5/16/2015

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh

Tips Kesehatan - Daun Pegagan atau dengan istilah lainnya Antanan, maupun dan kaki kuda merupakan tumbuhan asli dari wilayah Asia Tenggara dan wilayah Australia.  Nama Latin dari Daun antanan yaitu Centella Asiatica. Daun antanan diberbagai negara banyak yang dimanfaatkan sebagai sayuran terutama di negara Indonesia. Selain untuk bahan sayuran, daun antanan  digunakan untuk bahan obat-obatan tradisional guna mengobati berbagai keluhan dan jenis penyakit yang menyerang kesehatan tubuh. Terutama untuk obat kulit seperti keloid, untuk memperbaiki kinerja sistem peredaran darah, serta mencegah terjadinya gangguan syaraf.
 
Daun pegagan atau antanan memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sejak jaman dahulu daun antanan ini banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat herbal. Dalam daun antanan banyak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, untuk membantu kinerja sistem sel-sel tubuh kita. Zat yang terkandung dalam daun antanan atau pegagan tersebut diantaranya meliputi Thankuniside, Asiaticoside, isothankuniside, brahmoside, madecassoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, centelloside, meso-inositol, carotenoids, vellarine, hydrocotylin, tanin, kalium, magnesium, natrium, besi dan kalsium.

 
 
Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh
Dilihat dari jumlah nutrisi yang terkandung dalam daun pegagan, sudah tentu memiliki banyak manfaat yang untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat  yang bisa diperoleh dari daun antanan bagi kesehatan tubuh:
 
Berguna untuk Mengobati Luka
Menurut sebuah study penelitian oleh beberapa ahli, kandungan yang terapat di dalam daun antanan dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka pada kulit. Hal ini telah terbukti dalam daun antanan terdapat zat glikosida yang disebut asiaticosida yang merupakan antilepra. Kegunaan zat ini sendiri dapat membantu mempercepat  proses pembentukan sel baru yang rusak karena luka dapat segera sembuh.
 
Untuk Membantu Meningkatkan Daya Ingat
Menurut hasil dari berbagai penelitian study laboratorium daun antanan memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat. Hal ini didapat dari kandungan didalamnya yang berperan sebagai sunber suplemen natural untuk mencegah terjadinya gangguan disfungsi kognitif dan bentuk kerusakan pada sel syaraf lainnya. Daun pegagan atau antanan kaya akan jumlah kandungan zat yang mampu meningkatkan daya ingat.
 
Untuk Mencegah Kerusakan Sel Otak
Daun pegagan atau yang dikenal Centella Asiatica memiliki kandungan yang luar biasa, mampu mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia atau radikal bebas yang masuk kedalam organ otak. Dengan mengkonsumsi daun pegagan secara teratur berpeluang besar kemungkinan timbulnya penyakit yangmenyerang otak tidak akan terjadi.

Untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker
Penyakit Kanker seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan diseluruh dunia. Bahkan sampai saat ini pun, penyakit yang satu ini belum ditemukan obatnya secara pasti. Namun engan cara pencagahan adalah satu-satunya jalan untuk menghindari penyakit kanker. Menurut hasil dari berbagai penelitian, Telah ditemukan bahwa di dalam daun antanan terdapat kandungan anti karsinogen, yang dapat berguna untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.Dengan mengkonsumsi daun antanan secara teratur berperan untuk  menurunkan kadar racun yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dengan memperbaharui sel-sel, dimana sel kanker sedang mulai tumbuh.
 
Untuk Mengurangi Stress Yang Berlebihan
Ada baiknya mengkonsumsi daun pegagan ini, terutama bagi yang sering menderita stress. Daun pgagan dkenal bmampu mengurangi bahkan menyembuhkan gejala stress yang sering muncul. Menurut hasil dari sebuah penelitian telah membuktikan bahwa di dalam daun antanan terdapat kandungan yang bisa mengurangi penyebab stress dan merilekskan kondisi pikiran sebagai dampak dari stress. Dengan ekstrak ari daun ini stress yang kronis dapat disembuhkan.
 
Untuk Menjaga Kesehatan Hati
Di dalam  daun pegagan banyak terdapat manfaat untuk kesehatan tubuh.  Ekstrak dari daun pegagan atau  yang dinamakan asiaticoside. Asiaticoside ini sangat berperan untuk melawan kerusakan hati yang disebabkan oleh zat-zat kimia atau zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Asiaticosida ini memiliki fungsi ganda dalam menjaga kesehatan yaitu untuk mengurangi terjadinya kerusakan pada sel serta mampu membantu memulihkan kembali fungsi kinerja hati.

Untuk Mencegah Penyakit Epilepsi
Daun antanan memang memilki banyak peran penting untuk kesehatan, salah satu diantaranya untuk kesehatan kulit dan juga  untuk kesehatan syaraf-syaraf yang ada di dalam tubuh. Selain itu, menurut hasil dari sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, zat yang terkandung di dalam daun antanan mampu membantu untuk mencegah timbulnya penyakit gangguang syaraf seperti epilepsi.


Untuk Membantu Mencegah Penuaan Dini
Tentunya penuaan dini adalah hal yang paling tidak diinginkan  oleh semua orang. Anda pasti menginginkan selalu awet muda dan sehat. Nah untuk memenuhi hal itu, dengan mengkonsumsi daun pegagan atau antanan adalah salah satu cara alternatif yang disarankan untuk menjaga keremajaan kulit. Kandungan yang terapat dalam daun antanan dapat  membantu mencegah kerusakan sel kulit serta memperbaiki  sel-sel kulit yang telah mengalami kerusakan. Maka dengan mengkonsumsi daun pegagan secara teratur kesehatannya kulit akan tetap terjaga .
 
Untuk Mencegah Radikal Bebas
Radikal bebas merupakan musuh jahat dari organ tubuh. Masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dapat merusak kinerja sel-sel dalam tubuh sehingga sangat membahayakan bagi kesehatan. Jika tidak segera dicegah lebih dini, zat radikal bebas akan membentuk sel abnormal sperti  kanker atau pun jenis penyakit berbahaya lainnya. Beberapa para ilmuwan penelitian menunjukan, daun antanan yang dikenal sebagai gotu kola di Negara India juga memiliki peran untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kencing
Daun pegagan dikenal  mampu mencegah terjadinya infeksi kandung kemih, atau istilah anyang-anyangan . Zat yang terdapat di dalam daun antanan akan mencegah masuknya kuman atau bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan terganggunya saluran kencing. Dengan mengkonsumsi daun pegagan secara teratur, terjadinya jenis penyakit seperti ini dapat dicegah maupun disembuhkan.
 
Untuk Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Sistem peredaran darah lancar maka badan akan menjadi sehat dan tidak mudah terserang berbaai macam penyakit. Kandungan zat yang terdapat dalam  daun pegagan/antanan dapat berfungsi sebagai suplemen untuk melancarkan sistem  peredaran darah di dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi daun pegagan setiap hari secara teratur dan tidak berlebihan, agar tubuh selalu terasa lebih sehat dan bugar.
 
Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi daun pegagan/antanan secara teratur, ternyata juga dapat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menjaga kestabilan sistem imunitas tubuh  sangat penting untuk menghindari serangan dari  berbagai macam virus ataupun kuman yang dapat menyebaban bebagai penyakit.

Untuk Menyembuhkan Gangguan Pada Pembuluh Darah
Diberbagai negara daun pegagan/antanan banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan yang terjadi pada pembuluh darah. Gangguan pembuluh darah atau istilah lainnya  varicose vein yaitu gejala timbulnya pembengkakan, dan rasa gatal ataupun rasa sakit pada organ tubuh bagian kaki. Dengan mengkonsumsi daun pegagan/antanan  selama minimal empat minggu dapat membantu mempercepat penyembuhan gangguan pada pembuluh darah tersebut.
 
Untuk Mengurangi Rasa Lelah
Adanya jadwal aktivitas yang sangat padat, terkadang sering membuat tubuh  merasa sangat lelah dan capek, keadaan seperti ini dapat menyebabkan kita terkena  gangguan stress ataupun depresi. Beberapa penelitian menemukan, jika mengkonsumsi daun pegagan/antanan secara teratur dapat membantu memulihkan kembali keadaan tubuh yang capek dan kelelahan menjadi rileks.
 
Untuk Meningkatkan Konsentrasi
Mengkonsumsi daun antanan secara teratur sangat berperan untuk menjaga kesehatan sistem syaraf dalam tubuh. Daun pegagan banyak memiliki manfaat dan khasiat yang sangat ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi otak kita. Untuk kalangan orang tua sangat bagus untuk mengkonsumsi daun pegagan ini guna mengurangi terjadinya kepikunan.

Efek Samping Dari Daun Pegagan/Antanan

Daun pegagan selain memiliki banyak manfaat juga memiliki efek negatif jika itu penggunaannya tidak tepat sasaran atau berlebihan tidak secara teratur. Mengkonsumsi apapun yang berlebihan  memang memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tuuh. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan mengenai penggunaan daun antanan ini adalah sebagai berikut:
Penggunaan daun antanan dengan cara dikonsumsi secara oral, kemungkinan bisa meningkatkan resiko kesehatan khususnya bagi wanita yang sedang hamil.
  • Penelitian yang dilakukan pada hewan untuk uji daun antanan menemukan jika hewan yang diberi daun antanan tersebut mengalami kesulitan untuk hamil.
  • Bagi wanita yang sedang menyusui juga sebaiknya tidak mengkonsumsi daun antanan ini, walaupun efeknya belum banyak diteliti tetapi banyak pakar berasumsi jika daun antanan bisa mengakibatkan efek yang kurang baik bagi wanita yang sedang dalam program menyusui maupun terhadap si bayi.
  • Hentikan konsumsi daun antanan jika setidaknya dua minggu sebelum anda menjalasi operasi.
  • Hindari penggunaan daun pegagan/antanan baik untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit apapun jika, memiliki riwayat  gangguan kesehatan seperti menderita penyakit diabetes.
  • Mengkonsumsi daun pegagan/antanan secara berlebihan dapat menyebabkan mual, muntah serta rasa ngantuk berlebihan bagi beberapa orang.

Demikian mengenai manfaat daun pegagan atau antanan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa  bagikan untuk teman-teman barangkali ada yang membutuhkan informasi dari kita.

Artikel Menarik Lainnya