3/13/2015

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Mengkudu

Firdaus45 - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah mengkudu telah dikenal sejak zaman nenek moyang sebagai bahan baku obat herbal.

Obat herbal ekstrak mengkudu sangat ampuh untuk pengobatan. Saat ini telah banyak ekstrak buah mengkudu yang dikemas dengan berbagai macam merek yakni dari merk ekstrak buah mengkudu terpopuler hingga ekstrak buah mengkudu terbaik.

Cara mendapatkan buah mengkudu juga tidak terlalu susah. Karena buah mengkudu telah banyak tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Buah mengkudu dikenal dapat tumbuh dengan subur di daerah dataran rendah. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 meter, memiliki bunga berwarna putih.

Buah yang masih hijau berwarna mengkilap dan memiliki totol-totol. Sementara buah yang sudah tua berwarna putih  dengan bintik-bintik hitam.

Buah mengkudu sering dijumpai dan sering dianggap buah yang tidak enak. Anggapan tersebut akan berangsur berubah jika Anda tahu manfaat dan kandungan apa saja yang terdapat dalam buah mengkudu.


Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam buah mengkudu :


  1. Kandungan zat scopoletin yang ada di buah mengkudu berfungsi untuk memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Zat tersebut juga dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab alergi
  2. Zat terpenoid yang terkandung dalam mengkudu dapat membantu proses sintesis organic dan dapat membantu pemulihan sel pada tubuh.
  3. Zat anti kanker, kandungan zat ini sangat efektif untuk melawan bibit sel kanker. Penelitian menyatakan bahwa mengkudu mengandung senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang dapat bermanfaat dalam mencegah kerusakan DNA dan kanker. Hal ini juga dapat menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.
  4. Anti inflamasi. Sari mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan organ tubuh. Hal tersebut juga dapat berfungsi untuk menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung.
  5. Zat fitonutrien yang terdapat pada buah mengkudu berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras. Jika jantung tidak bekerja keras maka tekanan darah akan normal
  6. Morindone, asam kapril, morindin, metil asetil, morindadiol dan sorandiyiol. Kandungan dalam mengkudu tersebut dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis serta dapat memperkuat tulang.

Setelah mengetahui kandungan buah mengkudu, ada baiknya Anda mengetahui juga cara memanfaatkan buah tersebut. berikut adalah beberapa cara mengolah dan memanfaatkan buah mengkudu untuk kesehatan secara alami :

Untuk Menyembuhkan batuk

Ambil satu buah mengkudu dan tambahkan dengan ½ genggam daun bujanggut. Cuci bersih dan rebus dua bahan tersebut dengan 2 gelas air. Didihkan hingga air tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum selagi hangat.

Sakit Kuning

Cuci bersih dua buah mengkudu yang telah matang. Kupas dan blender hingga halus. Setelah itu saring dan ambil air sarinya. Kemudian tambahkan dengan satu sendok madu. Kemudian Minum secara rutin.

Hipertensi/darah tinggi

Cara untuk menurunkan tekanan darah sama dengan cara memanfaatkan mengkudu untuk mengobati penyakit kuning.

Melembutkan kulit

Ambil buah mengkudu dan iris tipis. Oleskan pada kulit tangan atau kaki Anda. Tunggu hingga kering selama kurang lebih 10 menit. Usap kulit dengan handuk hangat. Lalu keringkan

Obat sakit perut

Cuci bersih 2-3 lembar daun mengkudu. Tumbuk halus serta tambah dengan garam secukupnya. Lalu seduh dengan air panas. Tunggu hingga dingin. Minum.

Kesehatan tulang

Mengkonsumsi jus mengkudu baik untuk kepadatan tulang, terutama bagi wanita berumur 40-50 tahun. Siapkan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon. Cuci bersih dan kupas. Lalu potong kecil-kecil masukkan dalam blender bersama gula secukupnya.

Kesehatan rambut

Selain untuk kesehatan tubuh bagian dalam, buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Caranya adalah, iris buah mengkudu lalu oleskan pada batang rambut dan kulit kepala. Biarkan hingga kering. Lalu bilas dan keramas hingga bersih.

Kesehatan sangatlah mahal harganya. Sebelum Anda jatuh sakit rawatlah diri dan kesehatan Anda dengan baik. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. 

Artikel Menarik Lainnya