5/18/2015

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Tumbuhan Mahkota dewa mungkin tidak banyak dikenal semua orang, karena dapat hidup di daerah-daerah tertentu. Namun mengenai manfaat, mahkota dewa harus dikenal oleh banyak orang, tumbuhan ini banyak memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita. Kelihatannya daun makota dewa agak sedikit langka. Banyak orang sering mendengar kata daun mahkota dewa, tetapi tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujudnya seperti apa dan bagaimana.
 
Daun mahkota dewa sejak pada jaman dahulu dipercaya sebagai bahan pengoatan berbagai macam penyakit. Bahkan sampai sekarang masih digunakan sebagai campuran bahan baku pembuatan jamu modern. Khasiat dari tumbuhan mahkota dewa benar-benar sangat ampuh, namun saat ini jarang masyarakat memanfaatkan tumbuhan ini seagai  bahan obat tradisional . Mulai saat ini masyarakat perlu dikenalkan dengan tumbuhan mahkota dewa dan berbagai macam khasiatnya yang didapat dari dalam tumbuhan ini. Dengan pengetahuan yang cukup, akan membuat masyarakat sadar untuk menanam tumbuhan ini dan mulai memanfaatkan tumbuhan yang kaya jumlah khasiatnya. Selain itu juga untuk membantu mewujudkan  penghijauan yang sering dicanangkan oleh pemerintah guna mengurangi terjaadinya global warming.
 
Ciri-Ciri Tumbuhan Mahkota Dewa
 
Bagi yang belum mengenali tumbuhan mahkota dewa, artikel ini sedikit memberi penjelasan mengenai ciri-ciri dari tumbuhan mahkota dewa. Jika suatau saat membutuhkan tumbuhan ini, setidaknya sudah ada daftar referensi. Pengetahuan dan wawasan sangat penting,untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan segar. Berikut ini ciri-ciri dari tanaman mahkota dewa yang harus diketahui dari segi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya:
Akar. Tumbuhan mahkota dewa memiliki bentuk akar tunjang.
 
Batang. Bentuk batang dari tumbuhan mahkota dewa adalah  bulat dan memiliki bentuk permukaan yang kasar. kulit batangnya berwarna coklat agak kehijauan, daging kayunya berwarna putih.

Daun. Tumbuhan mahkota dewa memiliki bentuk daun tunggal, berhadap-hadapan. Daunnya memiliki tangkai yang pendek, bentuk daun bagian ujung runcing dan lonjong. Bagian tepi daun rata, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau tua dan memiliki panjang mencapai 10 cm, lebarnya hingga 5 cm.

Bunga. Tumbuhan mahkota dewa memiliki bunga yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Letak bunga bisa tersebar di bagian batang atau di bagian ketiak di daun. Bunga tumbuhan mahkota dewa berbentuk tabung, berwarna putih, ukuran kecil berbau harum semerbak. Bentuk bunga sangat mirip dengan bunga cengkeh.

Buah. Buah mahkota dewa berbentuk agak bulat lonjong berdiameter hingga 5 cm. Saat masih muda kulit buahnya berwarna hijau, saat masak berwarna merah. Warna daging  buah adalah putih, memiliki serat dan banyak mengandung air.

Biji. Bentuk biji tumuhan ini adalah bulat agak sedikit lonjong, tekstur keras, diameternya mencapai 1 cm dan berwarna cokelat. Bagian dari tanaman mahkota dewa yang paling beracun ada pada bijinya. Warna bijji bagian dalam adalah putih sedangkan kulit biji bagian luar berwarna cokelat muda.



Zat Yang Terkandung Pada Tumbuhan Mahkota Dewa

Tumbuhan mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Zat yang terkandun dalam tumbuhan mahkota dewa diantaranya yaitu Zat alkaloid, Flavonoid, Polifenol, dan Antioksidan. Zat tersebut sangat diperlukan bagi tubuh kita  untuk menangkal datangnya berbagai macam jenis penyakit :
 

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Tubuh

Sampai saat ini, masih  banyak orang yang belum sepenuhnya memanfaatkan tanaman mahkota dewa sebagai tanaman obat. Hal itu dikarenakan masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari tumbuhan mahkota dewa bagi kesehatan. Tidak hanya itu saja, masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena kadar racun yang terdapat pada biji sangat tinggi.
Untuk memanfaatkan tumbuhan ini, harus  memiliki sedikit pengetahuan tentang cara penggunaannya agar tidak teracuni oleh tumbuhan mahkota dewa. Jika sudah mengetahui tata cara pengolahan tumbuhan ini untuk dijadikan sebagai obat tentunya tidak akan merasa was-was. Sebaiknya saat membuat ramuan obat tradisional dari tumbuhan ini bagian biji harus dibuang untuk menghindari kadar racun yang tersimpan didalamnya. Berikut ini berbagai macam manfaat yang didapat dari tumbuhan mahkota dewa :
 

Sebagai Bahan Detoksifikasi

Detoksifikasi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Detoksifkasi secara modern memang terilang mahal, tidak semua orang melakukan hal ini unutk menjaga kesehatan. Namun masih ada  cara tradisional dengan harga yang tidak mahal dan semua orang mampu menjalaninya hanya dengan memanfaatkan tumbuhan mahkota dewa. Perlu diketahui mengenai pengertian detok. Detok adalah proses pengeluaran racun yang mengendap didalam tubuh.  Racun yang tidak dikeluarkan dari dalam tubuh secara kelamaan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Kebanyakan racun mengendap didalam usus, oleh sebab itulah orang yang tidak pernah melakukan detoxsifikasi dapat  terkena berbagai macam penyakit usus. Yang paling menakutkan adalah terjadinya kanker usus.  Saat ini detok bisa dilakukan menggunakan bahan tradisonal, kandungan alkaloid dalam tumbuahan mahkota dewa mampu  mengeluarkan racun dalam tubuh. Cara Penggunaannya tidak terlihat rumit hanya dengan menyiapkan buahnya untuk direbus. Cara pembuatan sebagai berikut : Siapkan 4 buah mahkota dewa, cuci sampai  bersih.  Buah yang telah dibersihkan tersebut potong menjadi dua bagian  dan buang isinya . Rebus dengan 4 gelas air sisakan hingga 2 gelas.  Kemudian minum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.

Untuk Menangkal Bakteri
Tumuhan mahkota dewa memiliki kandungan alkaloid yang  bermanfaat untuk menangkal bakteri yang masuk di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terkena infeksi bakteri. Tidak hanya itu saja, berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri pun dapat diatasi dengan menggunakan ramuan dari tumbuhan mahkota dewa.
 
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat dari tumbuhan mahkota dewa adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem imun meningkat, tubuh pun tidak akan mudah terkena penyakit. Kandungan zat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah zat saponin yang ada di dalam tumbuhan mahkota dewa.

Sebagai Anti Virus
Kandungan alkaloid yang ada di dalam tumbuhan mahkota dewa dapat bermanfaat sebagai anti virus. Sifat anti virus yang ada di dalam tanaman mahkota dewa bisa berguna untuk menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh.
 
Menjaga Dan Meningkatkan Vitalitas
Salah satu manfaat tumbuhan mahkota dewa bagi pria adalah menjaga dan meningkatkan vitalitas. Kandungan saponin di dalam tumbuhan mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas bagi pria. Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa kering dan diminum satu jam sebelum berhubungan seksual dengan istri. Meminum air rebusan itu bisa bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas. Agar sang istri merasa puas dan memperert keharmonisan hubungan keluarga.
 
Melancarkan Peredaran Darah
Dan mahkota dewa juga bermanfaat  untuk memperlancar sistem  peredaran darah. Zat didalam tumbuahn mahkota dewa yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah adalah zat flavonoid. Jika peredaran darah lancar, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit terutama tekanan darah.

Menurunkan Kadar Gula Darah
mahkota dewa dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.  Yang berperan untuk menurunkan kadar gula darah adalah karena kandungan saponin . Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes yang memiliki jumlah kadar gula tinggi. Cara menurunkan kadar gula drah menggunakan ramuan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :  Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis buang bijinya. Rebus dengan 4 gelas air sisakan sampai hingga 2 gelas air. Diminum minum 2 kali sehari pagi dan sore. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal
 
Meningkatkan Sistem Metabolisme
Kesehatan sistem metabolisme merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Agar tubuh tetap fit diperlukan sistem metabolisme yang baik. Jika sistem metabolisme di dalam tubuh buruk, tubuh akan mengalami berbagai macam penyakit. Salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh buruknya metabolisme tubuh adalah penurunan kognitif tubuh. Zat flavonoid yang terdapat dalam mahkota dewa dipercaya mampu meningkatkan dan menjaga sistem metabolisme  tubuh.
 
Untuk Mengurangi Rasa Sakit
Terkadang badan tiba-tiba merasakan sakit atau pun pegal-pegal saat habis bekerja. Dengan mengkonsumsi ramuan mahkota dewa dipercaya akan menjadi rileks. Dalam mahkota dewa terdapat kandungan flavonoid yang berperan membantu meringankan rasa sakit yang diderita oleh tubuh.

Untuk  Mencegah Peradangan
Zat flavonoid di dalam mahkota dewa bermanfaat sebagai anti peradangan. Jika mengkonsumsi air rebusan mahkota dewa secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat inflamasi. Misalnya seperti radang tenggorokan, radang usus, dan lain sebagainya.
 
Untuk Mengusir Alergi
Terkadang saat memakan makanan yang belum pernah dimakan pada saat setelah makan tiba-tiba tubuh mengalami alergi. Hal ini pernah dialami oleh banak orang yang peka terhadap alergi. Dengan bantuan Zat polifenol yang ada dalam mahkota dewa mampu mengusir dan menghilangkan alergi. Yaitu dengan meminum air rebusan buah mahkota dewa tanpa biji.
 
Untuk Menurunkan Kolesterol
Tubuh manusia mudah terkena berbagai macam penyakit, misalnya saja darah tinggi, asam urat dan juga kolesterol tinggi. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah penyakit kolesterol tinggi. kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung mendadak dan berbagai macam penyakit komplikasi lainnya yang membahayakan bagi tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi bisa menggunakan mahkota dewa, zat flavonoid di dala mahkota dewa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Untuk Mengobati Tumor
Tumor adalah adanya sel tidak normal yang tumbuh tumbuh di dalam tubuh secara fisik berbentuk benjolan. Tumor stadium awal dapat dicegah dan diobati dengan menggunakan ramuan kulit mahkota dewa kering  yang direbus. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit mahkotra dewa, sama banyaknya dengan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis kering.
 
Untuk Mencegah Jantung Koroner
Jantung koroner merupakan termasuk jenis penyakit yang mematikan. Salah satu penyebabnya adalah aliran darah ke jantung yang tersumbat. Untuk mengobati penyakit jantung koroner, alternatifnya dengan membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Zat flavonoid pada mahkota dewa dapat melancarkan aliran darah di pembuluh darah. Jika aliran darah ke jantung lancar, kinerja jantung dapat ekerja  lebih optimal.
 
Untuk Menangkal Radikal Bebas
Radikal bebas yang masuk dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Tubuh setiap harinya rentan terkena radikal bebas, untuk menangkal radikal bebas dapat menggunakan ramuan mahkota dewa. Zat antioksidan yang ada dalam kulit buah mahkota dewa dapt digunakan sebagai penangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
 
Untuk Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker
Kandungan antioksidan yang terdapat  dalam kulit mahkota dewa kering dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya sel kanker. Selain untuk mencegah Kandungan antioksidan dalam mahkota dewa juga bermanfaat untuk mematikan penyebaran sel kanker. Sel kanker merupakan bentukan dari sel tumor ganas.
 
Untuk Mengobati Asam Urat
Penyakit akibat penumpukan asam  dalam tubuh memang sangat menyiksa bagi si penderita. Biasanya penyakit ini aktif menyiksa saat malam hari keadaan dingin dan ketika mau beranjak tidur. Tetap tenang,  Dengan bantuan Zat flavonoid yang terdapat pada mahkota dewa dikenal mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Untuk Mengobati Disentri
Penakit disentri merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Penyakit disentri dapat disembuhkan menggunakan mahkota dewa,  zat saponin yang ada pada mahkota dewa ini bersifat anti bakteri. Penggunaannya juga sangat gampang tidak pakai susah. Berikut ini  cara penggunaannya:
Siapkan 6 gram kulit buah mahkota dewa kering. Rebus dengan 5 gelas air bersih sampai mendidih selama kurang lebih 15-20 menit.  Minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk Mengobati Hepatitis
Penyakit hepatitis merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Untuk mengobati penyakit hepatitis, dapat menggunakan ramuan mahkota dewa. Zat saponin yang ada dalam mahkota dewa bermanfaat untuk mengobati penyakit hepatitis. Cara pengobatannya adalah sebagai berikut ini :  Siapkan 5 gram daging mahkota dewa,Daun dewa sebanyak 15 gram,  15 gram Daun pegagan,  10 gram Daun sambiloto kering ,  Campur semua bahan kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 5 gelas biarkan  sampai air tersisa 3 gelas. Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari. ulangi secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal sesuai keinginan.

Artikel tanaman herbal lainnya . . .
 
Demikian manfaat Tumbuhan mahkota dewa bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa bagikan untuk teman-teman barang kali ada yang membutuhkan informasi.

Artikel Menarik Lainnya