4/06/2015

Pemanis Alami Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Pemanis Alami Yang Bagus Untuk Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu kita tidak akan pernah bisa memisahkan diri dengan gula. Hampir setiap makanan dan minuman mengandung gula, meskipun jumlahnya terkadang tidak terlalu banyak. Dalam pasaran, terdapat berbagai macam jenis gula dan pada umumnya gula yang beredar dipasaran adalah gula hasil olahan pabrik dengan kadar kalori tinggi. 

Manfaat Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam tubuh, gula merupakan salah satu kebutuhan pokok. Gula sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Gula merupakan kebutuhan pokok untuk menjaga kesehatan otak. Kekurangan asupan gula membuat otak menjadi tidak sehat dan mudah sekali menjadi pelupa.

Akan tetapi, konsumsi gula yang berlebih juga tidak bagus bagi kesehatan. Berbagai macam gangguan kesehatan akan muncul saat kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi gula. Konsumsi gula yang baik berkisar 25 gr perhari atau setara dengan 6 sendok teh. 


Sumber dan Jenis Gula

Untuk membuat olahan anda menjadi terasa manis, sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan rasa manis yang anda inginkan. Beberapa bahan yang dapat anda gunakan sebagai pemanis alami adalah pohon tebu, madu, kurma, gula aren atau bahkan susu dapat anda jadikan sebagai pemanis alami. Serta berbagai macam jenih buah yang memiliki rasa manis dapat anda jadikan sebagai pengganti gula pasir. Memang bagi yang belum terbiasa akan sedikit memperoleh sensasi yang berbeda karena rasa manis dari bahan-bahan alami ini tidak sama dengan rasa manis yang dihasilkan oleh gula pasir yang sebenarnya bahan dasar utamanya juga pohon tebu. 

Sumber Gula Alami

Berikut ini adalah beberapa sumber gula alami yang bagus untuk kesehatan tubuh anda yang dapat anda konsumsi.

Madu

Sudah sejak lama madu terkenal sebagai pemanis alami yang bisa dibilang rasa manisnya mengalahkan gula olahan pabrik. Selain sebagai bahan pengganti gula, sejak lama madu sudah dikenal sebagai bahan obat herbal. Karena kandungan mineral dalam madu, membuat madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 



  • Keunggulan madu adalah rasanya yang manis yang dapat dijadikan sebagai pengganti gula. Madu juga memiliki kalori yang lebih rendah daripada gula putih atau gula pasir
  • Kandungan Madu. Madu memiliki kandungan glukosa sekitar 35%, sukrosa 40% dan 25% air.
  • Sifat Madu. Madu memiliki sifat antibakteri, antivirus, karsinogen, antitumor, antiseptik, dan cenderung memiliki antiglikemik yang rendah.
  • Manfaat medis Madu. Madu memiliki manfaat medis salah satunya adalah dapat mengikis lemak tanpa menguras energi. Bagi penderita obesitas dan yang sedang menjalankan program diet, madu bisa sangat membantu mempermudah penurunan berat badan. Madu juga dapat mencegah kelelahan selama berolah raga, memperbaiki sistem pencernaan tubuh, mencegah kanker, mengobati sakit tenggorokan, mengambat pertumbuhan bakteri tertentu, menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi,
 Beberap catatan yang mungkin perlu diketahui, 

  • Meskipun madu sangat bermanfaat, sebaiknya madu tidak dikonsumsi secara berlebihan karena ia juga memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang tinggi.
  • Tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak dibawah usia satu tahun meskipun madu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Meskipun kasusnya jarang terjadi, madu juga dapat mengandung spora bakteri clostridium botulinum yang memproduksi zat beracun penyebab penyakit botulisme pada anak.

Daun Stevia

Daun stevia ini bentuknya hampir mirip dengan daun mint. Daun Stevia ini pada awalnya digunakan sebagai pemanis oleh suku indian di paraguay, Amerika Selatan. Tanaman perdu ini biasanya tumbuh pada ketinggian 500-1000 mdpl. Tanaman ini akan cepat berbunga dan sekaligu cepat mati jika berada di dataran rendah. Tanaman ini sangat cocok pada daerah yang memiliki suhu antara 14-27*Celcius dan mendapat sinar matahari yang cukup sepanjang hari. 



  • Kandungan. Daun stevia ini memiliki kandungan steviosida, rebaudiosida, glikosida, protein, serat, krbohidrat, mineral, vitamin A, vitamin C, dan banyak lagi.
  • Keunggulan. Daun stevia ini memiliki rasa yang sangat manis 200x lebih manis dari gula tebu dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah tubuh seperti halnya saat mengkonsumsi gula tebu. 
  • Sifat.  Daun Stevia memiliki jumlah kalori yang rendah dan non karsinogenik.
  • Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh. Steviosida dan rebaudiosida pada daun stevia tidak dapat difermentasikan oleh bakteri yang terdapat didalam mulut, sehingga tidak akan menjadi penyebab gangguan pada gigi. Selain itu, ia juga dapat menjadi pengatur serta dapat menurunkan berat badan karena stevia dapat mereduksi makanan bergula serta berlemak.

Beberapa catatan yang harus diketahui mengenai daun stevia, diantaranya:

  • Ada beberapa isyu mengenai daun stevia adalah dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan terjdainya perubahan gen sehingga menimbulkan kanker dan gangguan metabolisme energi
  • Disarankan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun stevia ini bagi wanita yang sedang berada pada masa kehamilan. 

Sirup Agave

Agave merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan sebagai pemanis alami. Tanaman yang berasal dari los Altos, Meksiko ini merupakan bahan dasar pembuatan minuman tequila.

Sirup Agave lebih manis daripada gula tebu dengan indek glikemik yang juga lebih rendah dibandingkan dengan gula tebu. 
  • Kandungan. Agave memilki konsentrasi yang sangat tinggi dari fruktosa dibanding glukosa yang hanya 10%
  • Manfaat Medis. Menjadi pengganti gula yang cocok bagi penderita diabetes dan hyperglikemia namun didampingi dengan saran dari dokter sebelum mengkonsumsi agave ini. Cara Sederhana Mengobati Diabetes
Catatan yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi agave ini sebagain pengganti gula diantaranya:
  • Karena kadar fruktosanya tinggi, ada baiknya memikirkan efek samping yang akan ditimbulkan. 
  • Fruktosa yang tinggi dalam tubuh akan mengganggu proses metabolisme tembaga, sedangkan kekurangan tembaga dapat menyebabkan kerapuhan tulang, anemia, cacat arteri, cacat tulang, infertilisasi, kadar kolesterol tinggi yang pada akhirnya menyebabkan serangan jantung. 
  • Fruktosa yang terlalu tinggi didalam tubuh juga akan menyebabkan asam urat

Artikel Menarik Lainnya