5/13/2015

Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Nasi empog nama lain istilah dari nasi jagung. Nasi jagung merupakan salah satu jenis makanan utama pengganti nasi beras. Pada jaman dahulu jagung ini digunakan sebagai makanan utama untuk dijadikan sebagai nasi. Nasi jagung sangat  banyak dikenal masyarakat di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, Jawa Timur, Flores, Sumbawa, dan pulau Timor. Hal ini dikarenakan harga beras yang cukup mahal pada zaman dahulu, bagi kalangan menengah ke bawah yang kesulitan untuk membeli beras. Nasi jagung memilki rasa khas yang gurih. Saat makan nasi jagung seakan-akan perut tidak punya rasa kenyang.



Kandungan Nutrisi Dalam Nasi Jagung
 
Walaupun memiliki harga  yang relatif murah, tetapi nasi jagung banyak memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dengan nasi yang beras. Bahkan memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari beras. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam nasi jagung setiap per 100 gramnya :

Jumlah  Kandungan Gizi Nasi Jagung Setaip Per 100 Gram
Energi 150 Kcal
Lemak 0,6 g
Karbohidrat11,4 g
Fosfor 47 mg
Serat 0,4 g
Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg
Protein 6,8 g
Vitamin A 30 RE
Thiamin (Vit. B1) 0,07 mg
Niacin (Vit. B3) 60 mg
Vitamin C 3 mg
Zat Besi 0,3 mg
Kalsium 2 mg

Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
 
Nasi jagung memiiki banyak  manfaat yang diperlukan bagi kesehatan tubuh, karena nasi jagung memiliki jumlah  nutrisi yang cukup tinggi. Selain dari jumlah nutrisi tersebut diatas nasi jagung juga dikenal kaya akan jumlah zat phytochemical, yang memiliki peran untuk memberikan perlindungan tubuh dari beberapa penyakit kronis. Beberapa manfaat untuk kesehatan yang diperoleh dari nasi jagung adalah sebagai berikut:
   
Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
Dari kandungan serat yang terdapat dalam nasi jagung dapat berfungsi untuk memenuhi sekitar 18.4% dari jumlah yang disarankan perharinya. Mengenai hal ini, nasi jagung sangat banyak memiliki manfaat bagi tubuh trutama untuk membantu menurunkan berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir. Kandungan serat dalam nasi jagung sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, yang berperan membantu mengatasi masalah buang air besar, yaitu dengan cara memberikan rangsangan untuk gerak peristaltik dan bahkan dapat membantu memperlancar produksi asam lambung dan empedu.
 
Sebagai Sumber Penghasil Energi
Selain Nasi beras, Nasi jagung merupakan sejenis makanan pokok yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk sumber penghasil energi yang diperlukan dalam tubuh. Jagung merupakan sumber penghasil kalori. Jumlah kandungan kalori yang terdapat dalam nasi jagung berkisar 345 per 100 gramnya.

Untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Kardiovaskular
Nasi jagung memiliki kandungan lemak dan efek anti-aterogenik yang  dipercaya mampu membantu menurunkan resiko gangguan kardiovaskular, dengan cara mengurangi produksi kadar kolesterol yang berlebihan  dalam tubuh. Sehingga resiko kemungkinan munculnya gangguan tersumbatnya arteri, meningkatnya tekanan darah, serta  resiko terjadinya serangan jantung dan stroke dapat dikurangi.

Untuk Mengatasi Penyakit Diare
Manfaat kandungan serat yang diperoleh dalam nasi jagung dipercaya mampu mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan diare. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi nasi jagung setiap hari dengan teratur dan asalkan tidak berlebihan.
 
Untuk Mencegah Penyakit Kanker
Dengan mengkonsumsi nasi jagung secara teraur, resiko terjadinya kanker usus besar dapat dicegah dengan bantuan kandungan serat dalam nasi jagung. Didalam nasi jagung  terkandung asam fenolik,  senyawa tersebut yang menjadi sumber penyalur anti kanker. Senyawa fenolik  terbukti mampu mengurangi timbulnya bibit tumor dan kanker hati serta kanker payudara. Selain itu, jumlah kandungan anthocyanin yang terdapat dalam nasi jagung juga mampu mengikat radikal bebas yang berusaha masuk kedalam tubuh, yang menjadi pemicu utama penyebab timbulnya penyakit kanker.

Untuk Meningkatkan Antioksidan Tubuh
Bukan hanya sekedar makanan untuk mengganjal perut, didalam nasi jagung, juga terdapat kandungan zat beta-karoten atau Vitamin A. Vitamin A ini sangat dibutuhkan tubuh kita dalam menjaga keseimbangan kesehatan terutama  untuk menjaga kesehatan mata, kulit serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap masuknya radikal bebas. Sehingga tubuh tidak mudah terserang dari berbagai macam penyakit.
 
Untuk Mencegah Terjadinya Anemia
Dalam nasi jagung juga memiliki kandungan zat besi.  Zat tersebut berperan untuk membantu mencegah terjadinya anemia. Olehsebab itu, senyawa tersebut mampu membantu meningkatkan atau memperlancar produksi sel darah merah dalam tubuh kita.
 
Untuk Menjaga Kesehatan Fungsi Ginjal
Dalam nasi jagung banyak memiliki jumlah kandungan mineral  forfor, senyawa tersebut sangat berperan penting untuk menjaga kinerja fungsi organ ginjal agar tetap dalam keadaan normal. Ginjal merupakan organ terpenting untuk keseimbangan kesehatan tubuh. Jika kinerja ginjal berjalan dengan normal maka kesehatan tubuh pun meningkat.

Mampu Menjaga Kesehatan Tulang
Selain dari dalam susu, didalam nasi jagung juga  terdapat Kandungan fosfor, kalsium,  serta magnesium . zat tersebut memiliki peran dapat membantu menjaga kesehatan tulang. ia mampu mengatur mempercepat pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan tulang jangka panjang.
 
Untuk Membantu Proses Pertumbuhan Janin
Kandungan Asam folat juga banyak terdapat dalam nasi jagung,  Asam folat ini sangat berperan penting bagi pertumbuhan janin. Kekurangan asam folat  pada seorang perempuan yang sedang hamil  dapat berakibatkan kecacatan maupun penurunan berat badan pada bayi yang dilahirkan.
 
Melancarkan buang air kecil
Dengan adanya sifat diuretik yang terkandung dalam tumbuhan jagung dapat berperan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, serta mampu  mencegah terjadinya gangguan batu ginjal.

Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Dalam nasi jagung terdapat sejumlah kandungan senyawa karotenoid yang terdiri dari luthein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesimbangan mata. Senyawa tersebut berperan untuk mencegah timbulnya  katarak, maupun gangguan penglihatan yang lainnya.
 
Dari segi jumlah kandungan karbohidrat,  nasi jagung dengan nasi putih memang mmiliki suatu perbedaan yang ada di dalamnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana, sedangkan kandungan karbohidrat pada nasi jagung merupakan jenis karbohidrat secara kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lambat pula.
 
Hal itu dapat membuat rasa kenyang dalam perut akan bertahan lebih lama, sehingga menjadikan karakteristik makanan yang terbuat dari jagung sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan juga bermanfaat bagi orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan secara optimal.
 
Selain hal tersebut diatas, mengkonsumsi jenis makanan yang berasal dari bahan  jagung dapat membantu dalam pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Senyawa fitokimia yang terdapat dalam jagung dapat berperan untuk mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh.

Baca juga: Pencegahan hipertensi
 
Secara umum kebanyakan orang merasa malas untuk membuat  nasi jagung,  karena proses pembuatan nasi jagung tergolong agak sedikit rumit, ada banyak tahap-tahap yang harus dilalui. Walaupun demikian pada jaman  dahulu kala, hal tersebut adalah hal yang biasa dan tidak menyulitkan niat masyarakat untuk mengkonsumsi  bahan makanan pokok utama setelah beras sebagai alternatif yang lebih murah tetapi memiliki banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian manfaat dari nasi jagung semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa bagikan untuk teman – teman barangkali ada yang membutuhkan tambahan informasi dari kita.