4/26/2015

Tips Menjaga Tulang Belakang

Tips Menjaga Tulang Belakang


Tips Kesehatan - Banyak syaraf penting yang terdapat pada tulang belakang. Otot dan ligamen yang berfungsi sebagai koneksi ke seluruh bagian tubuh seharusnya terus dijaga kesehatannya agar terhindar dari kelumpuhan. Saat tulang belakang bermasalah, terkadang kesehatan tubuh yang lain juga akan ikut terganggu, maka cara terbaik menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga tulang belakang tetap sehat dan kuat.



Ada beberapa hal sederhana untuk membantu menjaga tulang belakang Anda dan meminimalkan komplikasi dan/atau mencegah cidera tulang belakang, yaitu:

Tidur yang cukup

Tidur tidak hanya sekedar tidur, akan tetapi usahakanlah untuk tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas adalah tidur yang dapat memulihkan kembali energi tubuh setelah bangun tidur, bukannya membuat badan menjadi bertambah pegal-pegal. Tulang belakang adalah salah satu tulang penopang badan anda. Sepanjang hari tulang belakang bekerja keras layaknya engsel pintu yang sewaktu-waktu akan berbunyi krek-krek dan kemudian rusak jika anda tidak pandai-pandai merawatnya. Oleh karena itu, dengan tidur yang berkualitas, dapat memberi waktu istirahat bagi tulang belakang anda dari kegiatan berat yang setiap hari dilakukan. Usahakan untuk selalu memilih kasur dan bantal yang dapat membuat seluruh otot anda menjadi rileks.

Tepat dalam memilih sepatu.

Alas kaki ternyata juga memiliki pengaruh terhadap tulang belakang seseorang. Alas kaki membantu anda memastikan posisi tulang belakang yang benar, jadi jika menggunakan alas kaki yang tidak nyaman, maka ada kemungkinan tulang belakang terganggu. Usahakan untuk selalu memilih alas kaki yang seimbang, fleksibel dan nyaman tujuannya untuk menghindari ketegangan otot.

Duduk yang baik

Postur dudu juga berpengaruh pada posisi tulang belakang. Duduk yang lama dengan posisi duduk yang tidak pas akan memperburuk kondisi tulang belakang. Cakram pada tulang punggung bagian bawah akan mendapat tekanan yang lebih saat kita duduk dengan posisi yang tidak tepat. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu duduk yang benar, posisi punggung tidak melengkung agar tulang punggung dapat terjaga.

Selalu menjaga berat badan

Untuk kesehatan tulang yang optimal, sangat penting untuk menjaga berat badan. Kelebihan berat badan menyebabkan stres pada tulang belakang, yang akhirnya akan mengakibatkan sakit punggung.
Lakukan olahraga dalam 20-30 menit sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Otot-otot tubu yang terpelihara dengan baik dapat membantu mendukung tulang belakang dan meminimalkan risiko cidera.

Menjaga asupan nutrisi

Sudah bisa dipastikan, asupan nutrisi menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga berbagai macam jenis kesehatan tubuh. Melengkapi diet harian Anda dengan sayuran dan buah-buahan, dan perbanyaklah minum air putih adalah salah satu cara dalam menjaga agar tulang belakang tetap sehat dan kuat.

Kurangi asupan rokok

Berhenti Merokok. Merokok tidak hanya merugikan organ hati dan paru-paru, tetapi juga berbahaya bagi tulang belakang Anda. Nikotin dalam rokok dapat mematahkan pasokan darah menuju tulang belakang.

Segera periksakan ke dokter saat muncul keluhan punggung

Jika Anda merasa sakit di punggung atau sulit berjalan, mungkin sudah saatnya Anda mengunjungi seseorang ahli profesional. Jangan pernah menunda untuk mengecek sekecil apapun gejala yang ditimbulkan karena bisa berakibat fatal jika tidak tahu penyebab munculnya keluhan.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya