5/06/2015

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan  - Bagi orang jawa jaman dulu menggunakan temulawak sebagai bahan obat sudah menjadi hal biasa dilakukan. Temulawak sering digunakan oleh penduduk pribumi untuk diminumkan kepada anaknya agar anaknya kembali memiliki napsu makan. Temulawak ini merupakan tanaman asli Indonesia, dan pada umumnya tersebar di daerah jawa, maluku, kalimantan. Kekayaan rempah-rempah inilah yang membuat bangsa-bangsa asing tertarik untuk menjajah dan ingin menguasai Indonesia hingga sekarang. Pada umumnya yang digunakan sebagai bahan obat dari tanaman ini adalah bagian akarnya.



Temulawak ini memiliki banyak sekali manfaat dalam mengobati penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan konsumsi temulawak, diantaranya:

Manfaat Temulawak untuk Mengobati Penyakit Asma

Cara mengobati asma dengan temulawak sebagai bahan dasarnya cukup mudah sekali. Siapkan kurang lebih sekitar 1,5 rimpang temulawak dan 1 potong gula aren.

Cara membuatnya juga sangat mudah sekali, cukup dengan mengiris tipis 1,5 rimpang temulawak yang sudah disiapkan tadi selanjutnya keringkan. Irisan tadi boleh anda keringkan untuk penggunaan dalam waktu yang akan datang atau langsung anda rebus dengan takaran 5 gelas air tiap 1,5 rimpang temulawak. Dalam merebus temulawak boleh anda tambahkan dengan gula aren atau gula pasir dan sebaiknya direbus tanpa menggunakan gula jika ingin menambahkan gula saat rebusan sudah siap diminum saja.

Manfaat Temulawak untuk Mengobati Sakit Maag

Sakit maag bisa menyerang siapa saja, dan biasanya banyak diderita oleh orang Indonesia. Maag muncul saat perut seseorang dalam kondisi kosong pada saat lambung sedang melakukan kerja. Oleh karena tidak ada makanan yang akan dihancurkan maka asam lambung yang meningkat akan melumat apa saja yang ada di dalam lambung. Oleh karena itu mengapa sarapan pagi itu sangat penting karena diwaktu pagi, adalah waktu bagi lambung melakukan proses pencernaan makanan.

Mengobati maag dengan menggunakan temulawak caranya sama seperti yang diatas. Mengiris tipis temulawak yang sudah disiapkan kemudian merebusnya dengan menggunakan 5 gelas air hingga mendidik. Saring dan minum, disarankan untuk meminum ramuan temulawak ini 1 kali dalam sehari.

Masih banyak lagi sebenarnya manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh. Sekarang juga sudah banyak sekali obat-obatan yang menggunakan temulawak sebagai bahan dasarnya. Meski terkesan tidak praktis, akan tetapi temulawak sangat ampuh dan berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma dan maag yang sangat efektif. Temulawak bisa memberikan khasiat tersendiri.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya