4/23/2015

Tips Mencegah Kemandulan


Firdaus45.com -Tips Mencegah Kemandulan - Setiap pasangan yang sudah lama menikah tentulah menginginkan hadirnya seorang keturunan sebagai penerus silsilah keluarganya. Dengan kehadiran seorang anak suasana sepi menjadi ramai , suasana sedih menjadi senang, dan suasana gelisah menjadi tenang tentunya. Hadirnya seorang anak juga dapat mempererat keharmonisan kehidupan keluarga. Setiap pasangan suami istri pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan keturunan akan tetapi tidak semua orang mudah mendapatkan anak.

Namun jika sudah lama menikah tapi tidak juga dikaruniai momongan, rasa sedih dan berujung perceraian akan menghampiri benar Anda, khususnya bagi seorang istri. Pada kasus semacam ini, perempuanlah yang biasanya disalahkan dan dituduh mandul. Padahal, kemandulan tidak hanya terjadi pada wanita saja, seorang pria juga dapat mengalami kemandulan.

Hal ini terjadi mungkin karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya diantaranya faktor lingkungan dan gaya hidup dari orang itu sendiri. Untuk itu, tidak ada salahnya bila kita selalu menjaga gaya hidup kita agar resiko kemandulan dapat dihindari sedini mungkin.

Berikut ini ada beberapa bacaan yang perlu anda ketahui, mungkin akan membantu anda.
  1. Penyebab Wanita Sulit Hamil
  2. Salah satu wanita sulit hamil karena adanya gangguan keseimbangan pada hormon
  3. Tanda Awal Kehamilan dan Ciri-ciri Wanita Hamil

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kemandulan

Kemandulan atau sulit mendapatkan keturunan disebabkan oleh faktor-faktor tertentu dari pihak laki-laki maupun perempuan. Kemandulan yang sering terjadi sebagian besar dari seorang wanita sedangkan untuk kasus kemandulan yang diderita oleh laki-laki lebih sedikit jumlahnya.

Terkadang, kemandulan yang terjadi pada seorang pria menimbulkan beberapa gejala salah satunya dalah rasa sakit saat ejakulasi. Rasa sakit yang dialami ketika ejakulasi dapat disebabkan karena adanya infeksi virus maupun bakteri yang menyebabkan peradangan atau rasa sakit ketika ejakulasi. (Baca selengkapnya : Penyebab rasa sakit saat keluar sperma dan cara mengatasinya). Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kemandulan pada wanita maupun pria.

Faktor yang mempengaruhi kemandulan pada Perempuan

  1. Kelainan struktural misalnya terjadinya infeksi pada uterus sehingga terjadinya sumbatan pada tuba fallopi mengakibatkan sel telur sulit untuk dibuahi oleh sperma.
  2. Ketidakmampunya proses ovulasi karena tehambatnya pertumbuahan folikel. Hal ini sering ditemukan pada perempuan yang berusia diatas 30 tahun.
  3. Minuman keras, Sering mengkonsumsi minuman keras dan merokok juga termasuk faktor yang dapat menyebabkan kemandulan hal ini bisa terjadi karena dapat membuat sel telur tidak tumbuh secara optimal dan memuat rahim tidak subur.
  4.  

Faktor yang mempengaruhi kemandulan pada Laki-laki

  1. Tersumbatnya pembuluh darah pada testis sehingga terjadinya hipoksia dan sperma mengalami kegagalan untuk tumbuh dan bertahan hidup.
  2. Kerusakan sistem syaraf aterosklerosis sehingga mengalami ejakulasi dini.
  3. Terjadinya infeksi dan pembentukan jaringan parut pada testis, uretra atau  vas deferen.
  4. Rusaknya spermatogenesis karena faktor lingkungan panas.
  5. Pembengkakan pada testis dan kerusakan pada tubulus seminiferus akibat infeksi sistematik.
  6. Terganggunya motilitas sperma.

Tips Mencegah Kemandulan

Saat ini telah banyak tips untuk mencegah kemandulan untuk kaum perempuan maupun laki-laki. Sebenarnya itu mudah asal ada kemauan dan selalu bersabar berikut ini tips mengatasi kemandulan diantaranya :

Menghindari rokok dan alkohol

Merokok dan minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kemandulan. Bahaya rokok memang sangat menakutkan, apalagi dari jenis bahaya rokok elektrik. Jenis rokok elektrik walupun tidak mengunakan tembakau bahayanya sangat mematikan.  Sebaiknya kaum perempuan maupun laki-laki menghindari kedua produk ini sejak dini, jika menginginkan mempuyai keturunan dengan mudah. Selain menyebabkan kemandulan dua jenis produk ini juga dapat membuat masalah kesehatan tubuh salah satunya kanker hati dan berbagai penyakit lainnya. Terutama menghambat kesuburan proses produksi sel telur dan mengurangi kesehatan rahim pada perempuan.

Selain pada perempuan juga ada pada laki-laki diantaranya  dapat merusak sel-sel testis yang memproduksi testosteron. Hal ini dapat mengurangi kesuburan produksi sperma sehingga sperma yang dihasilkan dalam jumlah sedikit dan sulit untuk menembus ke mulut rahim. Jika hal ini terjadi sudah dipastikan peluang untuk mendapatkan keturunan akan terhambat.

Menghindari stres

Jangan menganggap hal yang sepele terhadap stres. Stres yang berlebihan merupaka pemicu timbulnya berbagai macam penyakit secara tidak disadari dapat memproduksi hormon tertentu yang dapat menyebabkan kinerja sel-sel tubuh tidak bekerja secara optimal. Hal ini harus dihindari oleh pihak laki-laki maupun perempuan agar vitalitas tetap prima. (Baca: Gejala depresi pada anak)

Mengoptimalkan jumlah asupan Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi merupakan peran penting yang harus diperhatikan kaum perempuan maupun laki-laki hal ini untuk menjaga kesuburan sel telur dan sperma. Meningkatkan jumlah asupan sayuran dan buah-buahan yang banyak  mengandung sejumlah Vitamin A,C, E, B12, dan mineral seperti Copper, L-Argirine, Selenium dan Zing. Pada laki-laki zing ini berperan untuk  menjaga kesuburan dan mengatasi gangguan yang terjadi pada prostat karena kekurangan zing dapat mengalami pembesaran prostat sehingga kadar testosteron dalam darah menurun, sedangkan vitamin C ini berperan untuk mencegah penggumpalan sel sperma. (Baca: Makanan yang dapat menyuburkan sel telur dan Manfaat pisang untuk kesuburan pria)

Menghindari berendam di air hangat terlalu lama

Berendam diri di dalam air hangat terlalu lama dapat mempengaruhi kesuburan produksi sel sperma, jika menginginkan hal ini diusahakan paling lama tidak lebih dari 15 menit dengan menggunakan air yang bersuhu 36,50 derajat celcius.

Mengatur jadwal berhubungan badan

Berhubungan badan juga memerlukan jangka waktu yang tepat agar mendapatkan hasil yang tepat juga. Untuk menghasilkan kualitas sperma yang bagus  biasanya saat badan fresh terutama pada pagi hari setelah bangun tidur dan dilakukan pada saat masa subur perempuan. Hal ini kemungkinan untuk memberi peluang besar terjadinya kehamilan.

Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dan cukup memberi peran penting untuk membuat badan lebih fit dan prima. Sehingga organ vital tetap subur, sehat dan tidak mudah terjangkit oleh penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kemandulan. Selain itu juga berperan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan ideal ada kaitannya dengan kesehatan vital. Seperti yang telah dinyatakan dalam studi penelitian kegemukan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan sel sperma karena banyaknya lemak yang tertimbun didalam testis.

Artikel Menarik Lainnya