4/16/2015

Medeteksi Gejala Kanker Serviks

Medeteksi Gejala Kanker Serviks


Tips Kesehatan - Setiap mendengar kata “KANKER” inilah momok yang paling menakutkan.

Kanker adalah penyakit yang sulit disembuhkan akan tetapi penyakit ini sebenarnya dapat dicegah.

Kanker termasuk jenis penyakit mematikan pertama didunia tetapi tidak semua orang yang terkena penyakit kanker mati atau meninggal dunia.

Gara-gara penyakit kanker bahkan ada yang rela kehilangan anggota organ tubuhnya untuk bertahan hidup hanya karena sayang nyawa dan sayang orang-orang yang ada disekitarnya.

Hal itulah yang merupakan tantangan terberat dalam hidupnya Si penderita penyakit kanker.

Penyakit kanker memang bemacam-macam jenisnya ada yang kanker kulit, kanker tulang, kanker payudara, kanker serviks, dan lain sebagainya,

disini yang kita bahas adalah jenis penyakit kanker serviks. Kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang pada bagian tubuh wanita terutama pada bagian leher rahim sehingga pertumbuhan sel pada jaringan serviks tidak normal.

Jenis kanker serviks ini disebabkan oleh sejenis virus HPV (Human Popilloma Virus).  Virus HPV muncul karena kurangya menjaga kebersihan daerah kewanitaan  sehingga bisa jadi digunakan sebagai sarang perkemangbiakan virus.




Gejala Yang Ditimbulkan Kanker Serviks

Setiap awal datangnya suatu penyakit pasti memiliki tanda-tanda tertentu  apalagi kanker  serviks.

Ada baiknya kita harus selalu waspada dan mengenalinya sejak dini agar kita dapat dengan segera mencegahnya hal-hal sepaerti itu.

Jika masih dalam kategori  gejala kemungkinan besar mudah dalam proses  pengobatan sehingga mempunyai peluang  besar untuk sembuh total.

Berikut ini indikator secara umum yang sering terjadi pada awal timbulnya penyakit kanker serviks.

1. Terjadinya Pendarahan

Pendarahan ini sangat berkaitan dengan menstruasi sehingga sulit untuk mengenalinya. 

Hal ini tidak sebagian besar kaum perempuan menyadarinya karena banyak yang menganggap ini merupakan hal sepele hanya sekedar  haid tidak teratur.

Pada saat mengenali hal seperti itu harus selalu waspada dengan segera memeriksakan diri ke dokter agar tahu secara pasti apakah terkena penyakit kanker serviks atau tidak.

Jika terkena gejala kanker serviks setidaknya tahu lebih awal sehingga mudah dalam pengobatannya.

2. Terjadinya Keputihan Patogonis

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami semua perempuan.

Akan tetapi,  harus selalu berhati-hati dan waspada jika  terjadi keputihan yang berlebihan atau keluarnya cairan dalam volume banyak dengan warna putih kekuning-kuningan, kehijauan atau kecokelatan dan menimbulkan rasa gatal panas pada daerah sekitar  daerah kewanitaan

Gejala-gejala semacam itulah yang disebut Keputihan Patogonis. Maka dari itu berhati-hatilah selalu jika terjadi hal seperti itu bersegeralah konsultasikan ke dokter agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan.

3.Munculnya Rasa Sakit Disekitar "Daerah Kewanitaan" Terlalu Sering

Munculnya rasa sakit yang berlebihan terutama pada daerah sekitar daerah kewanitaan juga merupakan salah satu gejala timbulnya  kanker serviks

Misalnya sakit di panggul dan paha pada saat  mengalami menstruasi, daerah kewanitaan sakit ketika melakukan hubungan suami istri padahal bukan yang pertama kali melakukan hubungan suami istri.

Ketika mengalami hal seperti itu  lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter spesialis.

4. Mengalami Pembengkakan Pada Kaki

Ketika kaki  tiba-tiba sakit berlebihan  dan mengalami pembengkakan yang terlalu sering merupakan juga salah satu  timbulnya gejala kanker serviks tetap  selalu waspada ketika mengalami hal tersebut.

Ada baiknya selalu menjaga kesehatan dan banyak memakan buah-buahan atau  sayuran yang banyak mengandung vitamin c karena asupan mitamin c yang cukup sangat  berperan sebagai zat anti oksidan untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya .

Tips Mendeteksi Kanker Serviks

Jika memiliki ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas tidak ada salahnya kita selalu menjaga diri dan memalukan pendeteksian sejak dini.

Saat ini telah banyak metode untuk mendeteksi gejala kanker serviks, tahun demi tahun teknologi kesehatan sudah semakin canggih. Berikut  ini tips untuk mendeteksi kanker serviks.

1. Melakukan Metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat )

Cara ini memiliki peran sangat efekif  untuk mendeteksi kanker serviks sejak awal karena bisa mengetahui hasilnya lebih cepat tidak memerlukan waktu lama.

Biasanya metode ini dilakukan dengan cara mengoleskan asam asetat pada leher rahim atau serviks untuk mengetahui gejala serviks.

Jika mengidap gejala kanker  serviks, leher rahim yang telah diolesi dengan asam asetat mengalami perubahan warna menjadi putih.

Metode ini telah tersedia di puskesmas atau rumah sakit terdekat dengan harga relatif lebih murah.

2. Melakukan Metode Kolposkopi

Metode Kolkoskopi yaitu pemeriksaan dengan cara melihat bagian leher rahim dengan menggunakan alat yang dilengkapi dengan lensa pembesar.

3. Melakukan Metode Pap Smear

Dengan metode ini biasanya untuk mengetahui hasilnya membutuhkan waktu agak lama karena dilakukan dengan cara pengambilan sampel leher rahim untuk dianalisa di laboratorium dengan menggunakan miskroskop untuk mengetahui sel-selnya masih normal atau sudah abnormal.

4. Melakukan Metode Thin Prep

Dengan metode ini  tampaknya  memiliki peran lebih akurat karena pemeriksaannya dilakukan dengan menganalisa keseluruhan bagian leher rahim jadi lebih banyak diketahui hasilnya dibandingkan Pap Smear.

Tips Mencegah Kanker Serviks

Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan nah inilah yang harus kita pegang baik-baik, berikut ini tips mencegah  kanker serviks yang harus dilakukan yaitu :

1. Memperbanyak Asupan Vitamin C

Tidak ada salahnya kita selalu memperbanyak makan sayuran dan buah-buah yang banyak mengandung Vitamin C karena zat anti oksidan dalam Vitamin C memiliki peranan sangat  penting untuk memperkuat dan memperbaiki mukosa leher rahim.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Kebersihan Mrs. V

Sesibuk apapun menjaga kebersihan Mis. V merupakan hal utama yang harus diperhatikan untuk meghindari timbulnya kanker serviks.

Saat memersihkan Mis. V harus  tetap berhati-hati jangan  asal menggunakan sembarang produk. Setiap menggunakan produk pembersih mis.  V  diusahakan yang sudah terdaftar oleh BPOM dan hindari penggunaan cairan pembersih Mis. V yang berlebihan.

Baca juga "Pentingnya Selalu Menjaga Daerah Kewanitaan"

3. Menghindari Kebiasaan Minuman Keras Dan Merokok

Sebagian  besar perokok dan peminum minuman keras tidak tertutup kemungkinan besar mengalami serangan kanker. Nikotin pada tembakau dikenal sangat berbahaya dan mempermudah terjadinya kanker serviks. Maka dari itu  mulai saat ini juga berhentilah merokok atau minuman keras tubuh kita selalu segar dan sehat. 

4. Melakukan Diet Rendah Lemak

Ada baiknya menghindari makanan berlemak karena memakan makanan berlemak merupakan salah satu faktor  pemicu timbulnya kanker serviks.

Lemak yang berlebihan dapat merangsang produksi hormon estrogen lebih tinggi.

Penumpukan homon estrogen yang berlebihan pada leher rahim akan membentuk sel kanker.

5. Berolah Raga Secara Teratur

Orang yang sering berolah raga secara teratur memiliki daya tahan tubuh lebih kuat karena dengan berolah raga sel-sel dalam tubuh bekerja lebih optimal sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang sel-sel aktif dalam tubuh kita.

Olah raga itu sebenarnya mudah tidak harus di lapangan ataupun ditempat khusus dimanapun dan kapanpun kita bisa melakukannya asal ada kemauan. 

Demikianlah informasi tips  “Medeteksi  Gejala Kanker Serviks” semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa  bagikan untuk teman-teman jika anda memiliki rasa  kasih sayang. 
Loading...

Artikel Menarik Lainnya