4/03/2015

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Siapa sih yang tidak mengenal yang namanya buah jeruk nipis ini? Buah yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi karena selain memiliki ciri khas rasa asamnya dan juga mudah ditemukan di Pasar ataupun di Supermarket.

Jeruk nipis atau nama bahasa latinnya Citrus aurantifolia ini ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi. Apa itu Vitamin C ? nah ini perlu kita ketahui, Vitamin C merupakan salah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peran penting sebagai anti oksidan yang mampu menangkap berbagai macam radikal bebas. Diera modernisasi ini tak lepas dari ancaman radikal bebas karena banyaknya industri pabrik yang dapat menyebabkan polusi udara, pencemaran air, tanah dan lain sebagainya.



Kandungan Dalam Jeruk Nipis
Yang terkandung dalam jeruk nipis selain Vitamin C juga terdapat kandungan Vitamin A, dan B1, Flavonoid : poncirin, hesperidine, rhoifolin, naringin, kalsium, fosfor, zat besi, synephrine dan N-methyltyramine.

Berikut ini Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh anatara lain :

Memutihkan Daerah Kewanitaan
Jeruk nipis memiliki banyak peran untuk kecantikan wanita, salah satunya dapat digunakan untuk memutihkan daerah kewanitaan. Memiliki kulit daerah kewanitaan yang putih tentunya membuat kaum wanita lebih percaya diri saat dihadapan suaminya. Walaupun bersifat privat, organ kewanitaan membutuhkan perawatan yang ketat. Merawat daerah kewanitaan merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan oleh setiap wanita, selain dapat meningkatkan kesehatan juga dapat membuat daerah kewanitaan tetap harum. (Baca selengkapnya : Cara Mengharumkan Daerah Kewanitaan)

Meningkatkan Kerja Otak
Vitamin C dalam buah jeruk nipis sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak.
Menurut peneliti di Texas Womans University telah membuktikan kandungan  vitamin C berperan sebagai penyerapan zat besi mempertajam  kesadaran, semakin besar tingkat kadar vitamin C-nya didalam darah maka semakin tinggi ketajaman IQ nya.

Mengobati Ambeien
Selain buahnya akar jeruk nipis juga berperan sebagai obat ambeien yaitu dengan merebus 10 gram akar pohon jeruk nipis yang telah dicuci bersih, kemudian direbus dengan 1 liter air rebus sampai mendidih  selama 25-30 menit. Minum air rebusan terseut selagi masih hangat. Diminum 3 kali sehari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Saat daya tahan tubuh menurun, anak akan mudah terkena penyakit seperti (batuk, pilek dan juga demam). Oleh karena itu, sebelum berangkat perjalanan jauh atau bekerja berat atau aktifitas lainnya, ada baiknya untuk meminum segelas air seduhan jeruk nipis. Dengan meminum perasan air jeruk nipis dicampur dengan madu secukupnya dapat menigkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak cepat lelah.

Mengobati Sakit Amandel

Terkadang sakit amandel itu sangat menyiksa, nah sebelum sakit kita lebih baik mencegahnya yaitu dengan
memotong 3 buah kulit jeruk yang sudah dicuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa tiga perempatnya kemudian digunakan untuk berkumur 2 kali sehari, kalau untuk pengobatan  berkumur 3-4 kali sehari.

Mengobati   Anyang-anyang
Istilah Anyang-anyangan merupakan sakit saat kencing dengan air seni keluar sedikit-sedikit. Ternyata kita dapat mengobati dengan cara alami dan murah yaitu dengan 2 buah jeruk nipis diperas ambil airnya ditambahkan gula batu dicampur setengah gelas air hangat minum sehari 2 kali.

Mengobati Batuk
Seperti halnya dengan belimbing wuluh yang dapat digunakan untuk meredakan batuk. Jeruk nipis juga sering digunakan oleh masyarakat untuk mengobati batuk secara tradisional. Dengan mencampurkan perasan  satu buah jeruk nipis dengan 1 sdm madu ditambah sedikit garam aduk sampai rata sehari sekali.

Mengobati Batuk Diserati Flu
Dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis yang sudah matang ambil atau peras airnya tambahkan 60cc air panas dan setengah sendok teh air kapur sirih kemudian minum 2 kali sehari 2 sendok makan. minum rutin sampai sembuh.

Bau badan membuat kita merasa tidak PD (Percaya Diri) atau malu (dalam bahasa jawannya isin), ternyata kita bisa mencegah hal tersebut yaitu menyiapkan sebuah jeruk nipis belah menjadi 2 bagian kemudian olesi masing-masing irisan dengan kapur sirih. lalu oleskan ke ketiak dan biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Bilas dengan air bersih lakukan setiap hari rutin pagi dan sore.

Mengobati Batu Ginjal
Siapkan 2 buah jeruk nipis segar diambil airnya campur dengan 2 gelas air hangat diminum malam hari sebelum  tidur, lakukan berulang kali sampai sembuh.

Menyehatkan Rambut Dari Kerontokan
kandungan vitamin dalam jeruk nipis berperan untuk menyehatkan rambut, agar rambut tetap kuat dan tidak mudah rontok gunakan perasan air jeruk nipis untuk mengolesi kulit kepala dan biarkan sampai 6 jam lalu keramas sampai bersih.

Menghilangkan Lendir Ditenggorokan
Lendir di tenggorokan membuat bau mulut tidak sedap, bau mulut membuat kita merasa tidak nyaman terutama saat berkumpul dengan teman-teman. Gak mau berkumpul dengan teman cuma  gara-gara bau mulut efek dari tenggorokan berlendir. Kita bisa mencegahnya hanya dengan jeruk nipis, cara membuatnya potong-potong 2 buah jeruk nipis menjadi 3 atau 4 bagian lalu peras ambil airnya tambah sedikit garam aduk sampai rata dan minum saat perut kosong.

Melangsingkan Badan
Badan langsing merupakan hal yang paling diidam-idamkan hawa karena badan yang langsing membuat rasa nyaman dan enteng selain itu tentunya meningkatkan rasa percaya diri. Cara penggunaanya dengan  menambahkan perasan 1 buah jeruk nipis larutkan  dengan  air teh hijau diminum  setiap pagi dan sore hari secara rutin.

Mengurangi Gula Darah Dalam Tubuh
Banyaknya kandungan serat larut dalam jeruk nipis dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Serat larut berperan dalam mengontrol agar kadar gula darah dalam tubuh tidak meningkat. 
Dan masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh jeruk nipis, demikianlah manfaat dari buah jeruk nipis semoga dapat bermanfaat.

Baca juga:
  1. Manfaat gula
  2. Manfaat kacang hazelnut
  3. Manfaat jalan kaki
  4. Manfaat buah sirsak
Loading...

Artikel Menarik Lainnya