4/10/2015

Beberapa Penyakit Ini Menular Lewat Ciuman

Beberapa Penyakit Ini Menular Lewat Ciuman


Tips Kesehatan - Ciuman, melakukan ciuman bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang wajar. Dengan berciuman, seseorang menunjukkan rasa kasih sayang terhadap pasangan yang kita miliki (Khusus Bagi yang sudah menikah saja). Akan tetapi, beberapa masalah terjadi pada kasus ABG yang baru mengenal 'cinta'. Seringkali mereka melakukan ciuman dengan kekasih atau pacar yang baru dikenalnya. 

Mungkin memang benar, beberapa pakar psikolog berpendapat bahwa berciuman  memiliki manfaat bagi yang melakukannya. Dengan berciuman melalui bibir, seseorang akan memperoleh fantasi yang sangat sulit untuk diungkapkan. Rasa harmonis akan semakin terjaga bagi pasangan suami istri untuk mempererat kasih kasayang antara keduanya. Akan tetapi bagi yang belum resmi menikah, fantasi inilah yang terkadang membuat seseorang dimabuk asmara dan sampai lupa batas.



Meskipun berciuman memiliki banyak manfaat, akan tetapi berciuman juga dapat menyebabkan kita tertular berbagai macam penyakit seperti dibawah ini. Lantas bagaimana itu bisa terjadi?

Seperti kita ketahui, mulut merupakan jalan masuk semua jenis makanan ke dalam tubuh. Baik yang bersih, kotor, mengandung kuman semuanya masuk melalui mulut. Disela-sela gigi terdapat rongga-rongga kecil yang terkadang makanan yang kita makan tersangkut dicelah-celah gigi tersebut. Bagi sebagian orang yang malas membersihkan gigi, mereka akan lebih sering mengalami sakit gigi dan sakit pada gusi yang menimbulkan bengkak akibat sisa makanan yang menjadi bakteri. Banyaknya bakteri di dalam mulut ditandai dengan bau mulut yang tidak sedap. Beberapa kuman yang dapat berkembang biak didalam cairan dalam seperti herpes akan sangat memungkinkan sekali tertular oleh air liur saat berciuman. Oleh karena hal inilah mengapa para ahli gigi menyarankan agar selalu menjaga kebersihan mulut. 

Lantas, Penyakit Apa Saja Yang Bisa Tertular Melalui Ciuman?

Pada dasarnya semua tergantung daya tahan tubuh masing-masing orang.  Bakteri sangat mungkin sekali masuk ke dalam tubuh melalui ciuman jika pada saat melakukan ciuman daya tahan tubuh seseorang melemah. 

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menular melalui ciuman, diantaranya:

Flu

Saat daya tahan tubuh melemah, virus ini sangat mudah sekali masuk apabila terjadi kontak langsung bagi penderita. Jika anda sedang tidak fit dan melakukan ciuman dengan pasangan anda yang mungkin baru sembuh dari sakit flu, ada kemungkinan anda juga akan tertular

Glandular Fever

Glandular Fever atau Mononucleosis merupakan bakteri atau virus yang dapat menular melalui cairan dalam mulut saat melakukan french kiss. Penyakit ini biasanya sering dijumpai pada anak remaja yang masih memiliki sistem imun rendah. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa sakit pada tenggorokan, sakit kepala, mudah lelah, amandel bengkak, dan nafsu makan menurun.

Herpes

Diata sudah dijelaskan bahwasannya virus herpes ini berkembang biak pada cairan di dalam tubuh manusia. Virus ini sering menyerang pada bagian kulit seseorang. Ciri herpes adalah terdapat gelembung cairang pada kulit yang berbentuk nanah. Herpes yang menyerang bagian mulut disebut Herpes Simplex, bentuknya seperti sariawan di bibir

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman seperti Hepatitis B, Kutil, Meningakokus. 


Artikel Menarik Lainnya