4/08/2015

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh


Tips Kesehatan - Asam jawa dilihat dari namanya sudah tentu memiliki rasa khas yang asam. Buah asam jawa di Indonesia sampai saat ini masih mudah ditemukan khususya didaerah Jawa Timur Sidolaju Ngawi. Dinamakan ‘asam jawa’ awal mulanya sebutan dari orang melayu karena digunakan untuk bumbu masakan jawa misalnya untuk penambah rasa asam pada sambal kacang, sayur asem, tumis ikan dan lain sebagainya. Sebenarnya tumbuhan asam jawa (Tamarindus indica) ini diperkirakan berasal dari Savana Afrika Timur hingga sekarang meluas secara mendunia.

Dalam bahasa jawa banyak orang menyebutnya Asem atau asem kawak ( buah asam yang sudah dikeringkan dengan paparan panas sianr matahari), dalam istilah latinnya memiliki nama Tamarindus indica, tumbuhan ini termasuk dalam suku Fabaceae (Leguminosae) dan merupakan satu-satunya spesies dari anggota marga Tamarindus. Buah asam jawa disetiap wilayah memiliki nama sebutan yang berbeda-beda misalnya didaerah Sulawesi disebut dengan asang jawa atau asang jawi, acem (Bahasa Madura), tamarind (Bahasa Inggris), me, trai me (Vietnam), khoua me (Kamboja), khaam (Laos), ma-kham (Thailand), magyee (Burma),dan dalam bahasa tagalok Filipina disebut sampalok atau kalamagi.



Bagi yang belum mengenalnya Asam jawa pada umumnya memiliki ciri-ciri berpohon besar, tinggi bisa mencapai 15-20 meter dengan besar diameter bagian pangkal hingga 2 meter, kulit batang kasar, memecah dan beralur, warna coklat keabuan. Kulit buah berwarna coklat, daging buah yang masih mentah berwarna putih kehijauan setelah matang berubah warna menjadi coklat kehitam-hitaman, biji keras warna hitam.

Asam jawa memiliki khasiat yang luar biasa karena mengandung flavonoid yang terdapat pada daunnya. Zat flavonoid ini berperan sebagai zat penghilang rasa sakit dan anti peradangan. Dan banyak mengandung asam asetat, malat, sitrat, suksinat, dan tatrat. Zat asam tersebut berperan aktif untuk melancarkan peredaran darah , zat pencahar yaitu melancarkan pembuangan air besar (berak), menyerap lemak jahat dari dalam tubuh.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh 

Asam jawa sejak jaman dahulu dipercaya sebagai obat herbal untuk kesehatan dan kecantikan. Dari segi batang, daun dan buah semuanya memiliki banyak manfaat yang diperlukan tubuh, kulit kayu memiliki sifat astringen dan tonik, daunnya bersifat penurun panas, antiseptik dan analgesik, sedangkan buahnya bersifat pencahar, abortivum, antiseptik, antipiretik dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bermacam-macam manfaat asam jawa yang diperlukan untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut :

Memperbanyak / Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

Produksi ASI yang lancar dan banyak merupakan hal yang didamba-dambakan kaum ibu yang setelah melahirkan. Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan ASI yang cukup banyak untuk proses pertumbuhan meningkatkan kecerdasan otak. Air susu ibu merupakan nutrisi paling baik nomor satu daripada makanan yang lainnya. Untuk melancarkan ASI dengan Jamu Gepyok yang terbuat dari rebusan asam kawak dipadu dengan kunyit dan ditambah gula jawa.

Baca jugaMemahami Bagaimana Proses Pembentukan Air Susu Ibu (ASI)

Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan jenis penyakit yang menyerang pada bagian mulut biasanya gusi membengkak, bibir pecah-pecah. Penyakit ini sangat menyiksa Si pederita terutama pada saat makanan pedas jadi yang terbiasa suka makanan pedas sangat terganggu. Berikut ini cara mengatasinya dengan ramuan herbal.

Siapkan segenggam daun asam jawa yang masih muda (sinom) cuci sampai bersih dan tambahkan 5 rimpang kunyit dipotong tipis-tipis. Tambahkan sedikit gula aren rebus dengan 4 gelas air bersih sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Minum setiap pagi dan sore hari sekali minum satu gelas.Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

Mengobati Dermatitis

Jenis penyakit dermatitis ini disebut juga eksema atau eksim. Penyakit ini sasaran utama yang diserang adalah jaringan kulit sehingga kulit mengalami pelepuhan dan mengeluarkan nanah. Dermatitis kebanyakan terjadi pada kaum anak yang kurang dipedulikan kesehatannya. Sejak jaman dahulu asam jawa dikenal dapat digunakan untuk menyembuhkan jenis penyakit ini dengan pengobatan dari luar maupun dari dalam. Cara membuat ramuannya seagai berikut :
  • Untuk pengobatan dari luar : Siapkan segenggam Sinom (Daun asam jawa yang masih muda) cuci sampai bersih, tambahkan 1 potong kunyit sebesar ibu jari. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus kemudian taburkan atau usapkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan sehari 3 kali secara rutin.
  • Untuk pengobatan dari dalam : Siapkan 10 buah asam jawa , umbi temulawak dan tambahkan gula aren secukupnya. Tumbuk semua bahan tersebut, rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu diminum. Lakukan dengan rutin setiap dua hari sekali sampai sembuh.

Mengobati Disentri

Apa itu disentri? Perlu diketahui Disentri adalah jenis penyakit yang merusak saluran pencernaan terutama pada usus, penyakit ini disebabkan oleh amoeba dan bakteri. Gejala yang ditimbulkan Si penderita biasanya mengalami perut mual,mulas, dan terkadang pada saat buang air besar disertai lendir dan darah. Berikut ini cara membuat ramuan untuk mengobati disentri.

Siapkan asam kawak 5 gram , temulawak 10 gram ,dan kunyit 10 gram. Haluskan bahan-bahan tersebut  dan tambahkan segelas air panas aduk sampai tercampur rata.  Ambil airnya dengan cara disaring kemudian tambahkan madu murni 1 sendok makan. Aduk sampai tercampur rata dan minum sekaligus setiap pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

Mengobati Jerawat

Semua orang pasti menginginkan wajahnya mulus dan terhindar dari jerawat. Jerawat memang membuat Si penderita merasa jengkel karena setelah sembuh kadang keesok harinya kambuh lagi. Nah, berikut ini ramuan herbal untuk mengatasinya.

Siapkan 3 buah asam jawa, tambah bahan lainnya 10 gram temulawak, 12 lembar daun sambiloto, 5 centimeter kencur, 10 lembar daun jintan ,dan 1 sendok teh adas. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus kemudian tambahkan 2 gelas air panas, aduk sampai merata dan saring diambil airnya. Diminum 3 kali sehari lakukan berulang-ulang sampai sembuh.

Baca Juga: Penyebab Munculnya Komedo dan Tips Cara Alami Mengatasi Komedo

Mengangkat Sel Kulit Mati

Pada lapisan kulit muka sebenarya banyak sel-sel yang mati. Dengan bantuan zat Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang terdapat dalam buah asam jawa sel-sel kulit yang mati dapat terangkat sehingga kulit wajah tidak terlihat kusam. Berikut ini cara membuat ramuannya, siapkan buah asam jawa secukupnya ambil daging buahnya campur dengan yogurt dan sedikit garam lumat sampai merata. Gunakan ramuan tersebut untuk masker wajah jangan sampai terkena mata, saat mengusapkan sambil dipijat pelan-pelan kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan berulang-ulang setiap  pagi hari dan malam sebelum tidur. Jika dilakukan secara teratur, flek hitam yang disebabkan karena bekas jerawat juga dapat dihilangkan.

Baca: Cara menghilangkan bekas jerawat

Demikian manfaat yang diperoleh dari asam jawa untuk kesehatan tubuh, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa di-share atau dibagikan untuk teman-teman kita barangkali ada yang membutuhkan. Karena berbagi itu indah.

 Baca juga:
  1. Manfaat singkong
  2. Manfaat jeruk nipis
  3. Manfaat gula
  4. Manfaat buah sirsak
  5. Manfaat kacang hazelnut
Loading...

Artikel Menarik Lainnya