5/02/2015

Inilah Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan


Tips Kesehatan - Pasti anda sudah mengenali tumbuhan bawang yang satu ini, karena daun bawang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat dan juga sangat mudah menemui jenis tumbuhan ini di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Secara umum manfaat daun bawang ini sering digunakan sebagai bahan-bahan penyedap masakan misalnya digunakan untuk bumbu sayur, bumbu telur goreng atau bahan baku pembuatan martabak, penyedap nasi goreng dan masih banyak lagi untuk penyedap masakan lainnya. Manfaat Daun bawang ini bukan hanya sekedar untuk penyedap jenis masakan melainkan memiliki banyak manfaat yang diperlukan untuk kesehatan tubuh kita.

Daun bawang ini ada dua jenis yang berbeda tetapi memiliki manfaat yang sama, dari dua jenis tersebut diantaranya adalah daun bawang prei dan daun bawang sibol/bakung. Secara fisik daun  bawang prei memiliki ciri-ciri khas bentuk daun panjang,pipih,liat dan memiliki pelepah serta tidak memiliki umbi sedangkan daun bawang sibol/bakung memiliki bentuk daun panjang bulat berongga seperti layaknya pipa air, dan  mempunyai umbi.

Tumbuhan daun bawang berasal dari suku genus Allium, pada jaman mesir kuno daun bawang ini dipercaya sebagai bahan untuk pengobatan jadi tidak ada salahnya kita mencoba mengkonsumsi daun bawang secara teratur.



Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Tubuh
Ternyata banyak manfaat yang diperoleh dari jenis tumbuhan daun bawang ini, anda yang doyan dengan daun bawang ini, termasuk orang yang  beruntung karena tidak semua orang menyukai yang namanya daun bawang ini. Daun bawang memang memiliki rasa yang khas agak getir tetapi disisi lain justru rasa getir ini yang memiliki manfaat banyak yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Mungkin tidak semua orang menyadari akan manfaat dari daun bawang.

Ada kalanya kita perlu mengetahui manfaat-manfaat yang diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Daun bukan sekedar daun dan makanan juga bukan sekedar makanan yang hanya untuk mengganjal perut saja tetapi yang diperlukan oleh tubuh adalah sebuah nutrisi.  Oke kita langsung ke-inti-nya saja manfaat daun bawang diantaranya adalah sebagai  berikut.

Menjaga Kekuatan Tulang
Tulang merupakan organ yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh kita. Jadi kita harus menjaga kesehatan tulang sedini mungkin. Tetapi bagaimana cara mejaga kesehatn tulang agar tetap sehat dan kuat, nah tentunya harus  memberi sumber asupan nutrisi yang diperlukan tulang dengan banyak mengkonsumsi sayuran-sayuran yang banak menandung Kalsium maupun Vitamin K.

Daun bawang termasuk salah satu dari sumber penghasil Vitamin K yang aktif. Selain kalsium, Vitamin K ini sangat diperlukan tubuh untuk menjaga pertumbuhan kesehatan tulang dalam janka panjang. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kita semua untuk menjaga terjadinya kelainan tulang seperti osteoporosis atau kekeroposan tulang. Vitamin K ini dikenal mampu meregulasikan sel tulang dan membantu meproduksi protein tulang sehingga kepadatan tulang tetap terjaga.

Membuat Jantung Tetap Sehat
Polisulfida yang terkandung daun bawang memiliki peran untuk menjaga kesehatan jantung dari ancaman berbagai penyakit, dengan jantung sehat peredaran darah pun lancar jaya.Selain mengandung zat Polisulfida juga terdapat jenis nutrisi lainnya yaitu mangaan dan mineral, zat tersebut berperan untuk  menghancurkan kolesterol jahat dalam darah sehingga kolesterol baik (HDL) tetap terjaga.

Baca: Cara menjaga jantung agar tetap sehat

Mencegah infeksi
Daun bawang juga memilki peran untuk mencegah terjadinya infeksi didalam tubuh  kita. Hal ini dikarenakan daun  bawang termasuk sebagai zat anti jamur , anti bakteri, anti peradangan. Baik juga untuk membantu mempercepat penyembuhan akibat terjadinaya sakit peradangan sistem pencernaav seperti halnya radang usus, radang tenggorokan dan masih banyak hal lainnya.

Jadi tidak ada salahnya kita selalu mengkonsumsi daun bawang secara cukup setiap harinya. Yang tidak doyan atau tidak suka diusahakan sedikit demi sedikit mengkonsumsi sayuran ini.

Sumber Antioksidan Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh merupakan kepentingan utama untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Daun bawang merupakan sumber antioksidan yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan  menigkatnya sistem kekebalan tubuh zat-zat radikal bebas yang berupaya masuk untuk meyerang kesehatan tubuh dapat terminimalisir sehingga sudah dapat dipastikan tubuh kita tidak mudah terserang berbagai  jenis penyakit.

Siapa yang tidak ingin sehat? pasti semua orang  meniginkan hal ini. Tubuh yang sehat membuat kita merasa nyaman dan tenang tentunya. Kesehatan merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena kesehatan merupakan investasi terbesar dalam kehidupan kita. Jadi jangan sia-siakan sejenis sayuran daun bawang ini untuk dikonsumsi secara teratur walaupun berbentuk mungil dan memiliki rasa yang khas tetapi memiliki peran besar yang diperlukan tubuh.

Demikian informasi manfaat daun bawang bagi kesehatan tubuh semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya, dan jangan lupa bagikan artikel ini untuk teman-teman kita, barangkali ada yang membutuhkan secuil informasi ini.

Baca juga:
  1.  Manfaat Selada Air
  2. Manfaat tembakau
  3. Manfaat Asam jawa
  4. Manfaat singkong
  5. Manfaat jeruk nipis

Artikel Menarik Lainnya