3/03/2015

Tips Memilih Bra yang Sehat

Tips Memilih Bra yang Sehat


Firdaus45 - Bra adalah suatu pakaian khusus yang ditujukan untuk wanita. Payudara adalah bagian tubuh yang tidak mengandung massa otot sehingga jika terjadi salah pemakaian bra maka payudara akan berubah bentuk. Penggunaan bra sangatlah membantu dalam pembentukan payudara seorang wanita.

Tak dapat dipungkiri memiliki payudara yang kencang dan berbobot memang menjadi idalam para wanita. Tak hanya itu, perawatan dan pemilihan bra juga sangat mempengaruhi kesehatan payudara seorang wanita.




Berikut adalah tips memilih bra yang sehat :

Sesuaiakan ukuran.

Pastikan Anda mengetahui ukuran payudara. Saat di toko bra, pilihlah yang sesuai ukuran. Bila perlu cobalah bra tersebut terlebih dahulu. Tidak usah malu bertanya atau berkonsultasi pada penjaga toko. Itu memang sudah tugas mereka. Pergilah ke toko bra sebelum atau setelah menstruasi. Karena pada saat menstruasi, payudara sedang sedikit membesar.

Pilih kaitan yang kuat.

Kaitan dalam bra biasanya ada tiga. Pilihlah kaitan yang kuat, karena jika bra telah lama dipakai. Maka pengait bra akan kendor. Gunakan pengait bra pada bagian terluar dahulu. Jika sudah semakin molor, maka majulah ke satu kaitan lagi.

Pilihlah bra berbahan katun.

Karena keringat yang diproduksi oleh payudara akan diserap oleh bra, maka pilihlah bra berbahan katun untuk kesehariannya. Keuntungan lain dari pemakaian bra berbahan katun ini adalah memberi kesempatan pada kulit payudara untuk bernapas melalui pori-pori kain katun.

Pilih model yang tepat.

Saat melakukan aktifitas sehari-hari gunakan bra yang tidak terlalu menonjol. Saat olahraga pakailah bra khusus olahraga sehingga gerakan payudara akan terminimalisir. Biasanya bra  khusus olahraga lebih simple dan lebih kencang namun tidak menekan sehingga wanita masih bebas bernafas dengan sehat.

Sayap bra.

Sayap bra adalah bagian bra paling belakang yang menempel pada punggung. Pemilihan sayap bra harus disesuaiakan dengan berat payudara yang ditopang. Pilihlah sayap bra yang besar jika ukuran payudara besar. Begitulah, pilih sesuai ukuran.

Memilih mangkok bra

Pilihlah mangkok bra yang sesuai ukuran. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Mankok bra yang terlalu kecil akan membuat tekanan yang lumayan pada payudara. Sementara, mangkok bra yang terlalu besar membuat payudara tidak ditopang secara sempurna sehingga payudara akan melorot ke bawah.


Ajak teman Anda.

Mengajak teman saat membeli bra tidak ada salahnya. Jika Anda malu bertanya pada penjaga toko, teman Anda bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi. Mana bra yang cocok untuk Anda.

Dan berikut adalah tips merawat bra.

Berganti bra setiap hari.

Payudara mengeluarkan keringat yang tidak sedikit. Keringat tersebut akan masuk dan diserap oleh bra sehingga jika bra tidak diganti sekali sehari akan menumbuhkan bakteri dan jamur.

Pencucian bra.

Cuci bra setelah digunakan. Jangan menunda-nunda dan menumpuknya dala keranjang bak mandi untuk seminggu. Bakteri pada bra yang telah kotor akan berevolusi dan menyebabkan timbulnya jamur pada payudara.

Bra favorit.

Jika Anda mempunyai bra favorit, sebaiknya jangan gunakan bra tersebut terlalu sering. Gunakan bra yang berbeda-beda dalam waktu satu minggu.

Jangan pelit.

Bra yang nyaman memang tidaklah  murah. Kenyamanan ini juga ditopang dengan harga. Janganlah pelit mengeluarkan uang untuk membeli bra yang sedikit mahal. Ini demi kenyamanan dan kesehatan Anda.