4/21/2015

Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Selada air (N. microphylum, Nasturtium officinale ) merupakan  jenis tumbuhan sayuran yang dapat tumbuh menahun, selada air memiliki sifat semi akuatik dan akuatik tumbuhan ini berasal dari benua Asia dan Eropa. Tumbuhan ini termasuk dari golongan Kerajaan Plantae, Filum dari Magnoliophyta, Kelas Magnoliopsida, Ordo Brassicales, Keluarga Brassicaceae, merupakan genus Nasturtium R. Br.

Selada air memiliki banyak manfaat yang diperlukan tubuh karena didalamnya terkandung banyak mineral termasuk zat  besi (lebih tinggi daripada zat besi yang terkandung pada bayam), fosfor, tembaga, iodium, seng, kobalt, kalsium (lebih tinggi daripada kalsium yang terkandung pada susu), potasium, vitamin c (lebih banyak daripada vitamin c yang terkandung dalam buah jeruk), vitamin B kompleks, vitamin K, flavonoid, sulfur, nitrogen dan mangaan. Berikut ini kami sedikit jelaskan nutrisi yang terkandung dalam tumbuhan selada air.

Setiap perseratus gram selada air mengandung  Kalori sebesar 11% hal ini memiliki peran yang sangat baik diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol sehingga selada air sangat bagus untuk menu program diet.

Vitamin C yang terkandung pada selada air mampu mencukupi kebutuhan tubuh hingga 72% sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit meliputi flu, pilek dan infeksi serta mampu menjaga jaringan ikat agar tetap sehat.

Kalsium yang terkandung dalam tumbuhan selada air berperan untuk memperkuat gigi dan pembentukan tulang, sehingga mengkonsumsi selada air dalam jumlah cukup berpotensi memiliki gigi dan tulang lebih kuat.

Vitamin A atau retinol ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata yang mampu menghasilkan pigmen-pigmen didalam retina serta meningkatkan kekebalan dari berbagai penyakit yang menyerang mata.

Vitamin K yang terdapat dalam tumbuhan selada air merupakan nutrisi terbanyak dari jumlah jenis nutrisi yang lainnya. Vitamin K ini memiliki peranan untuk mengurangi resiko kerusakan sel syaraf pada otak serta membantu proses pembentukan dan memperkuat tulang.

Vitamin B Kompleks memiliki peranan  untuk menjaga keseimbangan sel metaolisme tubuh diantaranya yaitu niasin, riboflafin, pyridoxine, thiamin, dan asam pantotenat.

Flavonoid yang terkandung dalam selada air berperan sebagai antioksidan yang  mampu menjaga kesehatan paru-paru dan mulut dari gangguan adanya kanker nutrisi tersebut meliputi ß karoten, lutein dan zeaxanthin.

Mangaan merupakan jenis senyawa enzim oksida dismutase senyawa ini mampu mengeluarkan zat radikal bebas yang ada pada tubuh jika kekurangan zat ini tubuh akan mudah terkena berbagai jenis penyakit seperti kelainan tulang,  kolesterol tinggi, kehilangan kemampuan daya ingat, kesulitan mendengar, ketajaman penglihatan berkurang, dan tekanan darah tinggi . 


Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan

Sudah jelas selada air memiliki banyak manfaat yang diperlukan untuk kesehatan tubuh banyak kandunganya seperti yang telah dijelaskan diatas. Tidak ada salahnya kita mengkonsumsi selada air dengan cukup dan tidak berlebihan sangat berpeluang  memiliki kesehatan maksimal serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Manfaat yang diperoleh dari selada air diantaranya sebagai berikut : 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selada air memiliki zat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sangat baik, hal ini ditemukan pada selada air dalam keadaan yang masih segar karena didalamnya banyak mengandung konsentrat asam karbonat lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Seperti yang telah dijelaskan diatas kandungan vitamin c ini mampu menangkal masuknya radikal bebas dari luar. Menurut hasil penelitian studi laboratorium menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran selada air secara teratur mampu mengurangi pemicu timbulnya infeksi saluran pernapasan dan mampu mencegah terjadinya kekurangan zat besi,  serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara maksilmal.

Mengurangi Resiko Alzheimar (Kerusakan sel syaraf pada otak)

Menurut para peneliti kandungan kadar Vitamin K dalam selada air memiliki jumlah terbanyak dari nutrisi lainnya. Hal ini dalam setiap harinya mengkonsumsi selada air secara teratur dikenal mampu mengurangi resiko kerusakan sel syaraf pada otak sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit alzheimar untuk membantu mempercepat proses penyemuhan.

Menormalkan Tekanan Darah

Sudah jelas seperti yang telah disebutkan diatas selada air kaya akan jumlah nutrisi seperti kalium yang ada di buah belimbing wuluh. Kalium ini memiliki peran penting yang dibutuhkan tubuh ia mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung yang tidak berfungsi secara normal. 

Mencegah Diabetes Melitus

Mengkonsumsi selada air secara teratur mampu mencegah pemicu timbulnya penyakit diabetes. hal ini terbukti didalam selada air terdapat sejenis antioksidan alpha-lipoic acid yang mampu menurunkan neuropati otonom atau neuropati perifer dan meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan kadar gula dalam darah yang berlebihan.

Baca: Gejala diabetes yang harus diwaspadai

Mencegah Anemia

Kandungan Vitamin C pada selada air berguna untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya anemia hal ini merupakan peranan dari jumlah kadungan zat besi didalamnya. Zat besi dikenal mampu  meningkatkan produksi asam folat dan mensitesis hemoglobin pada sel darah merah.  Selain itu selada air juga termasuk sayuran pencuci darah yang baik dan tonic untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ginjal dan gangguan liver.

Baca: Anemia pada ibu hamil

Demikian informasi mengenai “ Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan Tubuh “ semoga dapat bermanfaat untuk pembaca. Terimaksih atas kunjungannya jangan lupa bagikan untuk teman-teman atau saudara-saudara kita tercinta.

Baca juga:
  1. Manfaat tembakau
  2. Manfaat Asam jawa
  3. Manfaat singkong
  4. Manfaat jeruk nipis
  5. Manfaat gula
Loading...

Artikel Menarik Lainnya