5/04/2015

Meningkatkan Kualitas ASI Dengan Makanan Ibu Menyusui

Meningkatkan Kualitas ASI Dengan Menu Ibu Menyusui


Tips Kesehatan - Dari sekian banyak ibu yang baru melahirkan, ada beberapa ibu yang mungkin tidak dapat memberikan asi kepada bayinya. Hal ini disebabkan karena selepas melahirkan hingga beberapa hari setelah melahirkan ASI mereka tidak mau keluar. Penyebab ASI tidak mau keluar dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. ASI yang susah dikeluarkan memaksa seorang ibu baru harus memberikan susu formula kepada bayi yang baru dilahirkannya.



Ada beberapa Ibu menyusui yang tidak sukses melaksanakan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) karena sesaat setelah melahirkan hingga beberapa hari ASI mereka tidak mau keluar. Akhirnya dengan terpaksa memberikan susu formula untuk buah hatinya sementara menunggu proses ASI bisa keluar.

Pada umumnya, setiap ibu yang baru melahirkan buah hatinya pasti didahulu dengan asi tidak keluar (belum mau keluar), tetapi tetap berikan putting kepada buah hati Anda, ini akan membantu merangsang keluarnya ASI. Dan sebisa mungkin susu formula benar-benar dijauhkan untuk tidak diberikan selama proses menyusui setelah melahirkan. Selama ASI belum keluar, mintalah bantuan perawat dan bidan untuk membantu melakukan relaksasi untuk melancarkan asi selama masih di RS. Menu Ibu menyusui yang disuguhkan-pun mengandung sayur-sayuran dan daging yang bisa meningkatkan kualitas ASI.

Makanan untuk ibu menyusui

Apa saja sih makanan untuk ibu menyusui untuk membantu meningkatkan kualitas ASI? Tentunya makanan ibu menyusui ini haruslah mengandung unsur-unsur vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang bayi, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan bebas merkuri.

Berikut ini ide sajian makanan ibu menyusui yang sederhana dan mudah dibuat namun juga bisa dikonsumsi keluarga:

Makanan Ibu Menyusui sebagai makanan pembuka 

Kolak kacang hijau.

Kacang hijau mengandung Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, asam folat yang dapat mencukupi kebutuhan protein dan energi.

# Rendam kacang hijau selama beberapa jam sebelum mulai memasak (Anda bisa melakukan ini sebelum Anda pergi ke pasar atau melakukan pekerjaan lain sebelum memasak agar kacang hijau bisa cepat empuk saat dimasak)

# Masak air hingga mendidih, buang air rendaman kacang hijau dan tiriskan. Masukkan kacang hijau ke dalam air mendidih, tambahkan jahe sebesar jempol (tidak perlu digeprek). Tutup panci agar kacang hijau cepat empuk selama 45 menit.

# Masukkan santan cair dan tambahkan gula secukupnya.

Makanan ibu menyusui sebagai makanan utama: 

Tumis pare + daging ayam, Soup ikan salmon + daun merica

Tumis Pare + daging ayam + taosi

# Potong pare tipis sehingga membentuk bulatan, singkirkan isinya. Potong ayam fillet sekitar 3×1 cm

# Cuci taosi dan campurkan dengan bawang geprek. Tumis bumbu dengan sedikit minyak hingga berbau harum

# Masukkan irisan pare dan ayam, siram dengan sedikit air, tutup wajan sekitar 10 menit. Tambahkan garam. Aduk rata. Dan menu ibu menyusui siap dihidangkan.
Soup ikan salmon + daun merica

# Potong ikan salmon dengan ukuran sekitar 6cm. Bersihkan daun merica dan potong sekitar 3 cm. Siapkan jahe sebesar jempol jari

# Didihkan air. Masukkan jahe dan ikan salmon, tutup panci, biarkan selama 7 menit. Masukkan daun merica, tutup panci, diamkan selama 3 menit. Tambahkan garam secukupnya. Sup sehat untuk menu Ibu menyusui siap dihidangkan

Buah Pare merupakan sumber vitamin dan mineral, yang membantu meningkatkan kualitas ASI, sedangkan ikan salmon merupakan jenis ikan rendah merkuri dan kaya Omega 3. Bawang putih juga dipercaya dapat meningkatkan kualitas ASI.

Selanjutnya, menu penutup di halaman berikut ini:
Menu Ibu Menyusui sebagai makanan penutup: Labu Kukus

# Potong labu seukuran 6 cm. Kukus selama 45 menit hingga tercium bau harum. Labu kukus siap dihidangkan.

Labu siam mengandung vitamin B6, C, K, asam folat, kalium, magnesium, zinc, mangan juga mampu mencukupi kebutuhan asam folat ibu yang sedang menyusui.

Makanan Ibu Menyusui sebagai makanan pencuci mulut: 

Pisang dan buah jenis berry

Pisang mengandung asam folat untuk membantu pertumbuhan otak bayi. Buah-buahan jenis berry mengandung antioksidan dan serat tinggi.

Menu Ibu menyusui di atas, saya sarankan untuk tidak diberikan tambahan penyedap yang mengandung MSG, hanya menggunakan bahan-bahan dari alam. Semoga bermanfaat
Loading...

Artikel Menarik Lainnya