebagai berikut :

Minyak Nabati
Membiasakan diri menggunakan minyak nabati seperti minyak zaitun,minyak kanola, dan minyak dadri bunga matahari memiliki peran dalam mengurangi timbulnya kolesterol jahat.

Ikan
Setiap per minggu-nya mengkonsumsi ikan sekitar 2-3 porsi berpeluang dapat menurunkan kadar LDL. Cara ini berfungsi sebagai sumber lemak omega-3 dan pengganti daging untuk penekan sumber LDL.

Gandum
Berbagai jenis serelia dan gandum  dengan kondisi kulit ari yang masih utuh juga berpeluang untuk menekan timbulnya penumpukan kolesterol jahat. Dalam gandum terdapat serat tinggi hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita yang rawan kolesterol tinggi.

Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari secara teratur dapat meningkatkan sumber serat alami yang mampu mengikat LDL yang dalam tubuh sehingga jumlah kolesterol yang mnumpuk dalam tubuh dapat terkurangi. Dari kacang-kacangan  seperti walnut, kacang merah, dan almon. Serta mengonsumsi berbagai produk olahan dari kedelai, seperti susu kedelai, tahu dan tempe.

Buah-Buahan
Setiap hari monsumsi buah-buahan secara teratur seperti buah jeruk, apel, anggur, dan stroberi. Buah tersebut kaya akan jmlah kandungan pektin, pektin ini berperan sebagai serat larut yang menekan LDL yang menumpuk didalam tubuh serta buah avokad yang tinggi akan jumlah kandungan lemak tidak jenuhnya.

Terong
Sayuran terong ini sangat baik untuk kesehatan dan juga kita sangat mudah mendapatkannya terutama di daerah Sidolaju, Widodaren, Ngawi Provinsi Jawa Timur. Tersedia juga dipasar-pasar modern maupun pasar tradisional. Sayuran terong dikenal mengandung serat larut tinggi.

Selain dari jenis makanan yang telah disebutkan diatas, sterol dan stanol yang sudah ditambahkan pada makanan . Zat yang tersusunan oleh kedua molekul tersebut mampu menyerap kolesterol yang berupaya masuk dalam darah, sehingga dapat terkumpul bersama dalam saluran pencernaan untuk dikeluarkan bersama sisa makanan. Setiap harinya, sekitar 10 persen kolesterol LDL mampu ditekan oleh sekitar 2 gram tanaman sterol atau stanol. Sterol dan stanol dapat kita temukan pada berbagai jenis buah-buahan, biji-bijian,  kacang-kacangan, dan sayuran.

Sebelum terbiasa menjadi pelanggan obat penurun kolesterol atau statin, ada baiknya mencoba mengubah pola makan  tetap terjaga dan disiplin setiap mengkonsumsi berbagai jenis-jenis makanan dan biasakan diri berolahraga secara teratur untuk menjaga keseimbangan tubuh serta menjauhkan minuman keras dari pola hidup sehat.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya