4/12/2015

Tips Sederhana Menutrisi Kulit Secara Alami Agar Awet Muda

Tips Sederhana Menutrisi Kulit Secara Alami Agar Awet Muda


Firdaus45.com - Tips Menutrisi Kulit Agar Terlihat Awet Muda. Pancaran sinar matahari yang berlebih dapat membuat kulit seseorang menjadi kusam dan akan terlihat belang-belang karena efek terbakar oleh sinar matahari yang menyengat kulit. Kulit yang kusam dan terlihat gelap akan membuat penampilan menjadi nampak tua atau biasa disebut dengan istilah penuaan dini

Menutrisi kulit tidak harus selalu menggunakan lotion atau produk-produk kosmetik lain yang belum tentu cocok bagi kulit seseorang. Jika pada artikel mengenai Tips Terlihat Awet Muda Dengan Banyak Minum Air Putih dapat membuat kulit menjadi kencang dan kenyal. Akan tetapi menjaga kulit agar terlihat putih, mulus dan kencang bukan hanya pada pemenuhan cairan didalam tubuh, akan tetapi juga dibarengi dengan asupan nutrisi. Vitamin dan mineral yang kecukupan di dalam tubuh juga dapat mencerahkan, mengencangkan dan melembabkan kulit. Oleh karena itu, jika menginginkan kulit anda kencang, mulus dan selalu lembab agar terlihat awet muda ada baiknya jika anda selalu memilih makanan yang dapat menutrisi kulit tubuh anda.




Daftar Makanan yang Dapat Menutrisi Kulit Agar Kencang, Mulus dan Cerah Secara Alami diantaranya:

Selalu mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara merawat wajah agar awet muda. Beberapa makan yang dapat menghilangkan kerutan di wajah agar tidak terjadi penuaan dini diantaranya:

Jeruk

Seperti yang sudah diketahui, bahwa jeruk adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C di dalam tubuh dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari kemungkinan terjadinya kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV). Vitamin C juga berfungsi untuk menjaga jumlah kolagen dalam tubuh. Kolagen diperlukan oleh tubuh untuk tetap menjaga kerapatan kulit. Kekurangan kolagen dalam tubuh akan mengakibatkan munculnya strecth mark yang mengganggu penampilan. Setidaknya tubuh membutuhkan kurang lebih 200 mg vitamin C dalam satu hari atau setara dengan satu buah jeruk perharinya. 

Pepaya

Karotenoid yang terdapat dalam buah pepaya mampu membantu melepaskan vitamin A. Vitamin A yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan seperti halnya vitamin C. Mengkonsumsi pepaya secara rutin juga dapat menghindarkan seseorang dari kanker kulit paling tidak mengurangi kemungkinan terjadinya kanker pada kulit. Kurang lebih dibutuhkan sekitar 200 gram pepaya tiap harinya agar manfaat dari pepaya yang mampu melindungi kulit dapat terasa.

Gandum

Gandum memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi dan dipercaya dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin B pada gandum ini juga mampu membantu dalam mengganti sel-sel kulit yang telah mati. Kandungan niasin dalam gandum juga membantu sel kulit untuk menyerap nutrisi, dan membantu melepaskan energi sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. 

Gandum utuh bisa dikonsumsi melalui berbagai pilihan roti, biskuit, dan pasta. Mengonsumsinya secara teratur juga bisa membantu mengatasi kulit pecah-pecah, kasar, luka di mulut, dan lain-lain.

Biji bunga matahari

Kandungan asam lemak esensial di dalam biji bunga matahari bisa membantu kulit mengeluarkan minyak alami yang berfungsi untuk mencegah kulit kering. Asam lemak juga membantu memperbaiki tekstur rambut dan mengurangi komedo. 

Teh hijau

Teh hijau memang sarat dengan kandungan flavonoid dan antioksidan. Antioksidan dalam teh hijau bisa membantu mengatasi risiko akibat sinar UV, dan menghambat penuaan dini. Cukup rendam teh hijau celup dalam secangkir air panas minimal tiga menit agar semua ekstraknya keluar. Namun jangan campurkan susu ke dalamnya, karena bisa menetralkan antioksidan di dalamnya. 

Air.

Air menjaga akar kulit tetap lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, membantu sel menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Selain itu, air juga memperlancar aliran darah, menjaga kulit tetap bercahaya.

Selenium

Selenium merupakan mineral yang membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, mineral ini juga berfungsi mencegah kanker. Anda bisa mendapatkan selenium dari makanan seperti kacang brazil, jamur kancing, udang, daging domba, ikan cod, tuna, salmon, daging sapi, kerang, sarden, kepiting, dan pasta whole-wheat.

Antioksidan untuk sel sehat

Antioksidan mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. Kerusakan ini akan menyebabkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kering. Antioksidan bisa ditemukan dalam semua jenis makanan, khususnya buah dan sayuran berwarna seperti berries, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, cabai, kacang kedelai dan jeruk.

Vitamin A

Ingin kulit cerah dan halus? Tambah asupan jeruk, wortel atau blewa. Buah dan sayuran ini kaya vitamin A, yang membantu menjaga kelembaban lapisan kulit bawah Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak seperti keju dan susu.

Vitamin E

Antioksidan lain yang mampu mencegah kerusakan pada kulit adalah vitamin E. Vitamin E dalam tubuh berperan sebagai zat anti peradangan yang juga berperan dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin E banyak didapat pada minyak sayur, kacang-kacangan, zaitun, bayam, asparagus dan sayuran hijau lainnya.

Asam lemak esensial.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit serta mencegah munculnya jerawat. Anda bisa mendapatkan lemak esensial ini dari minyak zaitun dan canola oil, biji rami, kenari, serta jenis ikan seperti salmon, sarden dan makarel.

Minyak sehat.

Beberapa jenis minyak lebih kaya asam lemak esensial dibandingkan minyak lain. Virgin olive oil misalnya, lebih kaya asam lemak dibandingkan jenis minyak komersial lainnya. Minyak ini membantu melembabkan kulit dan menjaga agar kulit terlihat dan terasa sehat. (IK/OL-5)


Yuk baca juga:
Loading...

Artikel Menarik Lainnya