5/06/2015

Cara Alami Atasi Pegal Linu

Cara Alami Atasi Pegal Linu 


Tips Kesehatan - Tidak hanya dikalangan orang tua, Pegal linu bisa menyerang siapa saja,  Gangguan otot dan persendian dalam istilahnya "pegal linu" juga dapat menyerang dikalangan kaum muda misalnya dibawah umur 30-an tahun.

Kebiasaan mengangkat beban terlalu berat terlalu sering dan sering duduk terlau lama sehingga otot pada punggung kurang relaksasi. Hal ini dapat timbul pemicunya pegal linu. Pegal linu memang penyakit yang sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Apalagi saat hendak tidur malam pegal linu ini sangat mengganggu sekali, rasa itu selalu meuncul.

Saat pegal dan linu menghampiri pada bagian tubuhnya seseorang , pengobatan untuk mengurangi rasa pegal dapat dilakukan dengan sederhana yaitu dengan cara memijat-mijat pada bagian tubuh yang terasa pegal. Selain itu, beras kencur juga dapat digunakan sebagai ramuan tradisional dengan cara dibuat jamu untuk diminum .



Cara alami untuk mengobati pegal linu dengan cepat proses penyembuhannya selain minum jamu beras kencur juga masih ada beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Es Batu

Menggunakan Es batu adalah cara sederhana untuk mengurangi rasa pegal linu yang menimpa. Dengan cara mengkompreskan es batu paada bagian yang pegal atau sakit selama beberapa menit. Efek dari rasa dingin dari es batu ini dipercaya dapat mengurangi rasa pegal-pegal pada tubuh anda. Tidak hanya itu saja, keseleo juga dapat ditolong dengan menggunakan es batu dengan cara dikompreskan pada bagian yang sakit .

Menggunakan Minyak cengkeh

Dengan menggunakan bahan yang satu ini juga dapat  mengurangi rasa pegal linu pada tubuh. Mungkin minyak cengkeh yang saat ini agak terlihat langka. Sebenarnya cara mengobati pegal linu menggunakan minyak cengkeh ini tidak terlalu rumit. Hanya memanaskan minyak cengkeh lalu  minyak cengkeh tersebut diusapkan pada bagian tubuh anda yang terasa pegal atau sakit.

Menggunakan Garam Inggris

Air yang sudah dicampur dengan garam inggris dipercaya bisa membantu mengurangi rasa pegal di kaki. Hal ini dilakukan dengan cara merendamkan kaki yang pegal pada air tesebut selama beberapa menit setiap harinya. Garam inggris ini memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu mengatasi pegal linu. Dengan cara merendamkan kaki kedalam larutan garam inggris, kandungan kalsium pada garam mudah terserap oleh sel kulit, Selain itu ternyata memiliki peran untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki.

Mengguunakan Bawang putih

Bawang dikenal memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi sehingga sudah dapat dipastikan untuk mempercepat proses penyembuhan. Dalam bawang putih terkandung zat anti peradangan yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa  pegal atau sakit pada bagian tubuh. Caranya penggunaannya cukup mudah, dengan cara mengoleskan bawang putih yang telah ditumbuk halus pada bagian yang sakit.

Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang ini tidaklah lanngka terutama di Negara Indonesia, juga sangat beranka ragam macam dan bentuknya. Buah pisang ini dikenal memiliki kandungan potasium berlimpah. Kandungan potasium pada buah pisang sangat baik  untuk mengatasi pegal linu terutamanya bagi Si penderita pegal linu . Buah pisang ini sangat bagus dikonsumsi setiap harinya secara teratur.

Minum Susu

Mengonsumsi susu yang kaya akan jumlah kalsium juga dapat berperan untuk mengurangi penyakit pegal linu. Kandungan kalsium pada susu dipercaya dapat  membantu memperkuat tulang dan sendi. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh diperlukan meminum susu dalam setiap harinya sebanyak 3 gelas.

Menggunakan Daun Rosemary

Zat anti perdangan ini banyak terkandung pada daun rosemary. Daun rosemary yang masih segar ataupun yang sudah kering terdapat zat anti peradangan yang mampu membantu meredakan dan mempercepat penyembuhan sakit pegal  pada otot-otot. 
Cara penggunaannya ramuan daun rosemary juga tidak terbilang sulit, hanya dengan cara merebus daun rosemary tersebut sampai mendidih. Kemudian air rebusan tersebut dalam keadaan hangat digunakan untuk merendam kaki selama 15 - 20 menit pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian tips cara alami mengatasi saklit pegal linu semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa bagikan untuk teman-teman barangkali ada yang membutuhkan informasi.