4/07/2015

Manfaat Kecipir, Obat Ampuh Dari Kecipir

Manfaat Kecipir, Obat Ampuh Dari Kecipir


Tips Kesehatan - Kecipir merupakan tanaman yang pada umumnya dimanfaatkan  sebagai bahan utama  sayuran yang diambil polong muda dan pucuknya. Kecipir  dalam bahasa latinnya disebut Psophocarpus tetragonolobus, disetiap wilayah indonesia memiliki nama berbeda-beda cipir, kecipir, cicipir (sebutan dalam bahasa Jawa), kacang belingbing atau kacang botol (Minang Kabau dan Pantai Barat Sumatra), jaad (Sunda), kelongkang (Bali), biraro (Ternate dan Manado), kacang embing (Palembang), kacang botol, kacang botor dan kacang kumbotor (Bahasa Melayu Pontianak). Dalam bahasa Inggris disebut pula sebagai Winged pea, Winged bean, Goa bean dan Asparagus pea.

Tanaman kecipir tumbuh secara merambat dan membelit memiliki bentuk batang silindris dan beruas, panjang batang hingga mecapai 4-5 meter, berwarna hijau, bentuk daun meruncing berselang-seling lebar 4-14 cm, bentuk bunga tipe kupu-kupu yang tumbuh disetiap ketiak daun, bentuk buah lonjong memanjang berbentuk segiempat, dengan biji bulat, berwarna kuning adapula yang coklat hingga kehitaman.




Dalam pemeliharaannya tidak memerlukan pupuk jenis Nitrogen karena kecipir juga tergolong tumbuhan penutup tanah dan pupuk hijau yang paling efektif karena pertumuhannya sangat cepat dan mempunyai kemampuan mengikat nitrogen dari udara yang paling baik dan kuat.

Kecipir dalam klasifikasi ilmiah termasuk dari kelompok golongan { Kerajaan : Plantae, Divisi : Magnoliophyta, Kelas : Magnoliopsida, Ordo : Fabales, Famili : Fabacea, Upafamili : Faboideae, Genus : Psophocarpus, Spesies : P. tetragonolobus.

Kecipir memiliki kaya akan nutrisi sangat cocok dikonsumsi setiap saat untuk ibu yang sedang hamil dan orang sakit atau orang yang setelah mejalani operasi untuk membantu proses penyembuhan. Menurut Data Nutrisi USDA dalam biji kecipir tua yang belum dimasak setiap perseratus gramnya megandung banyak nutrisi diantaranya yaitu :

  • Energi 409 kkal (1,711 kJ), 
  • Karbohidrat 41.7 gram, 
  • Serat Pangan 25.9 gram, 
  • Lemak meliputi Lemak tak jenuh 2.3 gram , 
  • Lemak tak jenuh tunggal 6 gram, 
  • Lemak tak jenuh majemuk 4.3 gram, serta 
  • Protein 29.65 gram, 
  • Vitamin B1 (Thiamin) 1.03 mg (79%), 
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 0.45 mg (30%), 
  • Vitamin B3 (Niacin) 3.09 mg (21%), 
  • Vitamin B5 (Asam Pantothenat) 0.795 mg (16%), 
  • Vitamin B6 0.175 mg (13%), 
  • Vitamin B9 (Folat) 45 μg (11%), 
  • Kalsium 440 mg (44%), 
  • Fosfor 451 mg (64%), 
  • Zat Besi 13.44 mg (108%), 
  • Magnesium 179 mg (48%), 
  • Mangan 3.721 mg (186%), 
  • Seng 4.48 mg (45%), 
  • Kalium 977 mg (21%), 
  • Natrium 38 mg (2%).

Kecipir Sangat Ampuh Dan Mujarab Untuk Obat

Pada umumnya tumbuhan kecipir diambil pucuk daun dan buahnya untuk dimasak seagai pecel,sayur asem, tumis dan urap. Bijinya yang sudah tua setelah dikeringkan dapat diguakan sebagai camilan dengan cara digoreng. Selain dimanfaatkan untuk bahan sayuran kecipir ini digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisioal yang sangat mujarab. Kebanyakan orang tidak menyadari kalau tumbuhan kecipir ini memiliki khasiat sebagai obat, didalam kecipir terdapat zat anti oksidan jenis tocopherol yang berperan untuk penyerapan Vitamin A yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata keseimbangan kesehatan tubuh. Berikut ini obat yang diperoleh dari kecipir:

Obat Penyakit Bisul

Bisul atautermasuk jenis penyakit membandel yang membuat Sipenderita tidak nyaman untuk beraktivitas. Bisul berbentuk  benjolan didalamnya terdapat nanah dan bagian tepi kulit berwarna merah memar. Sejak jaman dahulu kala kecipir dipercaya sebagai obat untuk menyembuhkan bisul terutama pada daunnya. Daun kecipir memiliki kandungan kadar  kalsium tertinggi dan juga mengandung flavonoid, saponin, tanin serta vitamin c sehingga sangat manjur untuk pengobatan. Bisul dapat diobati dengan cara alami yaitu dengan menggunakan daun kecipir. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun kecipir yang  masih segar kemudian dicuci dengan air bersih, haluskan daun kecipir yang sudah dicuci bersih tersebut dan tambahkan sedikit adas  pulasari, kemudian oleskan kebagian yang sakit setelah itu balut dengan perban atau kain bersih. Hasil ramuan hanya untuk sekali pakai jika mau mengulang harus membuat yang baru lagi. Pengobatan sehari 2 kali  pagi dan sore hari.

Obat Mata Membengkak

Pembengkakan pada mata harus dihidarkan sejak awal, mata merupakan alat keseimbangan yang paling utama. Kesehatan mata harus selalu dijaga dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk mencegah serangan dari radikal bebas. Pembengkakan mata pada jaman dahulu dapat diobati dengan ekstrak daun kecipir.

Era modernisasi ini jenis-jenis penyakit sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang kurang sehat yaitu banyaknya pencemaran udara, pecemaran air dan pecemaran tanah. Kita harus sering mengkonsumsi jenis sayur-sayuran segar kaya nutrisi seperti yang terdapat pada kecipir dan sayuran lainnya untuk mengikat radikal bebas yang masuk kedalam tubuh.

Demikian artikel mengenai obat ampuh dari kecipir, semoga dapat bermafaat untuk kita semua. Terimakasih atas kujungannya jangan lupa share keteman-teman barangkali banyak teman yang membutuhkan informasi
Loading...

Artikel Menarik Lainnya