5/08/2015

Bahaya Mematikan Dari Rokok Elektrik

Bahaya Mematikan Dari Rokok Elektrik


Tips Kesehatan - Pergaulan dan gaya hidup sekarang ini memang sudah sangat komplek sekali. Ada saja yang dilakukan oleh para pemuda pemudi ini. Dari hal yang nyeleneh sampai hal yang diluar pemikiran.

Rokok elektrik sebenarnya sudah lama beredar dipasaran. Entah apa nikmatnya menghisap rokok elektrik ini, sampai-sampai orang yang awalnya tidak suka merokok kini menjadi lebih gemar merokok dengan menggunakan rokok elektrik.

Banyak yang tak memikirkan apa dampak buruk rokok elektrik dan apa bahaya dari rokok elektrik. Bagi kesehatan jantung, rokok elektrik tidak ada dampak positifnya sama sekali. Namanya juga rokok pasti banyak dampak buruknya.



Apakah Rokok Elektrik Alternatif Yang Aman Bagi Pecandu Rokok?


Dikutip dari berbagai sumber, ternyata rokok elektrik bisa dibilang lebih berbahaya daripada rokok yang menggunakan tembakau sebagai bahan dasarnya.

Beberapa organisasi kesehatan menganjurkan untuk tidak menggunakan rokok elektrik karena ternyata dalam rokok elektrik mengandung berbagai macam penyakit. Seperti halnya WHO,

World Health Organization (WHO) merilis sebuah laporan yang berisi anjuran untuk tidak menggunakan rokok elektrik dalam sebuah ruangan. Menurut WHO, rokok elektrik dapat mengeluarkan racun seperti halnya rokok biasa. Meskipun rokok elektrik tidak mengeluarkan asap, rokok elektrik mengandung uap dimana uap tersebut mengandung zat kimia yang dapat menimbulkan polusi udara dan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

WHO juga menganjurkan untuk tidak menjual rokok elektrik pada sembarang orang, hanya usia diatas 18 tahun yang diperbolehkan menggunakannya. Sedangkan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang ada di Indonesia, memperingatkan kepada masyarakat bahwasannya rokok elektrik yang beredar sekarang ini masih ilegal. Belum ada bukti bahwa rokok elektrik yang beredar di Indonesia ini aman untuk digunakan.

Pada rokok elektrik cair yang beredar, terdapat nikotin cair serta pelarut propilen glikol, dieter glikol dan gliserin. Semua bahan tersebut sangat berbahaya jika dipanaskan. Jika semua bahan tersebut dipanaskan, akan menghasilkan senyawa baru yang disebut nitrosamine. Nitrosamine yang masuk ke dalam tubuh dapat menjadi pemicu munculnya kanker.


Beberapa Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Oleh Rokok Elektrik

Keseringan menghisap rokok elektrik kemungkinan terkena penyakit mematikan sangat besar. beberapa penyakit mematikan yang dapat menyerang anda jika anda adalah orang yang gemar menggunakan rokok elektrik adalah

Infeksi paru-paru

Peneliti menemukan uap dari rokok elektrik mengandung racun. Efek dari menghirup asap rokok elektrik yaitu, dapat mengganggu sistem pernapasan, sehingga menyebabkan infeksi paru-paru.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Rokok elektrik sangat melemahkan respon sistem kekebalan terhadap bakteri dan virus. Misalnya, pecinta vaper akan mudah terserang bakteri pneumonia, sinusitis dan virus flu.

Kanker

Peneliti menemukan karsinogen seperti formalin dan asetaldehida terkandung dalam uap rokok elektrik. Zat-zat itulah yang menjadi pemicu kanker mematikan.

Artikel Menarik Lainnya