5/05/2015

Bahaya Makanan Beku Yang Harus Kamu Ketahui

Bahaya Makanan Beku Yang Harus Kamu Ketahui


Tips Kesehatan - Semakin berkembangnya jaman semakin pesat pula perkembangan teknologi. Jika dulu tidak ada makanan yang bisa diawetkan kecuali manisan dan kerupuk, akan tetapi pada masa sekarang banyak sekali makanan yang dapat diawetkan dengan menggunakan berbagai macam cara, salah satunya dengan cara dibekukan.



Memang, dengan mengawetkan makanan kita dapat terbantukan menyiapkan persediaan makanan ketika kita sedang dihadapkan pada waktu-waktu sibuk. Selain harganya yang murah, makanan beku juga bisa diolah kembali dengan cukup mudah dan dengan berbagai variasi. Akan tetapi, apakah Anda mengetahui jika ternyata makanan yang dibekukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda?

Makanan beku sama halnya dengan makanan instan. Saat anda mengkonsumsi makanan beku, sama halnya dengan memperbanyak jumlah makanan instan yang dikonsumsi. Sayangnya makanan beku ini bisa memberikan penyakit yang berbahaya.

Sebagian besar makanan yang dibekukan memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi jumlahnya. Jumlah lemak pada makanan yang dibebukan juga bisa dibilang tinggi, serta memiliki serat sayuran dan buah yang sangat kurang. Beberapa bahan yang digunakan sebagai bahan dasar makanan yang akan di bekukan memiliki kandungan yang jelas berbeda sangat jauh dengan makanan olahan yang masih segar dan langsung dimakan.

Beberapa makanan beku terkadang menggunakan minyak dengan kandungan minyak jenuh melebihi batas. Kandungan natrium yang memiliki nilai 700 – 1800 mg ini melebihi batas maksimum harian yang sudah direkomendasikan sekitar 2.300 mg. Olehkarena itu, salah satu bahaya mengkonsumsi makanan beku secara terus menerus dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi naik.

Saat tekanan darah naik, sudah tentu akan membuat kesehatan tubuh yang lain ikut terganggu. Oleh karena itu, jika memang harus menggunakan makanan yang dibekukan sebagai bahan konsumsi harian anda, ada baiknya bagi anda untuk memperhatikan betul kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Usahakan untuk selalu memiliki makanan dengan kandungan nutrisi maksimal 800 mg. Dan sebaiknya menghindari makanan beku yang didalam terkandung krim dan keju.

Tidak semua makanan beku itu selalu membuat kesehatan tubuh anda terganggu. Jika anda pintar dalam memilih makanan beku, sebenarnya ada beberapa makanan beku yang bisa dikatakan baik untuk dikonsumsi. Diantaranya buah-buahan dan sayuran. Makanan ini sagat baik jika dibeli ketika beku. Ketika menyimpan sayur dan buah di dalam lemari es, gizinya memang akan berkurang. Namun jika membeli makanan ini ketika masih fresh dan beku lalu mencairkannya, nutrisi bisa terjaga.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya