4/11/2015

Manfaat Tembakau Dibalik Bahaya Merokok

Manfaat Tembakau Dibalik Bahaya Merokok


Tips Kesehatan – Tembakau merupakan produk dari hasil pertanian yang tumbuh semusim bukan termasuk dari jenis golongan komoditas pangan. Tumbuhan tembakau termasuk anggota genus Nicotiana terutama Nicotiana rustica dan Nicotiana tabacum dari famili Solanaceae. Kata tembakau adalah serapan dari bahasa asing ‘tabbaq’ dari bahasa Arab, ‘tabaco’ dari bahasa Spanyol, ‘tobacco’ dari bahasa Inggris. Tembakau secara umum digunakan sebagai bahan baku utama untuk pembuatan cerutu dan rokok atau tingwe (rokok lintjng dewe, hehe).

Tembakau  ternyata juga memiliki manfaat positif. Loh kok bisa?? padahal tembakau merupakan jenis tumbuhan yang  dapat mematikan karena kaya akan kandungan nikotinnya.  Menurut data WHO, dalam penggunaan yang berlebihan tumbuhan tembakau merupakan penyumbang terbesar penyebab timbulnya penyakit diantaranya yaitu penyakit paru obstruktif kronis, serangan jantung, stroke,  emfisema, kanker paru-paru, kanker pankreas, dan kanker laring. Sangat bahaya bukan? tentu anda sudah tahu jawabannya secara pasti.

Dari semua jenis tumbuhan yang memiliki nikotin tertinggi ada pada tumbuhan tembakau. Kandungan utama pada tembakau selain nikotin adalah sejenis senyawa psikoaktif yaitu meliputi gemakren alkaloidapiperidin,  anabasin, dan neurotoksin. Senyawa tersebut memiliki kemampuan pengusir binatang herbivora (  golongan hewan pemakan tumbuhan ) bahkan mampu mematikan berbagai jenis serangga.



Manfaat Positif Tembakau   

Selain membahayakan tumbuhan tembakau juga memiliki manfaat positif , dikalangan medis digunakan  sebagai bahan  baku pembuatan obat sedangkan dikalangan pertanian digunakan sebagai  bahan pembuatn pestisida. Manfaat yang diperoleh dari tembakau diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengusir Kutu Pada Ayam

Umumnya ayam pada saat mengerami telurnya banyak diserang  kutu, dalam  istilah jawa adalah ‘’ gurem’’. G urem inilah yang membuat pemilik ayam merasa risih dan terganggu karena gurem tersebut menyebar kemana-mana dan menggigit. Pada jaman dahulu trik ini sering digunakan oleh nenek moyang kita. Nah…cara mencegahnya cukup mudah  yaitu sebagai  berikut. Siapkan tembakau rajang secukupya kemudian taburkan di sekeliling tempat ayam mengerami telurnya, biarkan sampai kutu tersebut hilang dengan sendirinya.

Mengusir Kutu Pada Kambing 

Banyak sekali kambing yang tidak sehat karena serangan kutu. Kutu pada kambing menyerang dengan cara meghisap darah sehingga tubuh pada kambing  menjadi kurus. Cara mengatasinya agar kambing terhindar dari serangan kutu cukup mudah. Cara membuatnya ambil segenggam tembakau tambahkan  air hangat secukupnya, rendam tembakau selama sehari, ambil airnya  kemudian siramkan pada kambing  sampai merata dan diamkan kurang lebih satu jam lalu bilas sampai bersih. lakukan dalam satu minggu 2-3 kali.  

Melepaskan Gigitan Lintah    

Lintah merupakan jenis hewan penghisap darah, saat meghisap hewan ini mengeluarkan zat untuk mematikan rasa sehingga saat dihisap kita tidak merasakan sakit dan sulit melepansya. Melepas gigitan lintah harus dengan sangat berhati-hati karena terkadang saat dicabut  kepalanya masih tertinggal yang masih mampu bertahan hidup dan berkembang biak. Berikut ini cara mengatasinya yaitu dengan cara meneteskan  air rendaman tembakau atau dengan cara menempelkan tembakau pada daerah yang dihisap.   
                                                                                                                                                 

Menguatkan Gigi     

Gigi yang kuat tentunya hal yang diharapkan oleh kita semua. Pada jaman dahulu tembakau  sering digunakan oleh nenek moyang kita untuk menggosok gigi atau dengan sebutan lain sirih, nginang, dan susur bahkan sampai sekarang sebagian kecil masih ada menggunakan. Hal tersebut memiliki peranan untuk menguatkan gigi.

Baca: Dampak dan Tips Cara Mengatasi Karang Gigi. )
                                                                                                                                                          

Anti Radang

Meurut hasil penelitian oleh Profesor Mario Pezzoti seorang ilmuwan dari Uiversitas Verona Eropa. Tembakau memiliki peranan penting sebagai obat peradangan. Zat yang dihasilkan dari tembakau tersebut adalah sejenis cytokin yaitu protein yang mampu merangsang atau mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh. Hal ini dibuat dengan perlakuan dan pengawasan ketat meggunakan teknlogi modern.

Obat Diabetes   

Gejala diabetes memang mudah dikenali, terutama bagi   yang sudah pernah mendapatkan irformasi tentang gejala-gejala yang ditimbulkan akibat penyakit diabetes. Mengenali gejala penyakit diabetes adalah hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mepermudah cara mengatasinya. Salah satu hal untuk mengatasi penyakit diabetes adalah dengan menggunakan tembakau. Namun cara mengobati penyakit diabetes dengan menggunakan tembakau harus melalui proses medis. Menurut penelitian para ahli kimia dalam  tembakau yang telah diproses dengan bioteknologi modern juga terdapat senyawa yang berperan sebagai kekebalan tubuh anti diabetes. Sehingga dilingkungan medis senyawa tersebut digunakan sebagai  obat diabetes yang telah dipadukan degan campuran zat-zat lainnya.      

Sebagai Biofuel     

Tanaman tembakau juga dapat dimanfaatkan sebagai biofuel atau bahan  bakar mesin pengganti solar yang lebih efesien dari pada tumbuhan yang lainnya. Tembakau meliliki kandungan  minyak yang tersbesar pada bijinya. Hal ini dikemukakan menurut  hasil penelitian oleh Vyacheslav Andriaov , Ph.D dari Laboratorium Bioteknologi  Universitas  Thomas Jefferson. Jika mulai saat ini bisa diproduksi besar-besaran dan jenis solar dihilangkan, sudah dipastikan efek dari panas bumi dapat berkurang. Di era modernisasi global warming semakin meningkat lapisan atmosfir bumi semakin menipis karena banyaknya pecemaran udara dari asap mesin industri dan kendaraan bermotor jadi biofuel dari tembakau ini sangat cocok untuk dikembangkan. 

Demikianlah manfaat positif dari tembakau  semoga artikel ini bermanfaat bagi pemaca. Terimakasih atas kunjuganya dan jangan lupa bagikan untuk teman-teman yang membutuhkan informasi manfaat positif dari tembakau.  

 Baca juga:
  1. Manfaat Asam jawa
  2. Manfaat singkong
  3. Manfaat jeruk nipis
  4. Manfaat gula
  5. Manfaat buah sirsak                                                                    

Artikel Menarik Lainnya