3/01/2015

Inilah Penyebab Munculnya Komedo dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Munculnya Komedo dan  Tips Cara Alami  Mengatasi Komedo


Tips Kesehatan - Terkadang banyak yang mengeluhkan munculnya. Padahal telah banyak yang membasmi / membasmi komedo dengan obat penghilang komedo, bahkan menggunakan merk obat komedo terbaik tetapi tak juga kunjung  sembuh. Hal ini mungkin diakibatkan oleh ketidaktahuannya  penyebab komedo.

Komedo memang musuh bagi para kaum hawa. Bintik-bintik kecil berwarna hitam atau putih di sekitar area hidung, dahi, dan dagu ini sangat menganggu penampilan. Sebenarnya apa sih penyebab munculnya komedo?

Mungkin yang belum mengetahui penyebab timbulnya bintik-bintik hitam maupun putih ini akan bertanya-tanya. Tak perlu khawatir dalam laman firdaus45 akan menjelaskan beberapa penyebab timbulnya komedo beserta cara mengatasinya.

Berikut ini beberapa penyebab timbulnya komedo yang harus diketahui.

Kotoran di pori-pori.

Setiap hari seseorang bergelut dengan akitifitasnya. Banyak polusi dan kotoran yang akan menempel pada wajah. Kotoran-kotoran yang menempel inilah yang apabila tidak segera dibersihkan akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga muncul komedo.

Kadar minyak pada wajah.

Wanita dengan tipe wajah berminyak akan memiliki komedo lebih banyak daripada wanita yang memiliki tipe kulit normal atau kering. Kadar minyak pada wajah akan bertambah apabila masa menstruasi. Jadi dianjurkan untuk membersihkan wajah secara rutin.





Sel kulit mati.

Sel-sel kulit pada manusia terus bekerja. Pun yang terjadi pada sel-sel kulit pada wajah. Sel-sel kulit mati jika tak segera diangkat, akan membuat wajah terlihat kusam sehingga berpotensi memunculkan komedo.

Kesalahan memilih kosmetik.

Wanita tidak bisa jauh dari kosmetik. Bagi wanita, tak ada kosmetik itu seperti sayur tanpa bumbu. Tak sedap. Karena banyaknya kosmetik yang beredar di pasaran, wanita kurang dapat memilih kosmetik mana yang cocok untuk dirinya. Kesalahan memilih kosmetik inilah yang akan merusak wajah dan menyebabkan komedo mucul.

Jenis makanan.

Makanan berlemak, pedan dan berminyak juga memicu hormon untuk memproduksi minyak pada wajah yang akan mengakibatkan bintik-bintik menyebalkan yang disebut komedo.

Komedo ada dua jenis. Jenis pertama komedo berwarna hitam. Kedua, komedo berwarna putih. Jenis komedo putih ini tidak boleh asal dipaksa keluar menggunakan jari karena akan memicu tumbuhnya jerawat yang bernanah.

Untuk mengatasi munculnya komedo pada wajah, berikut kami sajikan tips mencegah dan menghilangkan komedo secara alami.

Uap air panas.

Didihkan 500 mili liter air. Taruh di wadah dan campurkan dengan sisa teh yang sudah tidak digunakan. Campur. Hadapkan wajah Anda ke dalam wadah yang telah berisikan air dengan jarak 15cm. Jika uap air masih terlalu panas, gunakan sapu tangan untuk menutupi wajah Anda agar tidak kepanasan.

Buah Pisang.

Haluskan satu buah pisang pada mangkok atau piring yang bersih sampai menjadi pasta. Usapkan pasta pisang ke area wajah yang berkomedo atau ke seluruh area wajah menggunakan kuas yang bersih. Tunggu 15 menit. Usap menggunakan air hangat (bukan air panas). Lalu cuci wajah anda menggunakan air dingin. Air hangat berguna untuk membuka pori, sedangkan air dingin berguna untuk menutup pori.

Putih telur.

Pisahkan kuning dan putih telur. Ambil putihnya saja, lalu oleskan di area wajah dengan menggunakan kuas yang bersih. Tunggu 15 menit. Usap menggunakan air hangat (bukan air panas). Lalu cuci wajah anda menggunakan air dingin.

Madu.

Tuang madu 1 sendok makan. Usap pada area wajah. Terutama pada bagian kulit yang komedonya banyak. Tunggu 15 menit. Usap menggunakan air hangat (bukan air panas). Lalu cuci wajah anda menggunakan air dingin.

Scrub.

Anda bisa membuat scrub alami dari bersa di rumah Anda. Ambil satu genggam beras llau tumbuk atau blender tanpa air. Setelah halus, ambil satu sendok makan beras dan campur dengan satu sendok madu. Usapkan pada wajah.

NB: (Untuk no. 1-5, saat menunggu kering, pastikan Anda sedang dalam posisi terlentang. Wajah Anda menghadap keatas. Jika saat menunggu masker kering, anda sedang berdiri. Maka wajah yang kering itu akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga wajah akan tertarik ke bawah)

Untuk menghindari komedo-komedo yang menyebalkan itu kembali lagi. Lakukan kebiasaan baik seperti berikut ini :
  • Cuci wajah minimal dua kali sehari. Saat pagi hari dan menjelang tidur.
  • Gunakan toner pada wajah setelah mencuci wajah. Toner berfungsi untuk menutup pori-pori yang telah membuka.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Olahraga teratur.
  • Gunakan kosmetik yang sesuai dengan tipe wajah Anda. 


Saat di rumah tidak dianjurkan untuk menggunakan bedak padat, karena bedak padat mengandung comedogonic yang tinggi sehingga akan menimbulkan komedo bahkan jerawat.