5/25/2015

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Tips Kesehatan - Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) merupakan tumbuhan yang sangat luar biasa manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Daun pandan sangat mudah kita jumpai terutama di Indonesia, kemungkinan besar pembaca sudah mengenali jenis tumbuhan daun pandan.  Daun pandan termasuk tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.
 
Tumbuhan daun pandan mudah dijumpai di sekitar pekarangan atau tumbuh secara liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Bentuk Akar daun pandan besar, memiliki akar tunggang yang mampu menopang batangnya bila telah tumbuh cukup besar. Bentuk daunnya memanjang mirip dengan daun palem dan tersusun secara roset dan rapat, panjang daun ini dapat mencapai 50cm hingga 70 cm. 




 
Daun pandan ini merupakan jenis komponen yang cukup penting dalam tradisi boga Indonesia dan dibeberapa negara Asia Tenggara lainnya berkat aroma khas yang dihasilkannya banyak dimanfaatkan untuk pewangi makanan. Daun pandan secara umum digunakan untuk campuran dalam pembuatan kue atau masakan lain seperti minuman kolak serta bubur ketan hitam, bubur kacang hijau , dan bubur sumsum.
 
Untuk mendapatkan aroma harum yang khas ini terdapat pada daun yang masih cukup segar atau sudah agak kering sedikit. Selain sebagai pengharum pada beberapa jenis makanan, daun pandan  juga dapat digunakan sebagai sumber pewarna alami pada makanan,  hal ini untuk menghindari bahan kimia pada pewarna buatan. Saat ini banyak jenis pewarna buatan yang mengandung bahan kimia berbahaya yang banyak beredar dipasaran.
 
Salah satu alternatif untuk menjaga makanan sehat dan bersih adalah menggunakan bahan alami daun pandan ini. Secara jangka panjang pewarna makanan yang tidak alami dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti jenis penyakit yang berkaitan dengan saluran sistem pencernaan, syaraf dan lain sebagainya.

Manfaat Pandan Wangi Untuk Kesehatan
Daun pandan dikenal memiliki manfaat yang dahsyat untuk menin9katkan kesehatan organ tubuh kita. Kandungan yang terdapat pada daun pandan adalah   flavonoida, alkaloida, saponin, polifenol, tanin, dan zat warna. Sejak jaman dahulu daun pandan wangi dijadikan sebagai bahan baku oat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari daun pandan wangi.

Mengatasi gelisah
Seringkali terjadi pada seseorang dirundung masalah  sehingga merasa sangat gelisah. Biasanya terjadi saat malam hari sebelum tidur. Jika mengalami hal seperti itu, kita dapat mencegah dengan ramuan tradisional dengan daun pandan. Berikut cara membuatnya , Siapkan 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci sampai bersih dan iris kecil-kecil. Rebus dengan segelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan  2 -  3 kali sehari sampai merasa tenang.

Mengobati rematik
Rematik merupakan jenis penyakit yang sangat aktifitas sehari-hari,penyakit ini yang secara umum diderita oleh kalangan orang tua. Penyakit tersebut dapat diobati dengan bahan herbal menggunakan daun pandan wangi.

Caranya penggunaannya sangat simple tidak pakai ribet, siapkan 3 lembar daun pandan segar, cuci sampai bersih kemudian potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Hangatkan dengan setengah cangkir minyak kelapa sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

Mengobati lemah saraf
Syaraf merupakan organ terpenting bagi tubuh maka hal itu harus kita jaga baik-baik agar kinerja tetap optimal. Jika saraf-saraf tersebut sudah terlanjur mulai melemah kinerjanya maka kita dapat mencegah dan mengobati dengan obat ramuan herbal daun pandan.  Berikut  ini cara pembuatan dan
penggunaannya.  Siapkan 3 lembar daun pandanwangi, cuci sampai bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air samapi mendidih hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, sekali minum sebanyak satu gelas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal seperti yang diharapkan.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk pembaca yang menderita  tekanan darah tinggi  atau hipertensi, daun pandan wangi merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Caranya, siapkan daun pandan wangi yang masih segar secukupnya kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut sehari 2 kali  pagi dan sore.

Baca juga: Pencegahan hipertensi


Mengobati pegal linu
Sakit pegal linu biasanya sering dialami para pekerja keras. Namun, dengan ramuan pandan wangi, penyakit tersebut dapat diobati. Caranya pengobatannya adalah sebagai berikut, siapkan 5 lembar daun pandan segar dan  20 lembar daun serai. Cuci sampai  bersih kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

Mengatasi lemah syahwat
Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat pada pria. Ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Mibum ramuan tersebut dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur

Menambah nafsu makan
Ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

Selain digunakan sebagai obat kesehatan tubuh, daun pandan wangi juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Berikut ini beberapa contoh manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan rambut.

Menghitamkan rambut
Memiliki rambut yang sehat hitam berkilau  merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, terutama bagi kalangan wanita karena itu rambut merupakan sebuah mahkota wanita. Ramuannya adalah sebagai berikut  : Siapkan 7 lembar daun pandan, cuci sampai bersih dan potong-potong kecil. Rebus dengan 1 liter air, hingga mendidih dan airnya berubah warna hijau. Dinginkan air rebusan tadi selama 12 jam atau semalam. Kemudian keesokan harinya, tambahkan air perasan  dari 3 buah mengkudu yang sudah masak, aduk hingga merata. Gunakan air ramuan tersebut untuk keramas. Lakukan 3 kali dalam seminggu secara rutin, agar mendapatkan hasil maskimal

Mengatasi rambut rontok
Siapkan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang masih segar, 1 genggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati , dan 1 kuntum bunga mawar . Semua bahan dicuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci alimunium. Tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri . Rebus hingga mendidih lalu disaring.
Cara pemakaiannya, oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata lalu bungkus dengan handuk hangat. Lakukan pada malam hari sebelum tidur biarkan sampai pagi harinya baru bilas dengan air dingin dan keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe
Ketombe adalah salah penyebab gatal di kulit kepala hal ini membuat penderita merasa tidak nyaman dan juga dapat mengganggu kesehatan rambut, karena kulit kepala menjadi tidak sehat. Untuk mengatasi keluhan seperti ini dapat dengan menggunakan daun pandan wangi.
Siapkan 7 lembar daun pandan wangi, cuci sampai bersih, potong-potong dan haluskan dengan cara ditumuk atau diblender terserah mana yang lebih mudah. Tambahkan setengah cangkir air bersih lalu remas-remas. Saring airnya, dan gunakan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga kering dengan sendirinya. Lalu bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa. Lakukan secara rutin seminggu 2-3 kali agar ketombe hilang dan tidak mau datang lagi.

Artikel tanaman herbal lainnya
Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat dari buah coklat untuk kesehatan tubuh
Tips Memenuhi Serat Tubuh Dengan Mengkonsumsi 10 Makanan Ini

Demikian manfaat daun pandan untuk kesehatan semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa bagikan untuk teman-teman barangkali ada yang membutuhkan informasi dari kita.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya